Peningkatan Hasil Belajar Guling Depan Melalui Metode Resiprokal dan Permainan Ular Tangga di Sekolah Dasar

  • Alwi Fahruzy Nasution Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
  • Arief Rahman Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
  • Fatin Nadifa Tarigan Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
  • Aulia Ramadanisti Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
Keywords: senam lantai guling depan, metode resiprokal, ular tangga

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurang efektifnya penggunaan metode belajar  dalam pembelajaran senam lantai guling depan. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar dalam mengikuti pembelajaran senam lantai guling depan melalui permainan ular tangga dan metode mengajar resiprokal pada siswa kelas V SD Negeri 106830 Sidodadi Ramunia. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), menggunakan desain pembelajaran model Kurt Lewin terdiri dari II Siklus : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Kemudian dilakukan tes ujuk kerja pada tiap-tiap siklus, pengamatan terhadap proses pembelajaran selama kegiatan penelitian berlangsung yang dilaksanakan mulai tanggal 01 Agustus sampai 31 Agustus 2023. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas V yang berjumlah 60 siswa, dan sample berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran senam lantai guling depan melalui permainan ular tangga dan metode resiprokal di kelas V berdampak positif, hal ini terlihat pada hasil ketuntasan belajar siswa melebihi KKM yang telah ditetapkan yaitu 75 mengalami peningkatan yaitu pada siklus I ketuntasan belajar siswa mencapai KKM yakni 22 orang atau sebanyak 73,33%, sedangkan siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai KKM ada 27 orang yaitu sebanyak 90%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adang suherman, (2014). Pendidikan jasmani dan kesehatan. Jakarta : Proyek Pembina Tenaga Kependidikan Dirjen Dikti Dikti Depdikbud.
Agus Mahendra. (2014). Pembelajaran Senam di Sekolah Dasar. Jakarta : Dapartemen Pendidikan Nasional.
Mosston (2014:65) Pengaruh metode mengajar resiprokal terhadap peningkatan keterampilan gerak dasar dan kemampuan memecahkan masalah dalam pembelajaran pendidikan jasmani, Bandung.
Nasution, A. F., & Tarigan, F. N. (2021). Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani Pada Mahasiswa Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 1(1), 27-41.
Nasution, A. F., Tarigan, F. N., & Tanjung, Y. T. (2022). Traditional Games In Improving Learning Outcomes Of Squat Style Long Jump In Elementary School Students. Journal Physical Education, Health and Recreation, 7(1), 14-19.
Seaton, D. O. (2011). Physical Education Hand Book, Englewood. Cliffs. N 6th.
Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian. Yogyakarta : BPFE.
Suharismi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Sukinanta. (2017). Permainan dan Metodik. Jakarta : Proyek Pengadaan Buku Pendidikan Guru Olahraga.
Sukinanta.(2015). Teori bermain untuk PGSD. Jakarta : Dikdasmen.
Published
2024-08-19
How to Cite
Alwi Fahruzy Nasution, Arief Rahman, Fatin Nadifa Tarigan, & Aulia Ramadanisti. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Guling Depan Melalui Metode Resiprokal dan Permainan Ular Tangga di Sekolah Dasar. Journal Physical Health Recreation (JPHR), 5(1), 1-9. https://doi.org/10.55081/jphr.v5i1.2629