Pengaruh Latihan Sensori-Motor Terhadap Peningkatan Kemampuan Konsentrasi Atlet Sepakbola Universitas Negeri Makassar

  • Muhammad Ivan Miftahul Aziz Universitas Negeri Makassar
  • Andi Sahrul Jahrir Universitas Negeri Makassar
Keywords: Latihan Sensori-Motor, Konsentrasi, Sepakbola

Abstract

Penelitian ini berangkat dari pemahaman bahwa konsentrasi merupakan salah satu komponen penting dalam performa atlet, terutama dalam olahraga seperti sepak bola yang membutuhkan reaksi cepat, pengambilan keputusan dalam tekanan, dan ketepatan tindakan. Oleh karena itu, penelitian ini ingin mengetahui sejauh mana latihan sensori-motor, yang dirancang untuk meningkatkan koordinasi antara sistem sensorik dan motorik, dapat memberikan dampak positif pada kemampuan konsentrasi atlet sepak bola. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif eksperimental dengan desain pre-test dan post-test. Desain pre-test dan post-test digunakan untuk mengukur perubahan yang terjadi pada variabel dependen (konsentrasi) sebelum dan sesudah diberikan intervensi (latihan sensori-motor). Populasi penelitian ini adalah atlet sepak bola di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar (FIK UNM). Sampel yang digunakan terdiri dari 25 atlet sepak bola yang dipilih secara purposive. Untuk mengukur konsentrasi, digunakan instrumen Grid Concentration Exercise. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan terdapat perbedaan yang antara sebelum intervensi dan setelah intervensi. Rata-rata skor setelah intervensi lebih tinggi dibandingkan dengan skor sebelum intervensi sebesar 4.48 poin, dan nilai signifikansi sebesar (sig.  0.00). Dengan demikian, integrasi latihan ini dalam program pelatihan rutin dapat memberikan manfaat signifikan bagi atlet dalam menghadapi situasi yang membutuhkan reaksi cepat dan konsentrasi tinggi selama pertandingan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afonso, J., Garganta, J., & Mesquita, I. (2012). Decision-making in sports: the role of attention, anticipation and memory. Revista Brasileira de Cineantropometria \& Desempenho Humano, 14, 592–601.
Aguss, R. M., & Yuliandra, R. (2020). Persepsi Atlet Futsal Putra Universitas Teknokrat Indonesia Terhadap Hipnoterapi Dalam Meningkatkan Konsentrasi Saat Bertanding. Jurnal Penjaskesrek, 7(2), 274–288.
Aman, J. E., Elangovan, N., Yeh, I.-L., & Konczak, J. (2015). The effectiveness of proprioceptive training for improving motor function: a systematic review. Frontiers in Human Neuroscience, 8, 1075.
Appelbaum, L. G., Lu, Y., Khanna, R., & Detwiler, K. R. (2016). The effects of sports vision training on sensorimotor abilities in collegiate softball athletes. Athletic Training \& Sports Health Care, 8(4), 154–163.
Balint, N. T. (2020). The Influence of Sensory Stimuli on Improving Attention and Memory in Children. 4th International Scientific Conference SEC-IASR 2019, 40–49.
Best, J. R. (2010). Effects of physical activity on children’s executive function: Contributions of experimental research on aerobic exercise. Developmental Review, 30(4), 331–351.
Betty, J. R. (2020). Neuroplasticity and the Impact Direct, Systematic Intervention Hason Visual-Motor Integration Skills. La Sierra University.
Caine, D., Purcell, L., & Maffulli, N. (2014). The child and adolescent athlete: a review of three potentially serious injuries. BMC Sports Science, Medicine and Rehabilitation, 6, 1–10.
Darisman, E. K., Prasetiyo, R., & Bayu, W. I. (2021). Belajar psikologi olahraga sebuah teori dan aplikasi dalam olahraga. Jakad Media Publishing.
Demirakca, T., Cardinale, V., Dehn, S., Ruf, M., & Ende, G. (2016). The exercising brain: Changes in functional connectivity induced by an integrated multimodal cognitive and whole-body coordination training. Neural Plasticity, 2016(1), 8240894.
Fadare, A. S., Langco, L., Canalija, C., Kabirun, C. A., & Abelardo-Sabandija, B. J. (2022). Athletes’ confidence and anxiety management: a review in achieving optimal sport performance. International Journal of Science and Management Studies, 5(4), 311–318.
Flor, H., & Diers, M. (2009). Sensorimotor training and cortical reorganization. NeuroRehabilitation, 25(1), 19–27.
Göktepe, M. M., & Günay, M. (2019). The effects of proprioceptive exercise programme given to female footballers their on balance, proprioceptive sense and functional performance: Kad{\i}n futbolculara uygulanan proprioseptif egzersiz program{\i}n{\i}n, denge, proprioseptif duyu ve fonksiyo. Journal of Human Sciences, 16(4), 1051–1070.
Greenlees, I., Thelwell, R., & Holder, T. (2006). Examining the efficacy of the concentration grid exercise as a concentration enhancement exercise. Psychology of Sport and Exercise, 7(1), 29–39. https://doi.org/10.1016/j.psychsport.2005.02.001
Gustian, U. (2016). Pentingnya perhatian dan konsentrasi dalam menunjang penampilan atlet. Jurnal Performa Olahraga, 1(01), 89–102.
Komarudin, M. P., Saputra, M. Y., Awwaludin, P. N., Febrianty, M. F., & Novian, G. (2024). Model Latihan Kognisi dalam Olahraga. Indonesia Emas Group.
Machado, S., Cunha, M., Velasques, B., Minc, D., Teixeira, S., Domingues, C. A., Silva, J. G., Bastos, V. H., Budde, H., Cagy, M., & others. (2010). Sensorimotor integration: basic concepts, abnormalities related to movement disorders and sensorimotor training-induced cortical reorganization. Rev Neurol, 51(7), 427–436.
Mashuri, H. (2021). Pengaruh Konsentrasi Pemain Terhadap Ketepatan Shooting dalam Permainan Sepakbola. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 6(2), 1–10.
Mueller, S., Mueller, J., Stoll, J., & Mayer, F. (2022). Effect of six-week resistance and sensorimotor training on trunk strength and stability in elite adolescent athletes: A randomized controlled pilot trial. Frontiers in Physiology, 13, 802315.
Ratih Rapisa, D. (2019). Program latihan koordinasi sensomotorik bagi anak usia dini dan anak berkebutuhan khusus. Deepublish Publisher.
Sarlós, E. (2018). Influence of sensorimotor exercises on learning abilities. ICERI2018 Proceedings, 10511–10518.
Stephens-Sarlós, E., Stephens, P., & Szabo, A. (2024). The Efficacy of the Sensorimotor Training Program on Sensorimotor Development, Auditory and Visual Skills of Schoolchildren Aged 5--8 Years. Child \& Youth Care Forum, 1–30.
Vidal, F., Meckler, C., & Hasbroucq, T. (2015). Basics for sensorimotor information processing: some implications for learning. Frontiers in Psychology, 6, 33.
Winter, L., Huang, Q., Sertic, J. V. L., & Konczak, J. (2022). The effectiveness of proprioceptive training for improving motor performance and motor dysfunction: a systematic review. Frontiers in Rehabilitation Sciences, 3, 830166.
Xie, L. (2024). Neuroplasticity the Brain’s Remarkable Ability to Adapt and Change. Health Science Journal, 18(4), 1–3.
Zemková, E. (2022). Cognition and Motion: Sensory Processing and Motor Skill Performance in Athletic Training and Rehabilitation. In Applied Sciences (Vol. 12, Issue 20, p. 10345). MDPI.
Published
2024-11-14
How to Cite
Muhammad Ivan Miftahul Aziz, & Andi Sahrul Jahrir. (2024). Pengaruh Latihan Sensori-Motor Terhadap Peningkatan Kemampuan Konsentrasi Atlet Sepakbola Universitas Negeri Makassar. Journal Physical Health Recreation (JPHR), 5(1), 162-170. https://doi.org/10.55081/jphr.v5i1.3163