Analisis Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran PJOK Di SMP Laboratorium Percontohan UPI
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan guna menjelaskan pelaksanaan Pendidikan karakter pada mata pelajaran PJOK di SMP laboratorium percontohan upi. Metode kualitatif merupakan metode yang digunakan pada penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, wawancara, dan observasi. Berdasarkan Miles dan Huberman pengolahan data menggunakan pdel interaktif dengan kondensasi data, demonstrasi data serta penarikan kesimpulan. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Nilai karakter yang diterapkan dan ditanamkan pada proses pembelajaran PJOK oleh guru PJOK adalah mandiri, kerja keras, rasa ingin tahu, penerapan 5S (sapa, sopan, santun, senyum, salam) dalam bersikap. (2) Nilai karakter yang diterapkan dan ditanamkan pada proses evaluasi pembelajaran PJOK oleh guru PJOK adalah mandiri, jujur, dan kerja keras. (3) Nilai karakter yang diterapkan dan ditanamkan pada materi pembelajaran PJOK oleh guru PJOK adalah peduli sosial, mandiri, kerja keras, dan disiplin.
Downloads
Copyright (c) 2024 Faujiyah Faujiyah, Eka Nugraha, Amung Ma’mun, Syarifatunnisa Syarifatunnisa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis bersedia memberikan hak atas publikasinya di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International. Sehingga memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas karya penulis dan publikasi dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi karya jurnal yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau mempublikasikannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk mengirim karya mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusi atau website mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran produktif, serta sebelumnya dan kutipan yang lebih besar dari karya yang diterbitkan.