Investigasi Tingkat Hasil Belajar Yang Ditunjukkan Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK Tahun 2024

  • Danu Setiawan Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna, Sumatera Utara, Indonesia
  • Charisma Maranatha Sitanggang Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna, Sumatera Utara, Indonesia
  • Christopher Ronggo Panuntunan Simatupang Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna, Sumatera Utara, Indonesia
  • Bulan Oktapia Manalu Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna, Sumatera Utara, Indonesia
  • Carlan Septianus Samatohu Gulo Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna, Sumatera Utara, Indonesia
  • Celvin Remer Meiman Syah Putra Gulo Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna, Sumatera Utara, Indonesia
Keywords: Dribbling, Sepak Bola, Teams Games Tournament

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah paradigma pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatkan hasil belajar menggiring bola dengan kaki bagian dalam pada siswa kelas X di SMA NEGERI 1 Stabat pada tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebagai metodologinya. Selama empat kali pertemuan, metode pembelajaran menggiring bola dasar sepakbola akan dinilai dengan menggunakan Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II. Setelah prosedur pengambilan data selesai, analisis akan dilakukan: Sembilan dari tiga puluh siswa telah mencapai nilai yang menunjukkan bahwa mereka telah mencapai tingkat ketuntasan belajar yang dipersyaratkan, yaitu tujuh puluh persen. Tingkat ketuntasan ini belum dicapai oleh dua puluh satu siswa yang tersisa, atau tiga puluh persen. Hanya 71,3 persen siswa yang mencapai ketuntasan klasikal (KKM). Sepanjang siklus, data hasil belajar dari siklus II menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam melakukan penilaian hasil belajar telah meningkat secara signifikan. Dari tiga puluh siswa, dua puluh enam (86%) telah mencapai ketuntasan belajar, sementara empat (14%) belum. Dari siklus I ke siklus II, terlihat bahwa nilai rata-rata seluruh hasil belajar mengalami peningkatan. Hal ini diungkapkan oleh hasil observasi. Seperti yang ditunjukkan oleh hasil analisis data, model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) berpotensi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-07-31
How to Cite
Setiawan, D., Sitanggang, C. M., Simatupang, C. R. P., Manalu, B. O., Gulo, C. S. S., & Gulo, C. R. M. S. P. (2024). Investigasi Tingkat Hasil Belajar Yang Ditunjukkan Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK Tahun 2024. Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 5(1), 337-348. https://doi.org/10.55081/jumper.v5i1.2667

Most read articles by the same author(s)