Minat Belajar Siswa Tuna Rungu Dalam Pembelajaran Penjas Di SLB Negeri 1 Makassar
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuia minat belajar siswa tuna rungu dalam pembelajaran penjas di SLB negeri 1 Makassar penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SLB Negeri 1 Makassar dengan menggunakan metode total sampling. Variabel penelitiannya yaitu variabel tunggal dengan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, angket dan dokumentasi, hasil penelitian daoat dilihat dari 3 indikator : 1. Perhatian 40% dalam kategori sedang 2. Ketertarikan 30% kategori sedang, dan 3. Partisipasi Aktif 30% kategori Sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa minat siswa tuna rungu SLB Negeri 1 Makassar dalam Kategori sedang
Downloads
References
Dermawan, O. (2013). Strategi pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus di slb. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 886–897.
Hurlock, E. B. (1997). Psikologi perkembangan: suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan.
Imawati, V., & Maulana, A. (2021). Minat Belajar Siswa dalam Mengikuti Proses Pembelajaran PJOK. Patria Eduacational Journal (PEJ), 1(1), 87–93.
Kasi, R. (2023). Pembelajaran Aktif: Mendorong Partisipasi Siswa.
Lubis, R. F. (2019). Kemampuan Guru Menarik Perhatian Siswa dalam Proses Pembelajaran. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 16(1), 152–175.
Syafrial, S., & Nopiyanto, Y. E. (2023). Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Siswa Tunarungu. Jambura Journal of Sports Coaching, 5(1), 62–71.
Syarifuddin, A., & others. (2011). Penerapan model pembelajaran cooperative belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 16(01), 113–136.