Analisis Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Polewali
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi siswa terhadap hasil belajar dalam mata pelajaran pendidikan jasmani, dengan fokus pada seberapa besar kontribusi motivasi terhadap variasi pencapaian akademik siswa dalam konteks pendidikan jasmani. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan analisis deskriptif korelasi, yang bertujuan untuk menguji signifikansi hubungan antara variabel motivasi sebagai variabel independen dan hasil belajar sebagai variabel dependen. Subjek penelitian terdiri dari 30 siswa yang dipilih secara acak, sehingga memberikan representasi yang cukup untuk menganalisis hubungan tersebut. Adapun instrument penelitian yang digunakanadalah analisis deskriptif, analisis normalitas, analisis linearitas, analisis pengkategorian, dan analisis regresi dengan tingkat kebenaran 95% dengan bantuan aplikasi SPSS versi 24,00. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki tingkat motivasi yang tergolong baik hingga sangat baik, di mana 73,3% dari siswa berada dalam kategori tersebut, sementara dalam hal hasil belajar pendidikan jasmani, sebanyak 83,3% siswa menunjukkan kinerja yang baik hingga sangat baik. Dengan demikian, penelitian ini dismpulkan bahwa motivasi memainkan peran penting dan signifikan dalam mempengaruhi hasil belajar pendidikan jasmani pada siswa kelas IX SMP Negeri 3 Polewali, dan berada pada kategori baik sebesr 72,4%.
Downloads
References
Bloom, B. S. (1976). Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals. Longman.
Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2013). Research Methods in Education. Routledge.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications.
Deci, E. L., & Ryan, R. M. (1985). Intrinsic Motivation and Self-Determination in Human Behavior. Plenum.
Dweck, C. S. (2006). Mindset: The New Psychology of Success. Random House.
Field, A. (2013). Discovering Statistics Using IBM SPSS Statistics. SAGE Publications.
Fraenkel, J. R., & Wallen, N. E. (2009). How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill.
Julyanti, E., Rahma, I. F., Chanda, O. D., & Nisah, H. (2021). Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 7(1), 7–11.
Miller, R. (2016). Exploring the Relationship between Peer Influence and Student Motivation in Middle School Physical Education. Physical Educator, 73(3), 467-482.
Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di Indonesia abad 21. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), 422–438.
Pintrich, P. R., & Schunk, D. H. (2002). Motivation in Education: Theory, Research, and Applications. Merrill/Prentice Hall.
Ramdani, R. F., Herlambang, A. D., Falhadi, M. M., Fadilah, M. Z., Turnip, C. E. L., & Mulyana, A. (2024). Membangun Kesejahteraan Pikiran untuk Kesehatan Mental Melalui Gaya Hidup Sehat dan Olahraga. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 2928–2936.
Santoso, I., & Madiistriyatno, H. (2021). Metodologi penelitian kuantitatif. Indigo Media.
Santrock, J. W. (2011). Educational Psychology. McGraw-Hill.
Schunk, D. H. (2012). Learning Theories: An Educational Perspective. Pearson.
Suherman, A. (2009). Pengembangan model pembelajaran outdoor education pendidikan jasmani berbasis kompetensi di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian, 9(1), 1–16.
Yani, A. (2021). Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani. Ahlimedia Book.
Zarins, J., & Znotins, I. (2017). The Impact of Physical Education on Students’ Social Skills and Performance. Journal of Physical Education and Sport, 17(3), 1062-1067.