Tingkat Kebugaran Jasmani (Physical Fitnes) Siswa SD Di Kecamatan Simpang Oku Selatan

  • Ade Alfaraby FKIP Universitas PGRI Palembang
  • Putri Cicilia Kristina Universitas PGRI Palembang
  • Ilham Arvan Junaidi Universitas PGRI Palembang
Keywords: tingkat kebugaran jasmani, pandemi covid

Abstract

Masalah dalam penelitian ini di latar belakangi belum di ketahuinya tingkat kebugaran jasmani siswa SD di Kecamatan Simpang OKU Selatan pasca pandemic covid. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel tunggal yaitu tingkat kebugaran jasmani. Populasi yang di gunakan dalam penelitian ini terdiri dari 157 orang siswa. Sedangkan sampel sebanyak 76 orang diambil dengan teknik cluster.  Penelitian ini menggunakan tes tingkat kebugaran jasmani Indonesia (TKJI) anak usia 10-12 tahun dan metode pada penelitian in menngunakan metode survei Berdasar dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kebugaran siswa SDN 2 Simpang 0 siswa (0%) dengan kategori sangat baik, 0 siswa (0%) dengan kategori baik, 4 siswa (11,90%) dengan kategori sedang, 8 siswa (25,80%) dengan kategori kurang, 19 siswa (61,30%) dengan kategori kurang sekali, kebugaran siswa SDN 3 simpang 0 siswa (0%) dengan kategori sangat baik, 0 siswa (0%) dengan kategori baik, 2 siswa (10,52%) dengan kategori sedang, 4 siswa (21,06%) dengan kategori kurang, 13 siswa (68,42%) dengan kategori kurang sekali, SDN 5 Simpang 0 siswa (0%) dengan kategori sangat baik, 0 siswa (0%) dengan kategori baik, 3 siswa (11,54%) dengan kategori sedang, 7 siswa (26,92%) dengan kategori kurang, 16 siswa (61,54%) dengan kategori kurang sekali.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Drenowatz, C., Hinterkorner, F., & Greier, K. (2021). Physical Fitness and Motor Competence in Upper Austrian Elementary School Children-— Study Protocol and Preliminary Findings of a State Wide Fitness Testing Program. Frontiers in Sport and Active Living, 3(2).
Hidayat, I., Junaidi , I. A., & Kumbara, H. (2023). Efektifitas Hasil Belajar Passing Bawah Permainan Bola Voli dengan Metode Example non Example. Jurnal on Education, 5(3).
Karo, A. A. P. K., Sari, I. E. P., Hidayat, D. A., & Sari, L. P. (2021). PERTUMBUHAN PERKEMBANGAN BELAJAR GERAK. Bina Guna Press, 1-115.
Mustafa, P. S. (2022). Peran Pendidikan Jasmani untuk Mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasional. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(9).
Prastyawan, R. R., & Pulungan, K. A. (2022). Signifikasi Kebugaran Jasmani Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 18(2).
Rohmah, L., & Muhammad, H. N. (2021). Tingkat Kebugaran Jasmani dan Aktivitas Fisik Siswa Sekolah. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 9(1).
Siregar, Y. I. (2010). Peranan Kebugaran Jasmani dalam Meningkatkan Kinerja. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16.
Sudarsinah. (2021). Pentingnya Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Bagi Anak Usia Sekolah Dasar. Elementa, 3(3).
Wilana, A. B., Kumbara, H., & Disurya, R. (2023). Metode Picture and Picture Dalam Proses Belajar Keterampilan Psikomotor Lari Jarak Pendek. Jurnal Dunia Pendidikan, 3(3).
Yuliana, A., & Sugiharto. (2019). Survei Tes Tingkat Kebugaran Jasmani Atlet SSB Putra Tugumuda Semarang Usia 14 Tahun. Journal of Sciences and Fitness, 5(1).
Published
2023-11-30
How to Cite
Ade Alfaraby, Putri Cicilia Kristina, & Ilham Arvan Junaidi. (2023). Tingkat Kebugaran Jasmani (Physical Fitnes) Siswa SD Di Kecamatan Simpang Oku Selatan. Journal Physical Health Recreation (JPHR), 4(1), 249-255. https://doi.org/10.55081/jphr.v4i1.1610