Analisis Praktik Program Unit Kesehatan Sekolah (UKS) dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

  • Farhan Nurhadi Bajri Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Asep Suherman Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Akhmad Dimyati Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Irfan Zinat Achmad Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Perilaku Hidup, Kesehatan, Sekolah

Abstract

Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) adalah sekumpulan perilaku yang dipraktikkan atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran yang menjadikan sesorangmenolong dirinya sendiri (mandiri) di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakat, oleh karena itu kajian tentang Analisis Praktik Program Unit Kesehatan Sekolah (UKS) dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat perlu dilakukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dengan teknik pengumpulan data menggunakan literature review adalah dengan mengumpulkan berbagai referensi yang berkaitan dengan topik masalah penelitian menggunakan database google scholar, berdasarkan 5 artikel yang diterbitkan antara tahun 2015 sampai 2022. Berdasarkan hasil analisis dari beberapa artikel yang telah di riview yang berkaitan dengan Analisi Praktik Program Unit Kesehatan Sekolah (UKS) dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat menunjukan bahwa sebagian siswa sudah memahami tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang dapat dilihat dari beberapa hasil penelitian sebelumnya mendapatkan hasil dengan kategori ”baik” dan sudah paham tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta sebagian besar sudah melakukannya dengan benar dan secara alamiah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afdinda, R., Saputra, E., & Iqroni, D. (2021). KONTRIBUSI POLA HIDUP SEHAT DAN CIRCUIT TRAINING TERHADAP KEBUGARAN JASMANI. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan Indonesia, 1(2 SE-Articles). https://doi.org/10.55081/joki.v1i2.311

Andri, E., & Talindong, A. (2022). PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT SISWA SISWI SEKOLAH DASAR NEGERI NUNU DI KECAMATAN SARUDU KABUPATEN MAMUJU UTARA PROVINSISULAWESI BARAT. Jurnal Ilmiah Kesmas-IJ, 22(1), 24–31.

Anggraeni, R., Feisha, A. L., Muflihah, T., Muthmainnah, F., Syaifuddin, M. A. R., Aulyah, W. S. N., Pratiwi, I. R., Sultan, S. H., Wahyu, A., & Rachmat, M. (2022). Edukasi perilaku hidup bersih dan sehat untuk meningkatkan pengetahuan murid sekolah dasar. PROMOTIF: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 65–75.

Aryadana, F. W., & Supriyono, S. (2022). Identifikasi dan Penanganan Cedera pada Pembelajaran Penjasorkes Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Tengaran. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 3(1), 106–112.

Dimyati, A. (2018). Identifikasi Cedera Dan Penanganan Cedera Saat Pembelajaran Penjasorkes Di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Telaga Sari. Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment), 1(1), 1–6.

Endiyono, E., & Lutfiasari, A. (2016). Pendidikan kesehatan pertolongan pertama berpengaruh terhadap tingkat pengetahuan dan praktek guru dalam penanganan cedera pada siswa di sekolah dasar. MEDISAINS, 14(1).

Ernawati, L. S. (2017). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU HIDUP BERSIHDAN SEHAT SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Keperawatan Vol, 7(1).

Imtikhani1, L., Arrazi2, R. M., & Muhammad, D. A. A. (2020). Peran pendampingan belajar blended learning di masa pandemi covid-19 untuk siswa sekolah dasar.

Katiandagho, D., & Soenjono, S. J. (2021). Kegiatan Unit Kesehatan Sekolah Dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Tatanan Sekolah Di SMA Negeri 1 Manganitu Kabupaten Kepulauan Sangihe. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 11(1), 48–57.

Keliat, P., Lubis, A. E., & Helmi, B. (2019). PROFIL TINGKAT KEBUGARAN JASMANI DAN KECUKUPAN GIZI. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan, 7(2 SE-Articles). https://doi.org/10.55081/jsbg.v7i2.12

Khadavi, M. R., & Ulfah, W. A. (2019). WORKSHOP PELATIHAN PENCEGAHAN DAN PERAWATAN CIDERA (PPC) GURU PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH DASAR KECAMATAN GERUNGGANG KOTA PANGKALPINANG. AL-QUWWAH: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(1), 1–25.

Lubis, A. E., Nugroho, A., Almunawar, A., & Syaleh, M. (2020). SURVEI JENIS GANGGUAN DAN KECELAKAAN FISIK PADA PEMBELAJARAN PENJASKES DI SEKOLAH. PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN, 3(1), 670–675.

Nova, A., & Sinulingga, A. R. (2021). ANALISIS KEBIJAKAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH DASAR NEGERI PERUMNAS KOTA LANGSA. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan, 9(1 SE-Articles). https://doi.org/10.55081/jsbg.v9i1.255

Paryanto, L. H. (2017). PERBEDAAN PERSEPSI PENCEGAHAN DAN PERAWATAN CEDERA SAAT PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN ANTARA SISWA SEKOLAH DASAR DI KOTA DAN DI DESA KABUPATEN KLATEN. PGSD Penjaskes, 6(8).

Prasetyo, M. A., & Winarno, M. E. (2019). Hubungan Status Gizi Dan Aktivitas Fisik Dengan Tingkat Kebugaran Jasmani Pada Siswa SMP. Sport Science and Health, 1(3), 198–207.

Santos, H. A. Dos, & Hudain, A. (2020). EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN UNTUK PENGEMBANGAN KEBUGARAN JASMANI. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan Indonesia, 1(1 SE-Articles). https://doi.org/10.55081/joki.v1i1.298

Santoso, Y. (2022). Hubungan Tingkat Pengetahuan, Sarana Prasarana Dan Peran Guru Terhadap Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di SDN Mekarjaya 7 Depok Tahun 2021: Relationship Between Knowledge Level, Infrastructure and Teachers’ Role on Clean and Healthy Behavior in Public Elementary Schools Mekarjaya 7 in Depok in 2021. Indonesian Scholar Journal of Medical and Health Science, 2(02), 565–573.

Saputra, M. F., Awaluddin, A., Rusli, K., & Ismail, A. (2021). PROFIL KEBUGARAN JASMANI SISWA PASCA PANDEMI. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan Indonesia (JOKI), 2(1 SE-Articles). https://doi.org/10.55081/joki.v2i1.546

Sari, A. S., & Saputro, Y. A. (2018). PERSEPSI PENCEGAHAN DAN PERAWATAN CEDERA TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA KESEHATAN SISWA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 1(1), 15–22.

Setiawan, F. E., Luhurningtyas, F. P., & Sofia, A. (2022). KORELASI STATUS GIZI DAN AKTIVITAS FISIK DENGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI MAHASISWA. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan Indonesia (JOKI), 2(2). https://doi.org/10.55081/joki.v2i2.537

Published
2022-12-31
How to Cite
Farhan Nurhadi Bajri, Asep Suherman, Akhmad Dimyati, & Irfan Zinat Achmad. (2022). Analisis Praktik Program Unit Kesehatan Sekolah (UKS) dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Jurnal Olahraga Dan Kesehatan Indonesia (JOKI), 3(1), 59-65. https://doi.org/10.55081/joki.v3i1.749