Manajemen Komunikasi Instruksional Antara Pelatih Dan Atlet Tenis Meja Tunanetra
Abstract
Penelitian ini membahas bagaimana komunikasi instrusional anatra pelatih dan atlet tenis meja tunanetra pada proses Latihan. Perbedaan fisik antara pelatih dan atlet tenis meja tunanetra memicu permasalahan komunikasi, dimana instruksi yang semestinya disampaikan oleh pelatih dengan cara audio dan visual. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan mengumpulkan data melalui wawancara dan observasi. Informan dalam penelitian ini adalah satu pelatih tenis meja tunanetra dan empat atlet tenis meja penyandang tunanetra. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori identifikasi Kenneth Burke, Dimana kesamaan adalah satu cara identifikasi yang tercipta diantara pelatih dan atlet tenis meja tunnetra, identifikasi meningkat, penyatuan makna meningkat, sehingga akan meningkatkan pemahaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama proses komunikasi melalui tahap awal komunikasi, yang akhirnya tercipta cara pelatih dan atlet tenis meja tunanetra berkomunikasi. Kedua, metode komunikasi instruksional yang digunakan pelatih dalam proses Latihan adalah menggunakan metode praktikum, dan metode diskusi. Ketiga, komunikasi instruksional yang dilakukan oleh pelatih dan atlet tenis meja tunanetra Di NPC Sumatera Utara Adalah Komunikasi Verbal Secara lisan.
Downloads
References
Aristiyanto, A., & Setiawan, F. E. (2023). Contribution Of Academic Supervision Management To Improving Physical Education Teacher Performance. Journal Management of Sport, 2(1). https://doi.org/10.55081/jmos.v2i1.1961
Aydoğ, E., Aydoğ, S. T., Cakci, A., & Doral, M. N. (2006). Dynamic postural stability in blind athletes using the biodex stability system. International Journal of Sports Medicine, 27(05), 415–418.
Azhari, H. T., Nuraeni, Y., & Astriani, R. (2023). Komunikasi interpersonal antara pelatih dan atlet disabilitas dalam menumbuhkan motivasi dan prestasi (studi deskriptif atlet tenis meja disabilitas NPCI DKI Jakarta). Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(1), 63–69.
Balmer, L. (1970). A guidance device for a blind athlete. Medical and Biological Engineering, 8, 301–307.
Hanrahan, S. J., Grove, J. R., & Lockwood, R. J. (1990). Psychological skills training for the blind athlete: A pilot program. Adapted Physical Activity Quarterly, 7(2), 143–155.
Lim, T.-H., Jang, C.-Y., O’Sullivan, D., & Oh, H. (2018). Applications of psychological skills training for Paralympic table tennis athletes. Journal of Exercise Rehabilitation, 14(3), 367.
Mann, D. L., & Ravensbergen, H. J. C. (2018). International Paralympic Committee (IPC) and International Blind Sports Federation (IBSA) joint position stand on the sport-specific classification of athletes with vision impairment. Sports Medicine, 48(9), 2011–2023.
Michalski, S. C., Szpak, A., Saredakis, D., Ross, T. J., Billinghurst, M., & Loetscher, T. (2019). Getting your game on: Using virtual reality to improve real table tennis skills. PloS One, 14(9), e0222351.
Moleong, L. J., & Edisi, P. (2004). Metodelogi penelitian. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya, 3(01).
Ponchillia, P. E., Strause, B., & Ponchillia, S. V. (2002). Athletes with visual impairments: Attributes and sports participation. Journal of Visual Impairment & Blindness, 96(4), 267–272.
Raab, M., Masters, R. S. W., & Maxwell, J. P. (2005). Improving the ‘how’and ‘what’decisions of elite table tennis players. Human Movement Science, 24(3), 326–344.
Ramadan, R., Lubis, A. E., & Abdurrahman, E. (2023). School Health Enterprise Management. Journal Management of Sport, 1(2). https://doi.org/10.55081/jmos.v1i2.1796
Salari, A., Sahebalzamani, M., & Daneshmandi, H. (2013). The effect of core stability training program on balance in blind female athletes. Journal of Kerman University of Medical Sciences, 20(6), 585–595.
Santos, H. A. Dos, & Nawir, N. (2023). Disability Athlete Achievement Coaching Management. Journal Management of Sport, 2(1). https://doi.org/10.55081/jmos.v2i1.2115
Setyaningrum, M. L. (2018). Motivasi Berprestasi Pada Atlet Penyandang Tunadaksa yang Mengikuti Paralympic. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(3).
Vose, J. E., Clark, R. A., & Sachs, M. L. (2010). Athletes who are blind/visually impaired or deaf/hard of hearing. In Routledge handbook of applied sport psychology (pp. 450–459). Routledge.
Wijaya, A. D. (2017). Profil tenis meja NPC (National Paralympic Commitee) Indonesia pada tahun 2012-2016.
Wolf, S., Brölz, E., Scholz, D., Ramos-Murguialday, A., Keune, P. M., Hautzinger, M., Birbaumer, N., & Strehl, U. (2014). Winning the game: brain processes in expert, young elite and amateur table tennis players. Frontiers in Behavioral Neuroscience, 8, 370.
Copyright (c) 2024 Susilawati, Ade Evriansyah Lubis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.