Pengembangan Buku Sejarah Sepak Bola Di Indonesia untuk Siswa Sekolah Dasar

  • Muhammad Farhan Universitas Karimun, Kepulauan Riau, Indonesia
  • Anggri Dwi Nata Universitas Karimun, Kepulauan Riau, Indonesia
  • Hari Adi Rahmad Universitas Karimun, Kepulauan Riau, Indonesia
  • Rahmat Sanusi Universitas Karimun, Kepulauan Riau, Indonesia
Keywords: Buku, Sejarah, Sepak Bola, Indonesia, Siswa, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk yaitu buku sejarah sepak bola di Indonesia untuk siswa SD. Buku ini dapat berfungsi sebagai media untuk memperkuat pemahaman untuk siswa SD dalam memahami sejarah sepak bola di Indonesia. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada 5 langkah yang dikembangkan oleh ADDIE melalui tahapan yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Populasi dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 19 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Instrumen berupa angket atau lembar kuesioner. Teknik analisis menggunakan Skala Likert sebagai skala skor penilaian, dan nilai rata-rata untuk kriteria validasi menggunakan persentase skor penilaian. Hasil validasi dari ahli materi mendapatkan skor 94% dengan keterangan sangat baik. Hasil validasi dari ahli media mendapatkan skor 89% dengan keterangan sangat baik. Hasil respons guru memperoleh nilai 94% dengan keterangan sangat baik. Berdasarkan Hasil uji T terhadap hubungan antara Pre-Test dan Post-Test menunjukkan nilai T hitung 11,27533, karena nilai T hitung lebih besar daripada nilai t tabel (1.734).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anita, Y., Thahir, A., Anita, K., Suherman, & Rahmawati, N. D. (2021). Buku Saku Digital Berbasis STEM: Pengembangan Media Pembelajaran terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 401–412. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.672

Apriliyanto, M. A., Royana, I. F., & Pratama, D. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Teknik Dasar Sepakbola Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1(1), 34–44.

Dwi, S. (2013). Pengantar Ilmu Sejarah. Jurnal Ilmu Sejarah Dan Kebudayaan, 70–82.

H.Emral. (2016). Sepak Bola Dasar (sari jumiatti & Mario, Ed.; 1st ed.). sukabina press.

Nata, A. D. (2024). Development Of A Balanced Learning Model For Physical Education Students. 7(02).

Nopriansyah, M. A., Manullang, J. G. M., & Lubis, P. H. M. (2024). Pengembangan Modul Permainan Sepak Bola Berbasis Latihan Shooting Di Kelas VII SMP N 39 Palembang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 5619–5628.

Panas, Y. P., Tapo, Y. B. O., & Bile, R. L. (2023). Pengembangan Alat Belajar Pasing Sepak Bola Menggunakan Modifikasi Bola Plastik Sebagai Sarana Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Citra Olahraga, 3(1), 28–39.

Poerwantana, H. &. (1992). Pengantar Ilmu Sejarah (2nd ed.). PT Rineka Cipta.

Regen, P., Suhairi, M., & Hardika, N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Sepakbola Siswa Sekolah Dasar Berbasis Short Book Learning. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9), 10599–10607.

Sa’adah, A. M., & Rofiq, M. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Audio Visual Menggunakan Animasi Dan Film Kartun Dengan Aplikasi Filmora Pada Materi Interaksi Sosial Kelas 3 MI/SD. Ibtida’i: Jurnal Kependidikan Dasar, 10(2), 155–173.

Sahran, Rahmad, H. A., & Sanusi, R. (2019). Kontribusi Kelenturan Pinggang Terhadap Kemampuan Dribbling Dalam Permaianan Sepak Bola. Jurnal Online Mahasiwa Pendidikan Jasmanai Kesehatan Dan Rekreasi, 1(1).

Subagio, N. F., & Soegiyanto, K. S. (2015). Pengembangan Penilaian Kinerja Pembelajaran Permainan Sepak Bola Di Sekolah Dasar Kelas V Kecamatan Kalirejo Lampung Tengah. Journal of Physical Education and Sports, 4(2).

Sugiyono. (2022). metode penelitian kuntitatif, kualitatif ,R&D (2nd ed.). alfabeta.

Syahrizaldy, A., Subandowo, M., & Karyono, H. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Blended Learning Melalui Website Canva Mata Pelajaran Penjaskesorkes. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(1), 41–50.

Toha Anggoro&Durri Andriani. (2010). metode penelitian (Suparmi, Ed.; 1st ed.). universitas terbuka.

Ulumudin, I., Mahdiansyah, & Joko, B. S. (2017). Kelengkapan dan Kelayakan Buku Teks Kurikulum 2013.

Utama, N. P., Wahyuri, A. S., Erianti, E., & Handayani, S. G. (2022). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Materi Sepak Bola untuk Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Ranah Pesisir. Jurnal JPDO, 5(6), 83–88.

Yame, J. A. L., Subroto, W. T., & Suprijono, A. (2022). Pengembangan Buku Teks Berbasis Budaya Lokal (Lego-Lego) Sebagai Sumber Belajar IPS Untuk Pengutan Pendidikan Karakter Siswa di Sekolah Dasar. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 773–780.

Published
2024-12-31
How to Cite
Muhammad Farhan, Anggri Dwi Nata, Hari Adi Rahmad, & Rahmat Sanusi. (2024). Pengembangan Buku Sejarah Sepak Bola Di Indonesia untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan Indonesia, 5(1), 53-62. https://doi.org/10.55081/joki.v5i1.3722