Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Siswa Melalui Permainan Tradisional Engklek

  • Ricky Alfredo Silaban Universitas Negeri Manado, Tondano, Sulawesi Utara, Indonesia
Keywords: Hasil Belajar, Lompat jauh, Gaya Jongkok, Permainan engklek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok dengan penerapan permainan tradisional engklek pada siswa kelas V SD I Inpres Tonsealama. Metode penelitian ini dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 24 Siswa. Hasil penelitian yang dilakukan pada tes awal. Siswa yang tuntas hanya 6 siswa (25 %) sedangkan 18 siswa (75 %) tidak mencapai nilai ketuntasan, dengan rata –rata nila 53,59. Hasil pengolahan data pada siklus I meningkat dengan 13 Siswa (69%) yang tuntas sedangkan 11 siswa (31 %) tidak tuntas. Pada siklus II ketuntasan hasil belajar meningkat dengan 22 siswa (83 %) yang mencapai nilai ketuntasan dan 2 siswa (17%) tidak mencapai nilai ketuntasan hasil belajar. Sehingga diperoleh kesimpulan ddengan permainan tradisonal engklek dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas V SD I Inpres Tonsealama.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-06-15
How to Cite
Ricky Alfredo Silaban. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Siswa Melalui Permainan Tradisional Engklek. Jurnal Dunia Pendidikan, 4(4), 1397-1407. https://doi.org/10.55081/jurdip.v4i4.2459