E-Government Sebagai Sarana Layanan Publik : Analisis Sistem M-Paspor Pada Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan

  • Kiki Wulan Dari Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
  • Nadila Lestari Gea Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
Keywords: E-Government, Efektivitas, Paspor Online, Pelayanan Publik

Abstract

Penggunaan e-Government dalam sistem pemerintahan, khususnya dalam pelayanan publik, memungkinkan pemerintah menjadi lebih responsif dan terbuka terhadap arus keinginan masyarakat yang cepat. Pemerintah mempunyai peluang untuk melakukan inovasi pengembangan aparatur negara melalui penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau e-Government, khususnya dengan memberikan pelayanan kepada masyarakat, pelaku usaha, dan pihak lain, berkat peluang yang diberikan dalam sejalan dengan revolusi teknologi informasi dan komunikasi. Aplikasi Antrian Paspor Online yang sekarang merupakan aplikasi M-Paspor dapat diinstal pada smartphone Android atau iOS yang bertujuan untuk membuat pelayanan yang lebih mudah bagi mereka yang menggunakan layanan paspor di kantor imigrasi. Namun, banyak keluhan yang muncul terkait efektivitas aplikasi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum normatif (yuridis normatif) dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui studi kepustakaan/studi dokumen. Hasil penelitian adalah efektivitas sistem tersebut dapat dikatakan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-01
How to Cite
Kiki Wulan Dari, & Nadila Lestari Gea. (2024). E-Government Sebagai Sarana Layanan Publik : Analisis Sistem M-Paspor Pada Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan. Jurnal Dunia Pendidikan, 4(3), 1807-1817. https://doi.org/10.55081/jurdip.v4i3.2154