Analisis Keterampilan Teknik Dasar Permainan Bulutangkis Pada Siswa SMA Negeri 4 Maros
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan teknik dasar permainan bulutangkis pada siswa SMA Negeri 4 Maros. Populasinya adalah anggota ekstrakurikuler siswa putra SMA Negeri 4 Maros yang berjumlah 15 orang, penarikan sampel menggunakan teknik total sampling atau penelitian populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes keterampilan teknik dasar permainan bulutangkis menggunakan tes dan pengukuran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; tinjauan keterampilan teknik dasar permainan bulutangkis pada siswa SMA Negeri 4 Maros, diperoleh sebanyak 0 orang (0%) pada kategori baik sekali, 3 orang (20%) pada kategori baik, 7 orang (47%) pada kategori sedang, 4 orang (26%) pada kategori kurang dan 1 orang (7%) pada kategori sangat kurang. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilaksanakan, didapat bahwa secara keseluruhan hasil analisis keterampilan teknik dasar permainan bulutangkis pada siswa SMA Negeri 4 Maros masuk dalam kategori sedang yaitu nilai rata-rata sebesar 82.67. Hal ini sesuai dengan latar belakang masalah yang kita jadikan acuan dalam penelitian ini, dan memang benar analisis keterampilan teknik dasar permainan bulutangkis pada siswa SMA Negeri 4 Maros masuk kategori sedang.
Downloads
Copyright (c) 2025 Fachrul Anam, Husni Mubarak, Muh. Arfan, Hikmad Hakim, Poppy Elisano Arfanda, Muh. Adnan Hudain

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis bersedia memberikan hak atas publikasinya di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International. Sehingga memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas karya penulis dan publikasi dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi karya jurnal yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau mempublikasikannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk mengirim karya mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusi atau website mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran produktif, serta sebelumnya dan kutipan yang lebih besar dari karya yang diterbitkan.