Perilaku Kesehatan Dan Olahraga Anak Usia Sekolah Dasar Di Daerah Aliran Sungai (DAS)
Abstract
Tingkah laku manusia dalam berinteraksi dengan diri dan lingkungannya dapat memberikan dampak terhadap kesehatan. Lingkungan dalam hal ini diantaranya adalah Daerah Aliran Sungai (DAS) yang memiliki karakteristik berbeda, berhubungan dengan pemanfaatan sungai dan keterjangkauan sarana umum. Permasalahan yang ditemui diantaranya kebersihan diri dan lingkungan. menguraikan perilaku kesehatan anak usia SD di Lingkungan DAS Kahayan. Penelitian menggunakan strategi kualitatif sebagai pendekatan untuk mengeksplorasi dan memahami suatu gejala yaitu perilaku anak. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam didukung dengan observasi. Informan adalah anak usia SD dan Orang Tua di DAS Kahayan. Analisis data bersifat induktif dari teks atau narasi. Hasil penelitian menguraikan perilaku kesehatan anak usia SD di Lingkungan DAS Kahayan berkaitan dengan pemenuhan gizi, hygiene dan sanitasi serta aktivitas fisik. Upaya pemenuhan gizi yang masih kurang adalah konsumsi buah dan sayur. Perilaku higene berupa kebiasaan mencuci tangan namun sebagian besar tidak menggunakan sabun. Aktivitas fisik cukup, dilakukan rata-rata 1 jam sehari berupa bermain bersama di sekitar rumah (sepeda, lari-larian, bermain peran, dan lainnya), sedangkan olahraga jarang dilakukan selain jadwal olahraga di sekolah. Perilaku kesehatan dipengaruhi oleh faktor keluarga dan lingkungan. Perlu dipertimbangkan strategi promosi kesehatan dengan pendekatan keluarga atau budaya.
Downloads
References
Asmawi, M. (2022). Bunga Rampai Desain Besar Olahraga Nasional menuju Indonesia Emas. Jejak Pustaka.
Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. (2019). Laporan Nasional Riskesdas 2018. Lembaga Penerbit Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Badan Perecanaan Pembangunan Kota Palangka Raya. (2019). Profil Kota Palangka Raya Tahun 2018. BAPPEDA Kota Palangka Raya.
Bajri, F. N., Suherman, A., Dimyati, A., Zinat Achmad, I., Jejak, R., Kunci, K., & Hidup, P. (2022). Analisis Praktik Program Unit Kesehatan Sekolah (UKS) dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Jurnal Olahraga Dan Kesehatan Indonesia (JOKI), 3(1), 59–65. https://doi.org/https://doi.org/10.55081/joki.v3i1.749
Fajrin, D. H. (2023). Kontribusi Abdominal Stretching Exercise Terhadap Penurunan Dismenorea Pada Remaja Putri. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan Indonesia (JOKI), 4(1). https://doi.org/10.55081/joki.v4i1.1804
Fatmawati, L., & Aprilyanti, D. R. (2023). Kontribusi Pemberian Susu Kedelai Terhadap Kelancaran Produksi ASI (Air Susu Ibu) Pada Ibu Menyusui. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan Indonesia (JOKI), 4(1). https://doi.org/10.55081/joki.v4i1.1791
Fuady, I., Prasanti, D., & Indriani, S. S. (2020). Penerapan Teori Plan Behavior: Faktor yang Mempengaruhi Niat Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Jurnal Berkala Kesehatan, 6(1), 24–30.
Hasutik, & EkaPutri, N. K. S. (2018). Deskripsi Kebiasaan Jajan Pada Anak Sekolah Dasar Negeri 03 Kragilan, Mojolaban, Sukoharjo. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 9(2), 162. https://doi.org/10.26751/jikk.v9i2.467
Huwaida, Z., Anggraini, F. T., & Firdawati, F. (2022). Hubungan Aktivitas Fisik dengan Kebugaran Jasmani Siswa SDN 13 Sungai Pisang. Jurnal Ilmu Kesehatan Indonesia, 2(4), 243–248. https://doi.org/10.25077/jikesi.v2i4.361
Indah, E. P., Fauzan, L. A., Panggabean, M. A., Maulidan, A. P., Kastaniah, M., Azizah, R., Putra, H. W., & Norliyani, A. (2023). Pengenalan Cabang Olahraga Loncat Indah Pada Masyarakat Bantaran Sungai Teluk Dalam Kota Banjarmasin. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bina Darma, 3(3), 241–254. https://doi.org/10.33557/pengabdian.v3i3.2693
Istiqomah, H., & Suyadi, S. (2019). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Sekolah Dasar Dalam Proses Pembelajaran (Studi Kasus Di Sd Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta). El Midad: Jurnal PGMI, 11(2), 155–168. https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i2.1900
Kemenkes RI. (2018). Laporan Provinsi Kalimantan Tengah Riskesdas 2018. In Kementerian Kesehatan RI.
Maslamah, A., Agustina, N., & Nurozi, A. (2021). Pelatihan Literasi Lingkungan Dan Pengolahan Sampah Plastik Untuk Kerajinan Di SDN Krawitan Yogyakarta. At-Thullab Jurnal, 4(1), 373–382.
Mera Putri Dewi, S, N., & Irdamurni. (2020). Perkembangan Bahasa, Emosi Dan Sosial Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v4i2.562
Milles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, a Methods Sourcebook. In SAGE (Issue 3). https://doi.org/10.7748/ns.30.25.33.s40
Murti, T. (2018). Perkembangan Fisik Motorik dan Perseptual Serta Implikasinya pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Wahana Sekolah Dasar, 26(1), 21–28. https://doi.org/10.17977/um035v26i12018p021
Nashrullah, L., & Nurdian, Y. (2022). Pendampingan Literasi Pengelolaan Sampah pada Anak Di Bondowoso. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 129–142. https://doi.org/https://doi.org/10.31537/dedication.v6i2.757
Pakpahan, M., Siregar, D., Susilawaty, A., Tasnim, Mustar, Ramdany, R., Manurung, E. I., Sianturi, E., Sitanggang, M. R. G. T. Y. F., & M, Maisyarah. (2021). Promosi Kesehatan & Perilaku Kesehatan. In R. Watrianthos (Ed.), Yayasan Kita Menulis. Yayasan Kita Menulis.
Pambudi, P. S., & Hariandi, Moh. S. I. (2018). Identifikasi Bakat Olahraga Renang melalui Perpaduan Seleksi Alamiah dan Ilmiah pada Anak-anak Bantaran Sungai Setail Kabupaten Banyuwangi. Bravo‟s Jurnal, 6(3), 110–116.
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 86 Tahun 2021 Tentang Desain Besar Olahraga Nasional, 2021.
Saleh, A. A. (2018). Pengantar Psikologi. In Penerbit AKsara Timur (Vol. 1). Penerbit Aksara Timur.
Saputra, A., Ibrahim, O., & Triyani, T. (2020). Pola Hidup Masyarakat pada Rumah Terapung (Lanting) dalam Memanfaatkan Sungai Sebagai Sarana MCK di Kawasan Pahandut Seberang RT 05 Kota Palangka Raya. Jurnal Pendidikan Ilmu …, 2020(12), 1–7.
Sidiq, R. S. S., Sulistyani, A., & Achgnes, S. (2021). Modal Sosial Dan Kesejahteraan Masyarakat Daerah Aliran Sungai Di Kabupaten Kampar. Jurnal Education and Development, 9(2), 358–368.
Sinanto, R. A., & Djannah, S. N. (2020). Efektivitas Cuci Tangan Menggunakan Sabun Sebagai Upaya Pencegahan Infeksi : Tinjauan Literatur. Jurnal Kesehatan Karya Husada, 8(2), 19–33. https://doi.org/10.36577/jkkh.v8i2.403
Sofianita, N. I., Meiyetriani, E., & Arini, F. A. (2018). Intervensi Pendidikan Gizi Seimbang terhadap Pengetahuan, Sikap, dan Praktik Anak-Anak Sekolah. Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 14(2), 54. https://doi.org/10.24853/jkk.14.2.54-64
Surijati, K. A., Hapsari, P. W., & Rubai, W. L. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pola Makan Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Banyumas. Nutriology Jurnal: Pangan, Gizi, Kesehatan, 02(01), 95–100.
Ulfa, Z. D., Mikdar, U. Z., Cukei, C., & ... (2022). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Anak-Anak Di Daerah Aliran Sungai Dan Gambut Palangka Raya. JKM (Jurnal …, 9(2), 237–254.
Widayati, A. (2019). Perilaku Kesehatan (Health Behavior): Aplikasi Teori Perilaku untuk Promosi Kesehatan. Sanata dharma University Press.
Yulianti, Reka, Yulifri, Y., Rosmawati, R., & Syahputra, R. (2022). Minat Anak Nagari terhadap Olahraga Voli di Nenagarian Sungai Janiah Kabupaten Solok. JPO, Jurnal Penddikan Dan Olahraga, 5(11), 137–143.
Zahtamal, Z., Chandra, F., Restila, R., & Restuastuti, T. (2020). Defecation Behavior in Elementary School Age Children Who Live Along the Kampar River Riau Province. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 12(2), 87. https://doi.org/10.20473/jkl.v12i2.2020.87-96
Copyright (c) 2024; Zuly Daima Ulfa, Ujen Zenal Mikdar, Nani Setiawati, Wawan Nopardo Andika Saputra.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.