Perkembangan Sejarah Matematika Di Era Modernisasi Digital

  • Nuraini Br Sembiring Universitas Negeri Medan, Sumatera Utara, Indonesia
  • Andini Safira Ginting Universitas Negeri Medan, Sumatera Utara, Indonesia
  • M. Akbar Anugrah Harahap Universitas Negeri Medan, Sumatera Utara, Indonesia
  • Putri Enjelika Siregar Universitas Negeri Medan, Sumatera Utara, Indonesia
  • Putri Lingga Sari Universitas Negeri Medan, Sumatera Utara, Indonesia
  • Rizky Erifiyanti Universitas Negeri Medan, Sumatera Utara, Indonesia
  • Ruth Miranda Hutasoit Universitas Negeri Medan, Sumatera Utara, Indonesia
  • Eri Widyastuti Universitas Negeri Medan, Sumatera Utara, Indonesia
Keywords: Matematika, Sejarah Matematika, Modernisasi Digital

Abstract

Perkembangan alat-alat digital dan software canggih telah memfasilitasi proses penghitungan yang lebih cepat dan akurat dalam memecahkan masalah yang sebelumnya dianggap terlalu rumit. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang komprehensif mengenai perkembangan teknologi digital di era modernisasi terhadap sejarah matematika yang dapat mengubah paradigma pembelajaran matematika dari pendekatan tradisional yang berfokus pada latihan manual dan hafalan, menuju pendekatan yang lebih interaktif dan berbasis simulasi. Metode studi literatur atau kepustakaan digunakan untuk mengkaji perkembangan sejarah matematika. Penelitian kepustakaan dilakukan dengan membaca dan menelaah berbagai jurnal, buku, dan artikel yang diterbitkan dalam 5 tahun terakhir yang berkaitan dengan topik penelitian dengan tujuan menghasilkan suatu artikel yang berkaitan dengan topik bahasan untuk dianalisis lebih lanjut. Hasil penelitian memberikan informasi bahwa di era modernisasi digital, konsep-konsep matematika klasik telah mengalami transformasi signifikan, menemukan aplikasi baru dan memainkan peran kunci dalam berbagai teknologi modern. Sebagai contoh utama, sistem bilangan biner yang ditemukan oleh Gottfried Wilhelm Leibniz pada abad ke-17 telah menjadi salah satu fondasi paling fundamental dalam pengoperasian komputer modern termasuk internet, perangkat lunak pembelajaran, aplikasi seluler dan platform pembelajaran. Dengan adanya integrasi teknologi, pengajaran sejarah matematika menjadi lebih dinamis dan atraktif melalui pemanfaatan aplikasi visualisasi serta simulasi interaktif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-10-31
How to Cite
Br Sembiring, N., Ginting, A. S., Harahap, M. A. A., Siregar, P. E., Sari, P. L., Erifiyanti, R., Hutasoit, R. M., & Widyastuti, E. (2024). Perkembangan Sejarah Matematika Di Era Modernisasi Digital. Jurnal Dunia Pendidikan, 5(2), 594-606. https://doi.org/10.55081/jurdip.v5i2.3023