Analisis Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Capaian Keterampilan Passing Bawah Bola Voli

  • Fernando Kupindo Ginting Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna
  • Ratna Dewi Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna
Keywords: Pembelajaran Penemuan Terbimbing, Passing Bawah, Bola Voli

Abstract

Tujuan pengabdian ini adalah untuk melihat Analisis pembelajaran penemuan terbimbing terhadap capaian keterampilan passing bawah bola voli pada siswa Kelas VII SMP Bina Satria Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Metode dalam pengabdian ini adalah metode deskriptif analisis studi pustaka dengan teknik one group pre test dan post test design menggunakan lembaran portofolio. Analisis data dilakukan dengan reduksi data dilakukan dengan cara melihat pengaruh variabel tertentu terhadap variabel lainnya yang dilakukan pada siswa kelas VII SMP Bina Satria Medan Medan Tahun Pembelajaran 2020 pada masa covid-19 terdapat perubahan capaian keterampilan passing bawah melalui pembelajaran penemuan terbimbing. Keberhasilan pembelajaran ditinjau dari perbandingan standar kelulusan klasikal pembelajaran PJOK yang telah ditentukan sekolah dengan pencapaian pembelajaran yang dilakukan. Berdasarkan hasil analisis data dapat diperoleh aspek perkembangan dan kebutuhan siswa sesuai situasi yang dihadapi masa covid-19 dan penerapan pembelajaran dilakukan secara variasi dan inovatif untuk menciptakan suasana pembelajaran yang efektif walau pada masa Covid-19.

Published
2022-06-24
How to Cite
Ginting, F. K., & Dewi, R. (2022). Analisis Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Capaian Keterampilan Passing Bawah Bola Voli. Jurnal Bina Pengabdian Kepada Masyarakat , 2(2), 68-76. https://doi.org/10.55081/jbpkm.v2i2.561

Most read articles by the same author(s)