Analisis Tingkat Keterampilan Teknik Dasar Passing Control Futsal Siswa Ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Sidrap
Abstract
Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan Teknik dasar passing control futsal Siswa Ektrakurikuler di SMA Negeri 1 Sidrap. Populasinya adalah seluruh pemain ekstrakurikuler futsal SMA Negeri 1 Sidrap Berjumlah 20 Pemain. Sampel yang digunakan adalah pemain sebanyak 20 orang dengan Teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi. Untuk menganalisis data digunakan statistik deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterampilan Teknik dasar passing control futsal Siswa Ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Sidrap yang berkategori baik sekali (4 orang ) atau 20%, baik (2 orang) atau 10%, sedang (8 orang ) atau 40%, kurang (5 orang ) atau 25 %, sangat kurang (1 orang ) atau 5%, Maka disimpulkan bahwa tingkat keterampilan Teknik dasar passing control futsal Siswa Ektrakurikuler di SMA Negeri 1 Sidrap masuk dalam kategori sedang.
Downloads
References
Adil, A., Liana, Y., Mayasari, R., Sintia, A., Rida, L., Fahmy, R., Saputri, R., Jayatmi, I., Budi, E., Angga, S., Permana, A., Mujibur, M., Deddy, R., Citra, N., Mario, A., Bani, D., Bani, G. A., Haslinah, A., & Wijoyo, E. B. (2023). "Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif : Teori Dan Praktik Get Press Indonesia".
Abdullah M. 2015. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Ahmadi, Nuril. (2007). Panduan olahraga bola voli. Surakarta: Era
Arikunto S. 2017. Pengembangan Instrumen Penelitian dan
Penilaian program.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar S. 2015. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dr. Muhammad Nur, M.Pd, H. Iskandar, S.Pd, M.Pd ( 2023) “ Buku Ajar Teori dan Praktik Bolavoli.”
Darmadi H. 2014. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.
Hardani. 2020. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta:CV.Pustaka Ilmu Group.
Sudjana N. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfanbeta.
Sujarwo S. 2017. Volleyball For All (Bolavoli untuk Semua). FIK UNY: Yogyakarta.
Sukintaka. 2015. Teori Bermain untuk D2 Penjaskes Olahraga. IKIP Yogyakarta.
Surahman, Rachmad M dan Supardi S. 2016. Metodologi Penelitian. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Kesehatan.