Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Siswa Melalui Permainan Tradisional Engklek
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok dengan penerapan permainan tradisional engklek pada siswa kelas V SD I Inpres Tonsealama. Metode penelitian ini dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 24 Siswa. Hasil penelitian yang dilakukan pada tes awal. Siswa yang tuntas hanya 6 siswa (25 %) sedangkan 18 siswa (75 %) tidak mencapai nilai ketuntasan, dengan rata –rata nila 53,59. Hasil pengolahan data pada siklus I meningkat dengan 13 Siswa (69%) yang tuntas sedangkan 11 siswa (31 %) tidak tuntas. Pada siklus II ketuntasan hasil belajar meningkat dengan 22 siswa (83 %) yang mencapai nilai ketuntasan dan 2 siswa (17%) tidak mencapai nilai ketuntasan hasil belajar. Sehingga diperoleh kesimpulan ddengan permainan tradisonal engklek dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas V SD I Inpres Tonsealama.
Downloads
Copyright (c) 2024 Ricky Alfredo Silaban

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.