Analisis Tingkat Kemampuan Passing Bawah Bolavoli Pada Siswa Ekstrakurikuler SMA Negeri 13 Bulukumba
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis tingkat kemampuan passing bawah bola voli pada siswa ekstrakulikuler SMA Negeri 13 Bulukumba. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei. Sampel penelitian terdiri dari 20 orang siswa ekstrakurikuler dengan penarikan menggunakan teknik total sampling. Instrumen dan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran kemampuan passing bawah bola voli. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dalam bentuk persentase menggunakan fasilitas komputer melalui program SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: tingkat kemampuan passing bawah bola voli pada siswa ekstrakulikuler SMA Negeri 13 Bulukumba berada pada kategori "kurang sekali" sebesar 0% (0 siswa), kategori "kurang" sebesar 35% (7 siswa), kategori "sedang sebesar 35% (7 siswa), kategori "baik" sebesar 15% (3 siswa), dan kategori "baik sekali" sebesar 15% (3 siswa). Berdasarkan nilai rata-rata yaitu 12.30 poin berada pada kategori sedang, maka dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan passing bawah bola voli pada siswa ekstrakulikuler SMA Negeri 13 Bulukumba masuk dalam kategori sedang.
Downloads
References
Adil, A., Liana, Y., Mayasari, R., Sintia, A., Rida, L., Fahmy, R., Saputri, R., Jayatmi, I., Budi, E., Angga, S., Permana, A., Mujibur, M., Deddy, R., Citra, N., Mario, A., Bani, D., Bani, G. A., Haslinah, A., & Wijoyo, E. B. (2023). "Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif : Teori Dan Praktik Get Press Indonesia".
Abdullah M. 2015. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Ahmadi, Nuril. (2007). Panduan olahraga bola voli. Surakarta: Era
Arikunto S. 2017. Pengembangan Instrumen Penelitian dan
Penilaian program.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar S. 2015. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dr. Muhammad Nur, M.Pd, H. Iskandar, S.Pd, M.Pd ( 2023) “ Buku Ajar Teori dan Praktik Bolavoli.”
Darmadi H. 2014. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.
Hardani. 2020. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta:CV.Pustaka Ilmu Group.
Sudjana N. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfanbeta.
Sujarwo S. 2017. Volleyball For All (Bolavoli untuk Semua). FIK UNY: Yogyakarta.
Sukintaka. 2015. Teori Bermain untuk D2 Penjaskes Olahraga. IKIP Yogyakarta.
Surahman, Rachmad M dan Supardi S. 2016. Metodologi Penelitian. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Kesehatan.