Penerapan Program Permainan Kecil Untuk Mengatasi Resiliensi Belajar Siswa SMP N 20 Palembang

  • Khoirul Anwar Universitas PGRI Palembang
  • Ilham Arvan Junaidi Universitas PGRI Palembang
  • Hengki Kumbara Universitas PGRI Palembang
Keywords: Permainan Kecil, Resiliensi Belajar Siswa

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah 1) sulitnya siswa dalam mengontrol emosi 2) kurangnya semangat siswa dalam belajar 3) siswa tidak mentaati peraturan sekolah 4) siswa kesulitan dalam menghadapi tekanan belajar dan sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan program permainan kecil untuk mengatasi resiliensi belajar SMP Negeri 20 Palembang. Variabel dalam penelitian ini berupa variabel terikat yaitu resiliensi belajar siswa, dan variabel bebas yaitu permainan kecil. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan bentuk One-Group Pretest – Posttest – Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 20 Palembang dan sampel nya yaitu siswa bermasalah yang berjumlah 30 siswa dengan Teknik sampling purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu kuesioner. Metode dalam penelitian ini adalah eksperimen. Instrument tes yang digunakan yaitu permainan kecil, pemberian perlakuan sebanyak 3 kali pertemuan dengan frekuensi 1 kali dalam 1 minggu. Analisis data yang digunakan uji t dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukan nilai t hitung > t tabel atau 16,131 > 2,045 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan program permainan kecil untuk mengatasi resiliensi belajar siswa SMP Negeri 20 Palembang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-11-01
How to Cite
Khoirul Anwar, Ilham Arvan Junaidi, & Hengki Kumbara. (2023). Penerapan Program Permainan Kecil Untuk Mengatasi Resiliensi Belajar Siswa SMP N 20 Palembang. Jurnal Dunia Pendidikan, 4(1), 219-230. https://doi.org/10.55081/jurdip.v4i1.1475

Most read articles by the same author(s)