Investigasi Tingkat Hasil Belajar Yang Ditunjukkan Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK Tahun 2024
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah paradigma pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatkan hasil belajar menggiring bola dengan kaki bagian dalam pada siswa kelas X di SMA NEGERI 1 Stabat pada tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebagai metodologinya. Selama empat kali pertemuan, metode pembelajaran menggiring bola dasar sepakbola akan dinilai dengan menggunakan Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II. Setelah prosedur pengambilan data selesai, analisis akan dilakukan: Sembilan dari tiga puluh siswa telah mencapai nilai yang menunjukkan bahwa mereka telah mencapai tingkat ketuntasan belajar yang dipersyaratkan, yaitu tujuh puluh persen. Tingkat ketuntasan ini belum dicapai oleh dua puluh satu siswa yang tersisa, atau tiga puluh persen. Hanya 71,3 persen siswa yang mencapai ketuntasan klasikal (KKM). Sepanjang siklus, data hasil belajar dari siklus II menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam melakukan penilaian hasil belajar telah meningkat secara signifikan. Dari tiga puluh siswa, dua puluh enam (86%) telah mencapai ketuntasan belajar, sementara empat (14%) belum. Dari siklus I ke siklus II, terlihat bahwa nilai rata-rata seluruh hasil belajar mengalami peningkatan. Hal ini diungkapkan oleh hasil observasi. Seperti yang ditunjukkan oleh hasil analisis data, model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) berpotensi untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
Copyright (c) 2024 Danu Setiawan, Charisma Maranatha Sitanggang, Christopher Ronggo Panuntunan Simatupang, Bulan Oktapia Manalu, Carlan Septianus Samatohu Gulo, Celvin Remer Meiman Syah Putra Gulo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis bersedia memberikan hak atas publikasinya di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International. Sehingga memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas karya penulis dan publikasi dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi karya jurnal yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau mempublikasikannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk mengirim karya mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusi atau website mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran produktif, serta sebelumnya dan kutipan yang lebih besar dari karya yang diterbitkan.