Kendala Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Penjas Materi Sepak Bola Saat Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas V SD 030318 Bertungen Tahun Ajaran 2020-2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untk mengetahui Kendala Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Penjas Materi Sepak Bola Saat Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas V SD 030318 Bertungen Tahun Ajaran 2020-2021. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 14 orang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode yang digunakan yakni survei. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen yang berupa angket tertutup. Kendala dalam pelaksanaan pembelajaran dipengaruhi oleh beberapa faktor yakni faktor internal (fisik dan psikis) dan faktor ekternal (guru, sarana dan prasarana, materi pembelajaran serta lingkungan). Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan faktor penghambat pembelajaran PJOK materi sepak bola saat pandemi Covid-19 di SD Negeri No. 030318 Bertungen berada pada kategori “cukup” sebesar 85,72% (12 peserta didik), “rendah” sebesar 14,28% (2 peserta didik). Faktor faktor penghambat pembelajaran PJOK materi sepak bola saat pandemi Covid-19 di SD Negeri No. 030318 Bertungen berdasarkan faktor internal berada pada kategori “cukup” dengan persentase sebesar 64,20% (sebanyak 9 peserta didik) dari jumlah 14 peserta didik. Faktor penghambat pembelajaran PJOK materi sepak bola saat pandemi Covid-19 di SD Negeri No. 030318 Bertungen berdasarkan faktor eksternal berada pada kategori “cukup” dengan nilai rata-rata sebesar 37,00. Sedangkan persentase sebesar 85,72% (sebanyak 12 peserta didik) dari keseluruhan berjumlah 14 peserta didik. Secara keseluruhan kesimpulan yang dapat diambil yakni faktor penghambat pembelajaran PJOK materi sepak bola saat pandemi Covid-19 di SD Negeri No. 030318 Bertungen berada pada kategori “cukup” sebesar 85,72% (12 peserta didik) dari sejumlah 14 peserta didik.
Downloads
Copyright (c) 2024 Josenta Karo Karo, Dicky Hendrawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.