Analisis Persepsi Mahasiswa Dalam Pembelajaran Sport Massage Berbasis Multimedia
Abstract
Perkembangan teknologi dalam pembelajaran mempermudah mahasiswa dalam mengakses dan memahami materi, khususnya materi sport massage yang dalam pelaksanaannya terdapat praktik yang membutuhkan multimedia berupa video pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa dalam menggunakan multimedia berupa video pembelajaran sport massage. Menerapkan metode penelitian deskriptif kuantitatif untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa dalam menggunakan multimedia sport massage. Sampel berjumlah 70 mahasiswa yang diperoleh melalui random sampling. Alat pengumpul data berupa kuesioner yang disebarkan melalui Google Form. Ditemukan bahwa persepsi mahasiswa dominan pada kategori setuju sebanyak 58.6%, kategori sangat setuju sebanyak 31.4%, kategori netral sebanyak 8.6%, kategori tidak setuju sebanyak 1.4%, dan tidak ada yang memiliki persepsi kategori sangat tidak setuju. Selain itu ditemukan bahwa terdapat perbedaan persepsi antara mahasiswa laki-laki dengan perempuan berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai P-value 0.009 < 0.05 yang menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara persepsi laki-laki dan perempuan. Disimpulkan mahasiswa dominan setuju dengan penggunaan multimedia berupa video pembelajaran sport massage, selain itu terdapat perbedaan antara mahasiswa laki-laki dan perempuan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan dampak positif dari penggunaan multimedia berupa video pembelajaran, sehingga diharapkan penyajian materi pembelajaran dapat menggunakan multimedia sebagai sarana yang efektif dan efisen menyampaikan materi.
Downloads
References
Andovita, L. G., & Wahyuni, A. (2020). Students’ Perception Towards the Use of Multimedia Based Teaching Material. JHSS (Journal of Humanities and Social Studies), 04(01), 10–13. https://journal.unpak.ac.id/index.php/jhss
Arifin, H. S., Fuady, I., & Kuswarno, E. (2017). Factor Analysis That Effect University Student Perception in Untirta About Existence of Region Regulation in Serang City - Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Mahasiswa Untirta Terhadap Keberadaan Perda Syariah Di Kota Serang. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 21(1), 123770.
Coward, F. L., Crooks, S. M., Flores, R., & Dao, D. (2012). Examining the effects of gender and presentation mode on learning from a multimedia presentation. Multidisciplinary Journal of Gender Studies, 1(1), 48–69. https://doi.org/10.4471/generos.2012.03
Darmiati. (2022). Students’ Perceptions of Interactive Multimedia in Learning Vocabulary. 4(1), 31–43. https://doi.org/10.33487/majesty.v4i1.5383
Davis, H. L., Alabed, S., & Chico, T. J. A. (2020). Effect of sports massage on performance and recovery: a systematic review and meta-analysis. BMJ Open Sport & Exercise Medicine, 6(1), e000614. https://doi.org/10.1136/bmjsem-2019-000614
Dewi, E. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Berupa Video Animasi Bermuatan Ayat Al-Quran Berbantuan Output Youtube terhadap Hasil Belajar Peserta Didik (pp. 1–87). Universitas Agama Islam Negri Raden Intan Lampung.
Hadiyanti, A. H. D. (2015). Persepsi Mahasiswa terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia dalam Perkuliahan IPA Biologi di PGSD Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Jurnal Ilmiah PGSD, 7(1), 61–70. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pgsd/article/download/7979/5658/
Hasan, B., & Kardi, I. S. (2023). Massage : Teknik Dasar Massage dalam Olahraga. Media Publikasi Kita.
Istanti, H. N. (2022). Persepsi Mahasiswa terhadap Penggunaan Video Konstruksi Pola pada Program Studi Tata Busana. HEJ (Home Economics Journal), 6(1), 12–19. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=u2d1iBkAAAAJ&citation_for_view=u2d1iBkAAAAJ:W7OEmFMy1HYC
Khaleghimoghaddam, N. (2023). A neurological examination of gender differences in architectural perception. Architectural Science Review, October. https://doi.org/10.1080/00038628.2023.2264822
Kurniawan, A. W. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Sport Massase Untuk Mahasiswa Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan FIK-UM. Journal Coaching Education Sports, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.31599/jces.v2i1.476
Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459
Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Nanda, H. Y., Ardhi, I., Junaidi, S., Rizki, B., Anis, Z., & Anugrah, W. (2019). Cara cepat Kuasai Massage Kebugaran. In Main (Issue February).
Neo, M., Neo, T. K., & Yap, W. L. (2008). Students’ perceptions of interactive multimedia mediated web-based learning: A Malaysian perspective. ASCILITE 2008 - The Australasian Society for Computers in Learning in Tertiary Education, 658–666.
Paine, T. (2015). The Complete Guide to Sports Massage. Bloomsbury Publishing.
Park, C. W., Kim, D. gook, Cho, S., & Han, H. J. (2019). Adoption of multimedia technology for learning and gender difference. Computers in Human Behavior, 92(2015), 288–296. https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.11.029
Samat, M. S. bin A., & Aziz, A. binti A. (2020). Indigenous Student’s Perception of Multimedia Learning as an Approach for Enhancing Reading Comprehension Skills. Open Journal of Science and Technology, 3(1), 8–16. https://doi.org/10.31580/ojst.v3i1.1358
Sugiarto, T., Kurniawan, A. W., & Sugiyanto. (2020). Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia. 4(1), 35–43.
Tedy, F., Batarius, P., & Mau, S. D. B. (2023). Tanggapan dan Persepsi Mahasiswa Terhadap Vidio Pembelajaran Materi Integral dan Diferensial Numerik. Pi: Mathematics Education Journal, 6(1), 46 – 55. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/pmej.v6i1.8231
Wahyuningsih, S. (2018). Men and Women Differences in Using Language: A Case Study of Students at Stain Kudus. Journal of English Education, Literature, and Culture, 3(1), 79–90.
Wardah, & Jamil Reza, M. (2021). Persepsi Mahasiswa terhadap Penggunaan Youtube sebagai Media Konten Video Kreatif. Jurnal Komunikasi Dan Organisasi (J-KO, 3(1), 39–46.
Watrianthos, R., Handayani, R., Hasibuan, R., Ambiyar, A., & Refdinal, R. (2022). Students’ Perceptions of Android-Based Interactive Multimedia in Learning Biology. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5010–5016. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3044
Wibowo, T. H., Sunyono, S., & Rudibyani, R. B. (2020). Perception of Teachers and Students by Using Interactive Multimedia to Improve Science Literacy and Self-Efficacy. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 12(2), 75. https://doi.org/10.30595/dinamika.v12i2.5046
Copyright (c) 2023; Baharuddin Hasan, Ipa Sari Kardi, Ibrahim Ibrahim, Ansar CS, Astini Asri.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
