Peningkatan Keterampilan Lompat Jauh Gaya Jongkok Menggunakan Media Tali Rintangan Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama
Abstract
Rendahnya hasil belajar bidang keterampilan lompat jauh jongkok pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 11 Wuluhan menjadi pendorong penelitian ini. Penelitian ini mencoba untuk mengetahui apakah penggunaan tali rintangan yang dimodifikasi dapat meningkatkan kemampuan lompat jauh pada teknik jongkok. Penelitian tindakan kelas yang menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif adalah metodologi yang digunakan. Tujuan analisis deskriptif kualitatif adalah untuk menjelaskan temuan observasi kolaborator dalam kaitannya dengan jumlah siswa yang dilihat. Sementara itu, analisis deskriptif kuantitatif membandingkan temuan observasi kolaborator dan peneliti terhadap bagaimana siswa berperilaku selama kelas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan tali rintangan yang dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran, dapat memenuhi kriteria kesuksesan yang telah ditentukan yaitu 70%. Data awal menunjukkan 20% siswa tuntas. Pada siklus satu terjadi peningkatan ketuntasan sebesar 20%. Pada siklus dua meningkat sebanyak 30%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan yang menggunakan tali pembatas terbukti mampu meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 11 Wuluhan. Melalui penelitian ini dapat diimplikasikan untuk memberikan informasi atau referensi dalam pembelajaran lompat jauh dan menambah kreatifitas guru, juga membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan lompat jauh.
Downloads
References
Ajmal, & Arisman. (2023). Journal Sport Rokania. Journal Sport Rokanisa, 3(2), 1–18.
Andika, E., Meningkatkan, P.: Siswa, K., Senam, D., Roll, L., Menggunakan, D., Demonstrasi, M., Kaliglagah, S., Putra, E. A., Yono, T., & Usman, A. (2020). Meningkatkan Keterampilan Siswa Dalam Senam Lantai Roll Depan Menggunakan Metode Demonstrasi di SDN Kaliglagah 03. SATRIA Journal Of "Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdisciplinary Analysis, 2(2).
Aristiyanto, A., & Setiawan, F. E. (2023). Contribution Of Academic Supervision Management To Improving Physical Education Teacher Performance. Journal Management of Sport, 2(1). https://doi.org/10.55081/jmos.v2i1.1961
Budi, D. R. (2021). Modifikasi pembelajaran pendidikan jasmani.
Haryono, D. (2018). Meningkatkan Kemampuan Teknik Lompat Jauh Gaya Jongkok Dengan Menggunakan Alat Bantu Tali Rintangan. Jurnal Wahana Pendidikan, 5(1), 1–9.
Hasibuan, Mhd. U. Z., Syeh Alkahpi, J., & Sukendro, S. (2022). Pengaruh Latihan Variasi Sprint dan Squat Jump Terhadap Hasil Lompat Jauh pada Siswa Ekstrakulikuler SMA Negeri 3 Kerinci. Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 4(2), 133–145. https://doi.org/10.22437/ijssc.v4i2.19576
Ketut, S. I. (2021). 3 1,2,3. 22(2), 555–561.
Lubis, A. E., & Nugroho, A. (2020). First Aid Training Model for Physical Education Teachers. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 4(2), 73–80.
Machali, I. (2021). Jurnal Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), h.202.
Melyza, A., & Aguss, R. M. (2021). Persepsi Siswa Terhadap Proses Penerapan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Pandemi Covid-19. Journal Of Physical Education, 2(1), 8–16. https://doi.org/10.33365/joupe.v2i1.950
Montiel, R. (2012). Efektivitas Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Menggunakan Media Tali Dan Media Kardus. Экономика Региона, http://wza.
Noprian, A., Zulrafli, & Kamarudin. (2020). Pengunaan metode modifikasi dalam meningkatkan kemampuan smash permainan bolavoli. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 1(2), 120–127. https://doi.org/10.25299/es:ijope.2020.vol1(2).5144
Nurfadhillah. (2021). Media Pembelajaran (Resa Awahita, Ed.). CV Jejak (Jejak Publisher).
Slameto, S. (2015). Implementasi Penelitian Tindakan Kelas. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(3), 47. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i3.p47-58
Stai, C.-D. I., & Medan, S. (2020). Jurnal Ansiru PAI Vol. 4 No. 1 Januari-Juni 2020 | 1. 4(1), 1–16.
Sutikno, Dr. M. S. (2021). Strategi Pembelajaran (N. SE, Ed.). CV Adanu Abimata.
Syaifudin. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (Teori dan Aplikasinya Pada Pembelajaran Bahasa Arab). Borneo: Journal of Islamic Studies, 1(2), 1–17.
Tantio, H., & Putra, A. J. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Lompat Jauh Gaya Jongkok pada Pembelajaran Atletik Melalui Permainan Pada Siswa SMP. Jurnal Pion, 1(2), 75–80.
Tatang & Irawati. (2020). Atletik (M. P. Dr. Anggi Setia Lengkana, Ed.). UPI Sumedang Press.
Ujud, S., Nur, T. D., Yusuf, Y., Saibi, N., & Ramli, M. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 10 Kota Ternate Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305
Wahab, G. (2021). Teori Belajar (H. Azmi, Ed.). CV Adanu Abimata.
Yono, T., & Sodikin, F. A. (2020). Modifikasi Bola Plastik sebagai Media Pembelajaran Bola Voli. Sparta, 2(2), 26–31. https://doi.org/10.35438/sparta.v2i2.170
Copyright (c) 2024; Aero Aufal Asyqari, Kukuh Munandar, Topoyono Topoyono.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.