Analisis Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran PJOK Di SMP Laboratorium Percontohan UPI

  • Faujiyah Faujiyah Universitas Pendidikan Indonesia, Jawa Barat, Indonesia
  • Eka Nugraha Universitas Pendidikan Indonesia, Jawa Barat, Indonesia
  • Amung Ma’mun Universitas Pendidikan Indonesia, Jawa Barat, Indonesia
  • Syarifatunnisa Syarifatunnisa Universitas Pendidikan Indonesia, Jawa Barat, Indonesia
Keywords: Pendidikan Karakter, Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Olahraga

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan guna menjelaskan pelaksanaan Pendidikan karakter pada mata pelajaran PJOK di SMP laboratorium percontohan upi. Metode kualitatif merupakan metode yang digunakan pada penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, wawancara, dan observasi. Berdasarkan Miles dan Huberman pengolahan data menggunakan pdel interaktif dengan kondensasi data, demonstrasi data serta penarikan kesimpulan. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Nilai karakter yang diterapkan dan ditanamkan pada proses pembelajaran PJOK oleh guru PJOK adalah mandiri, kerja keras, rasa ingin tahu, penerapan 5S (sapa, sopan, santun, senyum, salam) dalam bersikap. (2) Nilai karakter yang diterapkan dan ditanamkan pada proses evaluasi pembelajaran PJOK oleh guru PJOK adalah mandiri, jujur, dan kerja keras. (3) Nilai karakter yang diterapkan dan ditanamkan pada materi pembelajaran PJOK oleh guru PJOK adalah peduli sosial, mandiri, kerja keras, dan disiplin.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-05
How to Cite
Faujiyah, F., Nugraha, E., Ma’mun, A., & Syarifatunnisa, S. (2024). Analisis Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran PJOK Di SMP Laboratorium Percontohan UPI . Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 4(3), 518-523. https://doi.org/10.55081/jumper.v4i3.1134