Plagiarisme dan Retraksi

Kebijakan Plagiarisme

Dewan Redaksi Jurnal Olahraga dan Kesehatan Indonesia (JOKI) mengakui bahwa plagiarisme tidak dapat diterima dan oleh karena itu menetapkan kebijakan berikut yang menyatakan tindakan tertentu (penalti) atas identifikasi plagiarisme/persamaan dalam artikel yang diajukan untuk dipublikasikan di Jurnal Olahraga dan Kesehatan Indonesia (JOKI). Jurnal Olahraga dan Kesehatan Indonesia (JOKI) akan menggunakan perangkat lunak pemeriksa keaslian Ithenticate untuk mendeteksi kesamaan teks dalam manuskrip artikel dan versi final artikel yang siap untuk diterbitkan. Maksimal 20% kesamaan diperbolehkan untuk makalah yang dikirimkan. Jika kami menemukan lebih dari 20% indeks kesamaan, artikel akan dikembalikan ke penulis untuk diperbaiki dan dikirim ulang.

 

Penarikan Artikel

Hanya digunakan untuk Artikel dalam Pers yang mewakili versi awal artikel dan terkadang mengandung kesalahan, atau mungkin telah dikirimkan dua kali secara tidak sengaja. Kadang-kadang, tetapi lebih jarang, artikel dapat mewakili pelanggaran profesional, kode etik, seperti pengiriman ganda, klaim kepenulisan palsu, plagiarisme, penggunaan data yang curang atau sejenisnya. Artikel dalam Pers (artikel yang telah diterima untuk diterbitkan tetapi belum diterbitkan secara resmi dan belum memiliki informasi volume/edisi/halaman yang lengkap) yang mengandung kesalahan atau ditemukan sebagai duplikat yang tidak disengaja dari artikel lain yang diterbitkan atau bertekad untuk melanggar pedoman etika penerbitan jurnal kami dalam pandangan editor (seperti pengiriman ganda, klaim kepengarangan palsu, plagiarisme, penggunaan data yang curang atau sejenisnya).

 

Pencabutan Artikel

Artikel akan ditarik kembali jika melakukan pelanggaran profesional, kode etik, seperti pengiriman ganda, klaim kepenulisan palsu, plagiarisme, penggunaan data yang curang atau sejenisnya. Kadang-kadang pencabutan akan digunakan untuk memperbaiki kesalahan dalam pengiriman atau publikasi. Pencabutan artikel oleh penulis atau editornya di bawah saran anggota komunitas ilmiah telah lama menjadi fitur sesekali dari dunia terpelajar. Standar untuk menangani pencabutan artikel telah dikembangkan oleh sejumlah perpustakaan dan badan ilmiah, dan praktik terbaik ini diadopsi untuk pencabutan artikel oleh Jurnal Olahraga dan Kesehatan Indonesia (JOKI):

  • Catatan pencabutan berjudul "Pencabutan: [judul artikel]" yang ditandatangani oleh penulis dan/atau editor diterbitkan di bagian bernomor halaman jurnal edisi berikutnya dan dicantumkan dalam daftar isi.
  • Dalam versi elektronik, tautan dibuat ke artikel asli.
  • Artikel online didahului oleh layar yang berisi catatan pencabutan. Ke layar inilah tautan itu diselesaikan; pembaca kemudian dapat melanjutkan ke artikel itu sendiri.
  • Artikel asli dipertahankan tidak berubah kecuali tanda air pada .pdf yang menunjukkan pada setiap halaman bahwa artikel tersebut "ditarik".
  • Versi HTML dokumen dihapus.

 

Penghapusan Artikel

Dalam jumlah kasus yang sangat terbatas, mungkin perlu untuk menghapus artikel dari database online. Ini hanya akan terjadi jika artikel tersebut jelas-jelas memfitnah atau melanggar hak hukum orang lain, atau jika artikel tersebut, atau kami memiliki alasan kuat untuk mengharapkannya, menjadi subjek perintah pengadilan, atau jika artikel tersebut ditindaklanjuti, dapat menimbulkan risiko kesehatan yang serius. Dalam keadaan ini, sementara metadata (Judul dan Penulis) akan dipertahankan, teks akan diganti dengan layar yang menunjukkan artikel telah dihapus karena alasan hukum.