Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Menggunakan Aplikasi Kinemaster
Abstract
Dalam meningkatkan aktivitas belajar di butuhkan suatu perubahan dalam proses pembelajaran karena metode pendekatan konvensional dalam pembelajaran selama ini karena banyak dari peserta didik tidak memahami apa yang disampaikan. Media pembelajaran adalah suatu sarana yang bisa digunakan dalam pembelajaran agar pesan yang ingin ungkapkan bisa tersampaikan dengan tepat dan jelas dan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan efektif dan efisien. Metode penelitian dilakukan dengan Research and Development adalah sebuah pendekatan yang sistematis dalam pengembangan sebuah produk, dalam hal ini pengembangan media berupa video animasi mengenai kerajaan Sriwijaya. Teknik pengumpulan data yaitu, validasi dan poling untuk mengetahui hasil tentang keberhasilan penerapan media video pemembelajaran yang diterapkan kepada siswa dan tingkat pemahaman siswa, keberlanjutan perhatian, dan kesan mereka terhadap penggunaan media tersebut. Hasil validasi yang didapat adalah video pembelajaran layak digunakan dengan sedikit revisi dengan nilai keseluruhan 25% baik dan 75% sangat baik. Video pembelajaran meningkatkan minat siswa terbukti dari hasil skor 17 siswa yang menyatakan berminat sebanyak 11,76% dan sangat berminat 88,24%. Dapat disimpulkan bahwa dari implementasi video animasi yang telah di uji cobakan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Sungai Pinang membuktikan bahwa video animasi dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar sehingga guru dapat mengimplementasikan video animasi pada pembelajaran karena hal ini efektif untuk meningkatkan minat siswa.
Downloads
Copyright (c) 2024 Tia Lestari, Aulia Maharani, Putri Anisa Intan Sari, Shelia Nanda, Sani Safitri, Syarifuddin Syarifuddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





