Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kekambuhan Gastritis

  • Medlin Tasya Miranti Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat
  • Asmayani Salimi Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat
Keywords: Gastritis, Pola Makan, Stress, OAINS, Mahasiswa

Abstract

Penyakit gastritis merupakan peradangan yang terjadi pada mukosa lambung. Gastritis merupakan salah satu penyakit yang umumnya diderita oleh kalangan mahasiswa. Mahasiswa seringkali meremehkan kondisi kesehatan mereka, hal ini disebabkan kehidupan yang mereka jalani dipenuhi dengan berbagai aktivitas sehingga mereka cenderung lupa untuk memperhatikan gaya hidup mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan antara pola makan, tingkat stress dan penggunaan OAINS dengan kekambuhan gastritis pada mahasiswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober tahun 2023. Poupulasi pada penelitian adalah seluruh mahasiswa program studi pendidikan guru sekolah dasar Universitas Tanjungpura angkatan tahun 2020-2023, sedangkan sampelnya adalah sebanyak 85 mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan studi Cross-Sectional. Teknik pengambilan sampel yaitu Random Sampling. Analisis data yang digunakan yaitu analisis univariat berupa deskripsi variabel dan bivariat dengan uji statistik Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pola makan (p=0,425) dan tingkat stress (p=0,124) tidak memiliki hubungan dengan kekambuhan gastritis, dan penggunaan OAINS (p= 0,002) memiliki hubungan dengan kekambuhan gastritis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pola makan dan tingkat stress tidak memiliki hubungan dengan kekambuhan gastritis, dan penggunaan OAINS memiliki hubungan dengan kekambuhan gastritis pada mahasiswa PGSD UNTAN. Saran peneliti adalah mahasiswa dapat meningkatkan pengetahuan tentang penyakit gastritis dan upaya pencegahannya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-06-10
How to Cite
Medlin Tasya Miranti, & Asmayani Salimi. (2024). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kekambuhan Gastritis. Jurnal Dunia Pendidikan, 4(4), 1488-1500. https://doi.org/10.55081/jurdip.v4i4.2487