Kompetensi Terintegrasi Guru melalui Model Pembelajaran 5E Learning Cycle pada Kurikulum Merdeka

  • Mei Shellawati Universitas Sebelas Maret, Jawa Tengah, Indonesia
  • Ani Rakhmawati Universitas Sebelas Maret, Jawa Tengah, Indonesia
Keywords: 5E, Pembelajaran Inovatif, Guru, Kurikulum Merdeka

Abstract

Artikel ini mengeksplorasi peran dan tantangan guru dalam penerapan model pembelajaran 5E Learning Cycle sebagai upaya meningkatkan kompetensi guru pada Kurikulum Merdeka. Menggunakan kajian literatur, penelitian ini menganalisis penerapan model pembelajaran 5E pada tiap tahapnya serta pengaruh tiap tahapan tersebut terhadap peningkatan kompetensi guru. Artikel ini menyoroti peran guru sebagai fasilitator yang mendorong keterampilan abad 21 siswa (4C). Namun, tantangan dalam dalam penerapan model pembelajaran ini seperti kurangnya pelatihan, keterbatasan teknoloki dan penguasaannya, serta dukungan infrastruktur menjadi hambata. Temuan ini menunjukkan bahwa dengan peningkatan dukungan kebijakan, teknologi, dan pelatihan, guru dapat lebih efektif mengimplementasikan model pembelajaran 5E Learning Cycle untuk mencapai tujuan dari Kurikulum Merdeka.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-04-17
How to Cite
Shellawati, M., & Rakhmawati, A. (2025). Kompetensi Terintegrasi Guru melalui Model Pembelajaran 5E Learning Cycle pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Dunia Pendidikan, 5(5), 1682-1690. https://doi.org/10.55081/jurdip.v5i5.3110