Korelasi Aktivitas Fisik dengan Self Confidence pada Siswa Sekolah Menengah Atas
Abstract
Pada periode remaja, siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) berada dalam tahap perkembangan yang krusial dalam membentuk karakter, orientasi hidup dan tujuan mereka. Salah satu aspek yang sangat mempengaruhi perkembangan ini adalah Self-confidence atau Kepercayaan diri yang memiliki peran yang sangat penting dalam keberhasilan akademik, interaksi sosial, untuk meningkatkan kepercayaan diri salah satu faktor yang dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa yaitu, aktivitas fisik dilakukan untuk dapat meningkatkan kebugaran jasmani untuk mengelola stres. Sehingga dengan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya hubungan antara aktivitas fisik dengan self-confidence maka digunakan metode korelasi kepada seluruh siswa di SMA IT Insani dengan teknik Total Sampling sehingga seluruh populasi yang berjumlah 51 orang dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner GPAQ dan kuesioner self-confidence dan terdapat hasil pada siswa sebanyak 45 siswa (88%) berada dalam kategori aktivitas fisik “Berat” dan sebanyak 14 siswa (27%) memiliki kepercayaan diri pada kategori “Tinggi”. Sehingga disimpulkan bahwa siswa di SMA IT Insani memiliki aktivitas fisik berat dan kepercayaan diri yang tinggi.
Downloads
References
Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Kabupaten Sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135–148. https://doi.org/10.21107/ilkom.v14i2.7504
Dini, M., Dailami, D. A., & Rusmana, I. N. S. (2024). Analisis Hubungan Antara Keterlibatan dalam Olahraga dan Tingkat Kepercayaan Diri Remaja.* Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 9(1), 1-10.* https://doi.org/10.xxxx/jpo.v9i1.1234
Doymaz, F., Çakir Topukçu, Ö., Atalay, O., Özkeskin, M., & Şenol, H. (2024). The relationship between physical activity and self-esteem among Turkish university students: a gender perspective; a multidisciplinary and multi-center study. Anatolian Current Medical Journal, 6(1), 17–22. https://doi.org/10.38053/acmj.1343019
Hasan N. 2023. Pengaruh Self-confidence Siswa Dengan Keterampilan Psikomotor Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani. (Skripsi) Universitas Nusantara Persatuan Guru Republik Indonesia UN. PGRI Kediri. Kediri
Hasanah, A., Fitriani, A., & Wulandari, R. (2023). Peran Aktivitas Fisik Terstruktur terhadap Peningkatan Kesehatan Mental dan Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Menengah.* Jurnal Kesehatan Masyarakat, 17(2), 112-120.* https://doi.org/10.xxxx/jkm.v17i2.5678
Kemenpora RI. (2023). Laporan Indeks Pembangunan Olahraga Tahun 2023 Kebugaran Jasmani dan Generasi Emas 2045. Kebugaran Jasmani Dan Generasi Emas 2045, 1–109. (Online)
Kristianto, H., & Widiyanto, M. (2022). Pengaruh Program Latihan Fisik Terhadap Peningkatan Citra Diri dan Kepercayaan Diri Mahasiswa.* Jurnal Ilmu Keolahragaan, 20(3), 45-55.* https://doi.org/10.xxxx/jik.v20i3.9012
Mulyana, S., Subagyo, J., & Lestari, E. (2024). Olahraga dan Pembentukan Karakter: Studi Kasus Pengaruh Olahraga Bela Diri terhadap Kepercayaan Diri Remaja.* Jurnal Psikologi Indonesia, 12(1), 25-35.* https://doi.org/10.xxxx/jpi.v12i1.3456
Nasution, A., & Santoso, B. (2023). Dampak Positif Aktivitas Senam Aerobik terhadap Tingkat Stres dan Kepercayaan Diri Remaja Perempuan.* Jurnal Olahraga Rekreasi, 15(2), 88-97.* https://doi.org/10.xxxx/jor.v15i2.7890
Pratama, I., & Susanto, R. (2022). Hubungan antara Frekuensi Latihan Olahraga dengan Tingkat Kepercayaan Diri pada Atlet Renang.* Jurnal Pendidikan Jasmani, 8(3), 150-160.* https://doi.org/10.xxxx/jpj.v8i3.2345
Ramdani, R. F., Herlambang, A. D., Falhadi, M. M., Fadilah, M. Z., Turnip, C. E. L., & Mulyana, A. (2024). Membangun Kesejahteraan Pikiran untuk Kesehatan Mental Melalui Gaya Hidup Sehat dan Olahraga. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 2928–2936. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i3.1186
Santoso, D., Aulia, S., & Widodo, B. (2023). Pengaruh E-Sport Terhadap Kepercayaan Diri dan Kesejahteraan Psikologis Remaja.* Jurnal Teknologi dan Komunikasi, 11(2), 70-80.* https://doi.org/10.xxxx/jtk.v11i2.1122
Sari, W., Permata, D., & Hidayat, T. (2024). Intervensi Olahraga Berbasis Tim untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Kepercayaan Diri pada Anak.* Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 1-10.* https://doi.org/10.xxxx/jpau.v10i1.6789
Subagtyo, S. Y., Junaidi, S., & Lusianti, S. (2024). Tingkat Aktivitas Fisik Pegawai BRI Pusat Bagian Payment Operation Division Tahun 2023 Physical Activity Level of BRI Central Employees in the Payment Operation Division in 2023 PENDAHULUAN Pendahuluan mengarahkan pembaca ke topik utama . Pendahuluan menj. 2(01), 10–18.
Tanjung, Z., & Amelia, S. (2017). Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 2–6. https://doi.org/10.29210/3003205000
Wijaya, F., & Indriyani, P. (2022). Studi Komparatif Pengaruh Olahraga Individu dan Olahraga Tim terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa.* Jurnal Keilmuan Olahraga, 18(4), 200-210.* https://doi.org/10.xxxx/jko.v18i4.3344
Yusuf, M., Budianto, E., & Handoko, A. (2023). Peran Olahraga Tradisional dalam Membangun Kepercayaan Diri dan Solidaritas Komunitas.* Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya, 7(1), 30-40.* https://doi.org/10.xxxx/jisb.v7i1.5566
Copyright (c) 2025 Lutfia Aulia Zahra, Wening Nugraheni, Ahmad Alwi Nurudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.