Minat Peserta Didik Perempuan pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Di Sekolah Menengah Atas
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan saat penulis melaksanakan tugas PPL 1 saat mengikuti program PPG calon Guru gelombang ke 2 tahun 2024 universitas PGRI Semarang, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat peserta didik Perempuan dalam mengikuti pelajaran PJOK di SMA Negeri 6 Semarang. jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan populasi peserta didik atau siswa Perempuan kelas X SMA Negeri 6 Semarang dengan sampel penelitian terdiri dari 37 peserta didik. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian adalah menggunakan angket, Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dengan menggunakan Microsoft Excel. Dari analisis data hasil yang diperoleh: 12 peserta Didik (32,4%) kategori Sangat tinggi, sebanyak 15 Peserta Didik (40,5%) kategori Tinggi, 8 Peserta Didik (21,6%) kategori Sedang, 2 Peserta Didik (5,4%) kategori Rendah, dan tidak ada Peserta didik yang masuk dalam kategori sangat rendah. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa minat peserta didik Perempuan dalam pembelajaran PJOK kelas X (sepuluh ) SMA Negeri 6 Semarang masuk dalam kategori Tinggi.
Downloads
References
Bangkit Moneta, A., & Kristiyandaru, A. (2022). Penerapan Video Tiktok Berbasis E-Scaffolding Prosedural Dalam Materi Senam Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pjok Di Smk Dharma Wanita Gresik. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(9), 1605–1616. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i9.215
Dupri, D. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Gender Terhadap Kepedulian Sosial Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Edusentris, 2(1), 22. https://doi.org/10.17509/edusentris.v2i1.157
Firmansyah, G., Adi, S., & Nova, A. (2024). Motivasi belajar peserta didik tingkat sekolah menengah atas pada mata pelajaran PJOK : sebuah analisis pada konteks Kurikulum Merdeka Belajar Learning motivation of senior high school students in PJOK subjects : An analysis in the context of the Merdeka . 4, 50–62.
Habe, H., & Ahiruddin, A. (2017). Sistem Pendidikan Nasional. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 2(1), 39–45. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48
Imawati, V., & Maulana, A. (2021). Minat Belajar Siswa dalam Mengikuti Proses Pembelajaran PJOK. Patria Eduacational Journal (PEJ), 1(1), 87–93. https://doi.org/10.28926/pej.v1i1.439
Prayogi, D. R., Purnamaningsih, I. R., & Dimyati, A. (2022). Survei Minat Belajar PJOK pada Masa Pandemi dengan Model Blended Learning di SMAN 1 Rawamerta. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 15904–15912. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/4897
Putri Septiana Dwy Ayu Permatasari1, S. W. (2016). Analisis Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PJOK Ditinjau Dari Gender, Aktivitas Fisik, Dan Status Gizi. 7, 1–23.
Saleh, M. S., & Malinta, S. S. (2020). Survei Minat Belajar Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di SMPN 30 Makassar. Kinestetik, 4(1), 55–62. https://doi.org/10.33369/jk.v4i1.10347
Sutoyo, H. (2024). Perbedaan Gender Dalam Partisipasi Dan Persepsi PJOK Di Siswa SMP Lab UM. 4(5). https://doi.org/10.17977/um065.v4.i10.2024.12
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Copyright (c) 2024 Dyah Ayu Kumala Sari, Agus Wiyanto, Eko Mujiono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.