Peningkatan Pendekatan Bermain Terhadap Hasil Belajar Lari Cepat Siswa Kelas VII SMP Islam Tirtayasa Kota Serang

  • Andita Febriyanto Universitas Primagraha, Indonesia
  • Fadlilah Fahmi Universitas Primagraha, Indonesia
  • Nugrahani Febrina Sari Universitas Primagraha, Indonesia
Keywords: Hasil Belajar, Lari Cepat, Pendekatan Bermain

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar lari cepat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan dua siklus, setiap siklus dimulai dengan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas VII SMP Islam Tirtayasa yang berjumlah 34 orang. Data dikumpulkan dari hasil observasi dan hasil tes belajar. Hasil penelitian pra siklus yang tuntas belajar mencapai 9 siswa atau 26% hal ini menunjukkan bahwa belum terjadi peningkatan hasil belajar siswa, terbukti pada siklus satu terjadi peningkatan yang tuntas belajar mencapai 20 siswa atau 59%. Pada siklus dua mencapai 25 siswa atau 74%. Selain itu, dengan metode bermain dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran lari cepat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran lari cepat pada siswa kelas VII SMP Islam Tirtayasa. Sehingga kedepannya dapat menerapkan hasil penelitian melalui pendekatan permainan sebagai alternatif dalam proses pembelajaran siswa di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-11-29
How to Cite
Febriyanto, A., Fahmi, F., & Febrina Sari, N. (2023). Peningkatan Pendekatan Bermain Terhadap Hasil Belajar Lari Cepat Siswa Kelas VII SMP Islam Tirtayasa Kota Serang. Jurnal Dunia Pendidikan, 4(1), 650-656. https://doi.org/10.55081/jurdip.v4i1.1673