Persepsi Siswa Kelas X Terkait Pembelajaran Senam Lantai Terhadap Materi Roll Belakang SMAS Batara Gowa

  • Retno Farhana Nurulita Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Qasash Hasyim Universitas Negeri Makassar
  • Poppy Elisano Arfanda Universitas Negeri Makassar
Keywords: Persepsi, Pembelajaran Senam Lantai, Pembelajaran, Roll Belakang

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yang menggunakan teknik kuantitatif, dengan tujuan mengetahui sejauh mana siswa kelas X memiliki pemahaman terkait pembelajaran senam lantai terhadap materi roll belakang. Metode yang digunakan adalah metode survey. Teknik pengumpulan data  yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket (kuisioner). Populasi siswa Kelas X di SMAS Batara Gowa, jumlah sampel penelitian ini berjumlah 79 menggunakan teknik total sampling dari populasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif program SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa kelas X di SMAS Batara Gowa memiliki kategori yang rendah terhadap pembelajaran senam lantai terkhusus pada materi roll belakang. hasil penelitian menunjukkan kategori sangat tinggi berjumlah 6 siswa (4,11%), pada kategori tinggi jumlah 17 siswa (17,09%) berada pada kategori sedang 21 siswa (14,20%) berada pada kategori rendah 30 siswa (61,01%) pada kategori sangat rendah 5 siswa (3,59%).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiaji, W. (2013). Skala pengukuran dan jumlah respon skala likert. Jurnal Ilmu Pertanian Dan Perikanan, 2(2), 127–133.
Mabrur, M., Setiawan, A., & Mubarok, M. Z. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Guling Depan Senam Lantai. Physical Activity Journal, 2(2), 193. https://doi.org/10.20884/1.paju.2021.2.2.4014
Muhajir. (2017). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (2017th ed.). Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. https://static.buku.kemdikbud.go.id/content/pdf/bukuteks/k13/bukusiswa/PJOK SMP Kelas 7 BS press.pdf
Pamungkas, G. B. A., & Mulyaningsih, F. (2018). PERSEPSI PESERTA DIDIK KELAS VI TERHADAP PEMBELAJARAN SENAM LANTAI GULING DEPAN SEKOLAH DASAR NEGERI PENGKOK 4 CELEP KECAMATAN KEDAWUNG KABUPATEN SRAGEN. PGSD Penjaskes, 7(10).
Ramdhan, M., & others. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.
Sobarna, A., Hambali, S., & Koswara, L. (2020). Hubungan Tingkat Kebugaran Jasmani Dan Persepsi Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Master Penjas & Olahraga, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.37742/jmpo.v1i1.2
Sumarni, T. (2017). PENINGKATAN PEMBELAJARAN SENAM LANTAI GULING DEPAN MELALUI PERMAINAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 18 KOTA PEKANBARU Titin Sumarni Guru SD Negeri 18 Pekanbaru. Jurnal Pigur, 01(2), 40–48. https://pigur.ejournal.unri.ac.id/index.php/pigur/article/view/5472/0
Published
2024-11-14
How to Cite
Retno Farhana Nurulita, Muhammad Qasash Hasyim, & Poppy Elisano Arfanda. (2024). Persepsi Siswa Kelas X Terkait Pembelajaran Senam Lantai Terhadap Materi Roll Belakang SMAS Batara Gowa. Journal Physical Health Recreation (JPHR), 5(1), 209-214. https://doi.org/10.55081/jphr.v5i1.3171