Hubungan Kebugaran Jasmani Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Pampangan
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena belum adanya data tentang hubungan kebugaran jasmani terhadap motivasi belajar siswa SMA Negeri 1 Pampangan. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kebugaran jasmani terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMA 1 Pampangan Kab.OKI Provinsi Sumatra Selatan tahun 2023. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptip kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 1 Pampangan yang berjumlah 61 siswa yang terdiri dari 23 Laki-laki dan 37 Perempuan. Metode dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan pengukuran. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kebugaran jasmani menggunakan instrument tes (TKJI) 2015. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan standar norma tes TKJI usia 14-15 Tahun untuk mengukur kebugaran jasmani siswa. Hasli penelitian ini menunjukan bahwa tingkat kebugaran jasmani siswa kelas X SMA Negeri 1 Pampangan dengan rata-rata 13,76 dan Motivasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pampangan 15,39 Provinsi Sumatra Selatan Tahun 2023 pada interval 13-15 Tahun dilihat dari norma tes TKJI siswa 14-15 tahun dan di ketahui tingkat kebugaran jasmani dan motivasi siswa SMA Negeri 1 Pampangan termasuk katogori baik.
Downloads
References
Adi, S., Supriyadi, M. K., & Masgumela, N. K. (2020). Model-model Execise dan aktivitas fisik untuk kebugaran jasmani anak SD.
Dewi, Utami. (2016). Hubungan Kesegaran Jasmani Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Olahraga. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=hubungan+kesegaran+jasmani+dengan+hasil+belajar+pendidikan+jasmani&btnG=#d=gs_qabs&t=1678163234595&u=%23p%3DrSGi9crS0VkJ
Gusril. (2016). Penelitian Pengembangan dalam Ilmu Keolahragaan. Padang: Prenada Media.
Harsono. (2019). Dinamika Psikologis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ismoko, A. P. (2018). HUBUNGAN ANTARA KEBUGARAN JASMANI DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI DI SMP NEGERI 2 PUNGGELAN. Jurnal Pendidikan Jasmani, https://core.ac.uk/reader/267087130.
Komarudin. (2013). Psikologi Olahraga. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kristina, H. S. (2019). DASAR-DASAR ATLETIK DAN LATIHAN FISIK MENUJU PRESTASI TINGGI.
Kusyandi, A., Murniviyanti, L., & Rizhardi, R. (2021). Perbedaan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa. Jolma, 1(1), 1. https://doi.org/10.31851/jolma.v1i1.5365
Nasrulloh, A., Apriyanto, K. D., & Prasetyo, Y. (2021). Pengukuran dan Metode Latihan Kebugaran (Issue December 2021).
Sepriadi, S., Zalfendi, Z., & Mardayanti, M. (2018). Perbedaan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas Unggul Dan Kelas Reguler Di Sekolah (Abduh, I., Humaedi, H.,& Agusman, M, 2020)Menengah Pertama Negeri 4 Kota Pariaman. Sporta Saintika, 3(1), 400. https://doi.org/10.24036/sporta.v3i1.60
Riadi, Muchlisin. (2020). Pengertian dan Jenis-jenis Variabel Penelitian. Diakses pada 8/19/2022,
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wiarto, G. (2013). Fisiologi Dan Olahraga. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Widiastuti. (2015). Tes dan Pengukuran Olahraga. Depok: PT. Raja Grafindo.
Zery & Kamal. (2020). Hubungan Tingkat Kebugaran Jasmani dan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan. Jurnal PendidikanDanOlahraga, http://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/view/609/185.
							
							.png)






