Pembelajaran Tari Pucuk Pisang Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Pada Kelas VII Di SMP Negeri 2 Palembang

  • Elma Warni Universitas PGRI Palembang
  • Rio Eka Putra Universitas PGRI Palembang
  • Muhsin Ilhaq Universitas PGRI Palembang
Keywords: Pembelajaran, Tari Pucuk Pisang, Kurikulum Merdeka

Abstract

Tari Pucuk Pisang adalah sebuah tari tradisi yang berasal dari desa Air Batu, Kecamatan Tanah pemberap, Kabupten Merangin. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Penerapan Pembelajaran Tari Pucuk Pisang Dalam Kurikulum Merdeka Belajar di kelas VII SMP Negeri 2 Palembang?”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pembelajaran tari Pucuk Pisang Dalam Kurikulum Merdeka Belajar di kelas VII SMP Negeri 2 Palembang mulai dari persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Metode yang digunakan penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang mana melibatkan observasi. Data wawancara yang diperoleh dengan meliputi pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dengan mendapatkan hasil data yang lebih lengkap, sedangkan dokumentasi berupa foto. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa proses pembelajaran yang dimulai dari sebuah persiapan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran akan terjalan dengan baik. Tahapan-tahapan dalam menjalankan proses pembelajaran sudah dilakukan dengan baik, karena guru sudah mempersiapkan secara matang seluruh perangkat pembelajaran yang berhubungan dengan proses pembelajaran, guru juga mempermudah siswa untuk cara pengumpulan tugas sehingga siswa tidak terbebani dalam mengikuti proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-11-01
How to Cite
Elma Warni, Rio Eka Putra, & Muhsin Ilhaq. (2023). Pembelajaran Tari Pucuk Pisang Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Pada Kelas VII Di SMP Negeri 2 Palembang. Jurnal Dunia Pendidikan, 4(1), 210-218. https://doi.org/10.55081/jurdip.v4i1.1474