Tingkat Pengetahuan Siswa Tentang Permainan Bulutangkis Di Kelas IV DI SD IT Bakti Insani Sleman
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan permainan bulutangkis di kalangan siswa kelas IV di SD IT Bakti Insani Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan satu variabel, yaitu tingkat pengetahuan siswa mengenai bulutangkis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei, dengan instrumen pengukuran berupa kuesioner yang menggunakan tes pilihan ganda. Sampel penelitian ini terdiri dari 61 siswa kelas IV di SD IT Bakti Insani Sleman. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif, dengan menghitung nilai persentase sebagai metode analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki pengetahuan yang cukup tentang bulutangkis, di mana 57% siswa berada dalam kategori pengetahuan sedang dan 23% dalam kategori tinggi. Namun, masih terdapat 20% siswa yang pengetahuannya mengenai bulutangkis berada dalam kategori rendah. Temuan ini mengindikasikan bahwa meskipun pemahaman siswa tentang bulutangkis cukup baik secara keseluruhan, perlu dilakukan upaya tambahan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan siswa yang berada di kategori rendah. Dengan demikian, diharapkan seluruh siswa dapat memiliki pemahaman yang lebih baik tentang permainan bulutangkis, yang pada akhirnya dapat meningkatkan minat dan partisipasi mereka dalam olahraga ini.
Downloads
Copyright (c) 2024 Sifki Yeprigo, Ardhika Falaahudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis bersedia memberikan hak atas publikasinya di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International. Sehingga memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas karya penulis dan publikasi dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi karya jurnal yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau mempublikasikannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk mengirim karya mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusi atau website mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran produktif, serta sebelumnya dan kutipan yang lebih besar dari karya yang diterbitkan.