Pengaruh Media Youtube Dalam Meningkatkan Pemahaman Teknik Dasar Roll Depan Dalam Senam Lantai Siswi SMP Assyika
Abstract
Media pembelajran; adalah alat bantu yang digunakan sebagai sarana dalam penyampaian pembelajaran kepada peserta didik. Pada zaman modern saat ini media pembelajaran; sudah sangat berkembang umumnya telah berupa aplikasi seperti youstube; serta media lainya yang memuat media ajar. Sudah menjadi hal wajar digunakan sebagai media pembelajaran. Youtube merupakan sebuah platform penampilan video yang biasanya digunakan sebagai penyampaian materi secara visual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen juga menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini diambil dari kelas 8 SMP Assyika sebanyak 30 siswi. Hasil penelitian ini diperoleh dari hasil uji t pretest dan postest dengan hasi Thitung13,596 dan Ttabel 2,045 dengan nilai p=0.000. Dapat disimpulakan dari hasil tersebut Thitung > Ttabel serta probilitas segnifikan kurang dari 0,05. Bedasarkan dari hal tersebut maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka kesimpulannya adalah hipotesis yang menyatakan ”terdapat pengaruh yang signifikan terdapat pengaruh media Youtube dalam meningkatkan pemahaman teknik dasar roll depan”. Berdasarkan dari hasil penelitian media yang digunakan memiliki pengaruh pada teknik dasar roll depan. Terdapat hasil presentase peningkatan sebesar 19.12%.
Downloads
Copyright (c) 2025 Putri Wulandari Agustina, Reno Siska Sari, Anangga Widya Pradipta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis bersedia memberikan hak atas publikasinya di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International. Sehingga memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas karya penulis dan publikasi dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi karya jurnal yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau mempublikasikannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk mengirim karya mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusi atau website mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran produktif, serta sebelumnya dan kutipan yang lebih besar dari karya yang diterbitkan.
							
							

