Pengaruh Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan Kelas 1 di SD Negeri 140 Palembang
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan kelas 1 Di SD Negeri 140 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan kelompok yang sudah dipilih berdasarkan situasi yang ada di sekolah. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah teknik observasi, dokumentasi, dan Tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 di SDN 140 Palembang. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas 1B dengan jumlah 31 siswa. Berdasarkan hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode struktur analitik sintetik (SAS) terhadap kemampuan menulis permulaan pada siswa kelas I di SD Negeri 140 Palembang. Hasil uji hipotesis data menunjukkan bahwa hasil uji t menunjukan nilai thitung = 18.583 ≥ ttabel = 1,697, yang artinya bahwa: “terdapat pengaruh yang signifikan antara metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) terhadap kemampuan menulis permulaan pada siswa kelas I di SD Negeri 140 Palembang.
Downloads
Copyright (c) 2023 Melda Oktaviani, Yasir Arafat, Adrianus Dedi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.