http://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JUMPER/issue/feed Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga 2024-05-02T03:05:22+00:00 Alan Alfiansyah Putra Karo Karo alanalfiansyahputra03@gmail.com Open Journal Systems <p><a title="e-ISSN" href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1596804758" target="_blank" rel="noopener">e-ISSN 2746-1610 (Media Online)</a></p> <p>Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga merupakan kumpulan yang berasal dari tugas akhir mahasiswa ataupun hasil penelitian mahasiswa di bidang Pendidikan Olahraga.&nbsp; Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga terbit setahun tiga kali yaitu pada bulan Januari, April dan Oktober.</p> http://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/1074 Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Platform Baamboozle Dalam Pembelajaran PJOK Pada Siswa Kelas 2 UPT SD Negeri 144 Gresik 2024-04-02T22:43:00+00:00 Titis Demokratis ppgtitisdemokratis@gmail.com Vega Candra Dinata Titisdemokratis@gmail.com Zainal Arifin Titisdemokratis@gmail.com <p>Karena menggunakan model pembelajaran yang kurang beragam, siswa dapat merasa bosan dalam mengikuti proses pembelajaran. Oleh karena itu, pemanfaatan model pembelajaran edugames bernama baamboozle dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa &nbsp;yang berada di kelas 2 UPT SD Negeri 144 Gresik melalui pemanfaatan platform pembelajaran edugames baamboozle.&nbsp;Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kolaboratif dengan mengadopsi model Kemmis &amp; Taggart. Populasi subjek penelitian terdiri dari 20 siswa yang berada di kelas 2 UPT SD Negeri 144 Gresik. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan angket. Setelah itu, data tersebut dianalisis secara deskriptif baik secara kualitatif maupun kuantitatif.&nbsp;Pemanfaatan platform pembelajaran edugames baamboozle untuk mata pelajaran PJOK telah meningkatkan motivasi belajar siswa, dalam proses pembelajaran siswa diberi akses ke platform baamboozle dan dikelompokkan menjadi tim untuk bekerja sama., yang membuat mereka menjadi lebih aktif dan antusias dalam belajar. Sebelum dilakukan tindakan, presentase motivasi belajar siswa masih dalam kategori yang sangat kurang (54%). Namun, setelah dilakukan siklus I, terjadi peningkatan yang signifikan sehingga naik ke kategori yang cukup (74%). Hasil akhir menunjukkan bahwa motivasi belajar PJOK siswa berada pada kategori yang sangat baik (89%). Penilaian motivasi belajar siswa menggunakan teknik analisis data deskriptif &nbsp;kuantitatif.</p> 2024-04-02T22:42:59+00:00 Copyright (c) 2024 Titis Demokratis, Vega Candra Dinata, Zainal Arifin http://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/1076 Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Permainan Bola Kasti Kelas V Di SDN Gayungan II 2024-04-02T23:08:01+00:00 Ariya Seta Nugraha setanugraha21@gmail.com Nanik Indahwati setanugraha21@gmail.com Novilia Puspa Widiyanti setanugraha21@gmail.com <p>Permainan kasti merupakan permainan tradisional yang banyak diminati oleh masyarakat dari berbagai kalangan usia. Pada permaian kasti terdapat nilai karakter yang mampu diterapkan dikehidupan sehari-hari. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan berdasarkan pengalaman ketika penulis melakukan praktek Pengenalan Lapangan Persekolahan II (PLP), dimana terjadi banyak penyimpangan yang dilakukan oleh peserta didik di SDN Gayungan II. Tentunya Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dengan untuk mengetahui adakah pengaruh dari Penerapan Pendidkan Karakter Melalui Permainan Bola Kasti Kelas V Di SDN Gayungan II. Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan metodologi kuantitatif, penelitian yang dilakukan adalah pseudo-eksperimental. Desain penelitian yang digunakan adalah desain <em>one-group pre- dan post-test</em>. Sampel penelitian ini termasuk tiga puluh enam murid dari kelas lima. Teknik analisis data yang digunakan didalam penelitian ini adalah standar deviasi, <em>mean</em>, varian, uji normalitas, t-test sampel sejenis dan juga besarnya peningkatan. Berdasarkan hasil analisis data yang terdiri dari 36 jumlah sampel kelas V dapat disimpulkan adanya pengaruh penerapan pendidikan karakter melalui permainan bola kasti kelas V di SDN Gayungan II terjadi peningkatan yang terbilang efektif dalam meningkatkan nilai karakter disiplin sebesar 6,48% dan sangat meningkatkan nilai kerjasama sebesar 66,67% yang artinya terdapat pengaruh dari Penerapan Pendidkan Karakter Melalui Permainan Bola Kasti Kelas V Di SDN Gayungan II.</p> 2024-04-02T23:07:18+00:00 Copyright (c) 2024 Ariya Seta Nugraha, Nanik Indahwati, Novilia Puspa Widiyanti http://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/1088 Upaya Peningkatkan Variasi Gerak Dasar Lari Jarak Pendek menggunakan Tugas Gerak Lari ABC pada Siswa Kelas IV UPT SD Negeri 144 Gresik 2024-04-02T23:31:35+00:00 Nindi Prasetya Utama prasetya.nindi@gmail.com Vega Candra Dinata prasetya.nindi@gmail.com Zainal Arifin prasetya.nindi@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui media pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar sprint pada peserta didik kelas IV UPT SD Negeri 144 Gresik Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas IV UPT SD Negeri 144 Gresik tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 28 peserta didik. Sumber data berasal dari guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi pembelajaran gerak dasar sprint. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan persentase. Prosedur penelitian menggunakan tahapan siklus siklus yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: bahwa kemampuan gerak dasar lari cepat meningkat dari 4 peserta didik atau 14,3% pada kondisi awal menjadi 15 peserta didik atau 53,6% pada akhir siklus I dan meningkat menjadi 21 peserta didik atau 75%.pada akhir siklus kedua. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan media pembelajaran tersebut dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar sprint di kelas IV UPT SD Negeri 144 Gresik pada Tahun Pelajaran 2022/2023.</p> 2024-04-02T23:30:16+00:00 Copyright (c) 2024 Nindi Prasetya Utama, Vega Candra Dinata, Zainal Arifin http://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/1057 Peningkatan Hasil Belajar Lari Jarak Pendek Melalui Permainan Pada Siswa Kelas VA SDN Putat Gede I/94 Surabaya 2024-04-02T23:51:05+00:00 Brilian Alvin Kurnain ppg.brilianalvinkurnain76@program.belajar.id Faridha Nurhayati ppg.brilianalvinkurnain76@program.belajar.id Agus Asmorohadi ppg.brilianalvinkurnain76@program.belajar.id <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar lari jarak pendek pada siswa kelas VA&nbsp; SDN Putat Gede I/94 Surabaya tahun ajaran 2022/2023 dengan menggunakan pendekatan permainan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research/ACR) yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi pada setiap siklusnya. Penelitian ini diselesaikan selama dua periode. Dalam penelitian ini, siswa kelas VA&nbsp; SDN Putat Gede I/94 Surabaya tahun ajaran 2022/2023 yang diikuti sebanyak 32 siswa. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan tes tulis, serta tes keterampilan lari jarak pendek. Data adalah produk dari pembelajaran keterampilan, sikap, dan pengetahuan baru. Dalam penelitian ini digunakan analisis deskriptif dengan pendekatan persentase untuk menemukan pola dalam kegiatan belajar. Berdasarkan temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa: Penerapan pendekatan permainan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VA&nbsp; SDN Putat Gede I/94 Surabaya tahun ajaran 2022/2023.</p> 2024-04-02T23:51:03+00:00 Copyright (c) 2024 Brilian Alvin Kurnain, Faridha Nurhayati, Agus Asmorohadi http://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/1090 Meningkatkan Hasil Belajar PJOK dengan Menggunakan Media Puzzle Maker di UPT SD Negeri 144 Gresik 2024-04-03T00:33:34+00:00 Galuh Febri Anggono galuhfebri74@gmail.com Vega Candra Dinata galuhfebri74@gmail.com Zainal Arifin galuhfebri74@gmail.com <p>Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar murid kelas V.A UPT Sekolah Dasar Negeri 144 Gresik. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus melalui pendekatan media Puzzle Maker. Berdasarkan hasil penelitian sebelum tindakan rata-rata nilai murid 45,41 (Kurang Baik), ketuntasan individual diperoleh hanya 6 murid dan ketuntasan klasikal 16,66%; pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar 63,66 (cukup), ketuntasan individual diperoleh 14 murid dan ketuntasan klasikal 58,33%; dan pada siklus II nilai rata-rata 81,33 (baik) dan ketuntasan klasikal sebanyak 24 murid atau 100%. Dengan demikian penggunaan media Puzzle Maker berhasil atau dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan murid kelas V.A UPT Sekolah Dasar Negeri 144 Gresik.</p> <p>This research is motivated by the low learning outcomes of Physical Education, Sport and Health. This study aims to improve the learning outcomes of class V.A UPT Grade 144 Gresik Elementary School. This study uses Classroom Action Research (CAR) with two cycles through the Puzzle Maker media approach. Based on the results of the research before the action, the average student score was 45,41 (not good), individual mastery was obtained by only 6 students and classical mastery was 16.66%; in cycle I the average score of learning outcomes was 63.66 (enough), individual mastery was obtained by 14 students and classical mastery was 58,33%; and in cycle II the average score was 81.33 (good) and the classical completeness was 24 students or 100%. This the use of Puzzle Maker media is successful or can improve the learning outcomes of Physical Education Sports and Health for class V.A UPT SD Negeri 144 Gresik students.&nbsp;</p> 2024-04-03T00:33:33+00:00 Copyright (c) 2024 Galuh Febri Anggono, Vega Candra Dinata, Zainal Arifin http://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/1101 Upaya Meningkatkan Kelincahan Pada Kebugaran Jasmani Siswa Dengan Menggunakan Permainan Lari Angka Delapan Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Pamekasan 2024-04-05T22:18:50+00:00 Edwin Nofrian Reynaldy edwinedwin857@gmail.com Hery Wahyudi edwinedwin857@gmail.com Abdurachman Sidik edwinedwin857@gmail.com <p>Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class room action research). Dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kelincahan pada siswa melalui permainan lari angkka delapan atau shuttle run&nbsp; di SMP Negeri 4 Pamekasan. Subjek pada penelitian ini adalah siswa siswi&nbsp; SMP Negeri 4 Pamekasan yang berjumlah 32 anak, yaitu 23 laki-laki dan 9 perempuan. Data dikumpulkan dengan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui permainan lari angka delapan atau <em>Shuttle run</em> dapat meningkatkan kelincahan siswa di SMP Negeri 4 Pamekasan. Hal ini dapat dibuktikan dari kelincahan anak yang mengalami peningkatan dari Siklus I dan telah melampaui target keberhasilan pada Siklus II. Hasil kelincahan anak pada Siklus I mencapai 19 % pada Siklus II melalui kegiatan pembelajaran menggunakan permainan lari bolak-balik kelincahan anak mencapai 84 % dapat melampaui target yang ditetapkan yaitu 75%. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa adanya peningkatan pada kelincahan peserta didik melalui permainan lari angka delapan.</p> 2024-04-05T22:15:54+00:00 Copyright (c) 2024 Edwin Nofrian Reynaldy, Hery Wahyudi, Abdurachman Sidik http://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/1107 Upaya Peningkatan Kebugaran Jasmani Melalui Metode Permainan Aktif Dadu Lempar Pada Siswa Kelas II SDN Sidoklumpuk Sidoarjo 2024-04-05T22:36:17+00:00 Jodie Daniel Lisvianto jodiedaniel9@gmail.com Andhega Wijaya jodiedaniel9@gmail.com Esty Alifia jodiedaniel9@gmail.com <p>Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat diartikan bahwa Di SDN Sidoklumpuk Sidoarjo, kebugaran jasmani siswa kelas II meningkat karena penggunaan permainan dadu aktif. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini dan melibatkan 60 siswa sebagai subjek. PTK merupakan metode penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya untuk memperbaiki praktik pembelajaran dan meningkatkan kualitas pembelajaran. PTK memerlukan tindakan atau intervensi berulang selama jumlah waktu yang telah ditentukan. dan diikuti dengan refleksi dan evaluasi. Dalam penelitian ini, permainan aktif dadu digunakan sebagai intervensi untuk meningkatkan kebugaran fisik siswa. Dengan menggunakan permainan ini, terlibat dalam aktivitas fisik yang menyenangkan dan merangsang siswa, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan partisipasi dalam kegiatan olahraga. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diartikan bahwa penerapan permainan aktif dadu dapat meningkatkan keberhasilan siswa dalam meningkatkan kebugaran fisik. Pada siklus I, mempresentasikan keberhasilan siswa adalah 75% dengan 45 siswa yang telah tuntas dan 15 siswa yang belum tuntas. Namun, setelah selesai siklus II, menunjukkan keberhasilan meningkat menjadi 91% dengan 55 siswa yang telah tuntas dan 5 siswa yang belum tuntas. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan permainan aktif dadu dalam pembelajaran olahraga dapat meningkatkan partisipasi siswa dan membantu meningkatkan kebugaran fisik mereka. Dalam hal ini, permainan aktif dadu dianggap sebagai cara yang efektif dan menyenangkan untuk memotivasi siswa dalam mengikuti kegiatan olahraga.</p> 2024-04-05T22:36:16+00:00 Copyright (c) 2024 Jodie Daniel Lisvianto, Andhega Wijaya, Esty Alifia http://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/1134 Analisis Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran PJOK Di SMP Laboratorium Percontohan UPI 2024-04-05T22:50:56+00:00 Faujiyah Faujiyah Faujiyahmaret08@gmail.com Eka Nugraha Faujiyahmaret08@gmail.com Amung Ma’mun Faujiyahmaret08@gmail.com Syarifatunnisa Syarifatunnisa Faujiyahmaret08@gmail.com <p>Penelitian ini memiliki tujuan guna menjelaskan pelaksanaan Pendidikan karakter pada mata pelajaran PJOK di SMP laboratorium percontohan upi. Metode kualitatif merupakan metode yang digunakan pada penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, wawancara, dan observasi. Berdasarkan Miles dan Huberman pengolahan data menggunakan pdel interaktif dengan kondensasi data, demonstrasi data serta penarikan kesimpulan. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Nilai karakter yang diterapkan dan ditanamkan pada proses pembelajaran PJOK oleh guru PJOK adalah mandiri, kerja keras, rasa ingin tahu, penerapan 5S (sapa, sopan, santun, senyum, salam) dalam bersikap. (2) Nilai karakter yang diterapkan dan ditanamkan pada proses evaluasi pembelajaran PJOK oleh guru PJOK adalah mandiri, jujur, dan kerja keras. (3) Nilai karakter yang diterapkan dan ditanamkan pada materi pembelajaran PJOK oleh guru PJOK adalah peduli sosial, mandiri, kerja keras, dan disiplin.</p> 2024-04-05T22:50:55+00:00 Copyright (c) 2024 Faujiyah Faujiyah, Eka Nugraha, Amung Ma’mun, Syarifatunnisa Syarifatunnisa http://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/1212 Perbandingan Minat Siswa Terhadap Olahraga Modern dan Olahraga Tradsional di Kabupaten Toli-Toli 2024-04-05T23:07:08+00:00 Gunawan Gunawan gunawan@untad.ac.id Arisandi Arisandi Arisandi330953@gmail.com <p><a name="_Toc131065080"></a>Di zaman modern ini olahraga tradisional semakin terlupakan oleh anak-anak, karena di zaman sekarang anak-anak lebih memilih permainana yang canggih seperti bermain game online. Sedangakan olahraga tradisional sudah jarang dilakukan bahakan sekolah-sekolah jarang sekali memperkenalkan siswanya dengan olahraga tradisional. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan minat siswa terhadap olahraga modern dan olahraga tradisional di MTsN DDI Tinigi, dan juga bertujuan untuk mengetahui seberapa besar minat siswa dan seberapa besar perbandingan minat siswa terhadap olahraga mdern dan olahraga tradisional. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode studi komparatif, populasi penelitian ini adalah siswa MTsN DDI Tinigi yang berjumlah 225 siswa. Adapun Teknik yang digunakan adalah Teknik cluster sampling. Teknik pengambilan data dalam penelitian menggunakan angket/kuesioner. Sampel dari penelitian ini adalah 65 siswa kelas 8 yang terdiri dari 3 kelas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukan Perbandingan Minat Siswa Terhadap Olahraga Modern dan Olahraga Tradisional di MTs DDI Tinigi dengan perbandingan olahraga modern sebesar (72,2%) dan olahraga tradisional sebesar (70,0%). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulkan bahwa ada Perbandingan Minat Siswa Terhadap Olahraga Modern dan Olahraga Tradisional sebesar (2,2%). Diharapkan para guru tidak hanya mengenalkan siswa kepada olahraga modern akan tetapi olahraga tradisional pun harus sering dipelajari diseokolah agar siswa-siswi juga bisa memahami dan mengetahui tentang olahraga tradisional</p> 2024-04-05T23:06:45+00:00 Copyright (c) 2024 Gunawan Gunawan, Arisandi Arisandi http://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/1243 Pengaruh Latihan Variasi Squat Dan Latihan Variasi Lunges Terhadap Power Otot Tungkai Pada Tendangan Dollyo Chagi 2024-04-05T23:13:54+00:00 Faisal Al Habsyi arief_haryanto@ung.ac.id Ahmad Mokoagow hartonohadjarati@ung.ac.id Hartono Hadjarati hartonohadjarati@ung.ac.id Arief Ibnu Haryanto arief_haryanto@ung.ac.id <p>Penerapan latihan pliometrik dinilai dapat meningkatkan <em>power </em>otot tungkai. Ada beberapa jenis latihan pliometrik yang dapat diterapkan untuk peningkatan <em>power </em>otot tungkai yaitu <em>squat</em> dan <em>lunges, </em>namun perlu dipertimbangan mana yang cocok diterapkan dalam upaya meningkatkan <em>power</em> otot tungkai pada tendangan <em>Dollyo Chagi</em> Taekwondo. Tujuan penelitian ini yaitu membandingkan mana yang lebih baik antara latihan <em>squat</em> dan <em>lunges </em>dalam upaya meningkatkan <em>power</em> otot tungkai pada tendangan Dollyo Chagi Taekwondo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain <em>two group pre test – post test. </em>Populasi dalam penelitian ini adalah atlet <em>Eagle Taekwondo Club (ETC) </em>yang berjumlah 16 atlet. Sampel penelitihan ini menggunakan seluruh atlet yang ada di <em>Eagle Taekwondo Club (ETC) </em>dan dibagi menjadi dua grub <em>squat</em> dan <em>lunges</em> menggunakan metode <em>random</em>. Instrumen penelitian ini menggunakan <em>v</em><em>ertical </em><em>j</em><em>ump test</em><em>. </em>Adapun analisis data menggunakan uji t. Hasilnya, penelitian ini mengungkapkan bahwa kedua jenis latihan ini memiliki hasil positif. Namun untuk latihan <em>squat </em>memiliki hasil yang lebih baik daripada <em>lunges. </em>Peneliti lebih cenderung merekomendasikan latihan <em>squat </em>dalam upaya untuk meningkatkan <em>power </em>otot tungkai.</p> 2024-04-05T23:13:19+00:00 Copyright (c) 2024 Faisal Al Habsyi, Ahmad Mokoagow, Hartono Hadjarati, Arief Ibnu Haryanto http://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/1244 Pengaruh Variasi Latihan Total Body Resistance Exercise (TRX) terhadap Kecepatan Tendangan Sabit Pencak Silat Remaja 2024-04-27T08:37:59+00:00 Syarif Hidayat syarif_hidayat@ung.ac.id Arief Ibnu Haryanto arief_haryanto@ung.ac.id Salpin Male salpinmale19@gmail.com Mohamad Isran Laraga isranlaraga09@gmail.com <p>Kecepatan tendangan sabit dalam bela diri Pencak silat memegang peranan yang besar dalam upaya memperoleh poin pertandingan. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengungkapkan seberapa besar pengaruh variasi latihan <em>Total Body Resistance Exercise (TRX)</em> terhadap kecepatan tendangan sabit Pencak silat remaja. Metode penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan menggunakan satu kelompok eksperimen dan juga kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini yaitu pesilat yang ikut dalam berlatih Pencak silat di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Gorontalo yang berjumlah 52 pesilat. Sampel didapatkan dengan teknik <em>purposive sampling</em> yang mempunyai kriteria: 1) aktif dalam sesi latihan Pencak silat di SMK N 1 Gorontalo, 2) telah menguasai teknik dasar tendangan sabit, 3) berusia remaja 17-19 tahun, 4) bersedia menjadi sampel penelitian. Penentuan kriteria sampel ini mendapat 33 pesilat yang terdiri dari 17 putri dan 16 putra dinyatakan memenuhi syarat. Instrumen penelitian ini menggunakan tes pengukuran kecepatan tendangan Pencak silat untuk tendangan sabit. Hasilnya, latihan <em>Total Body Resistance Exercise</em> (TRX) memiliki pengaruh terhadap terhadap kecepatan tendangan sabit, namun tidak ada perbedaan yang signifikan terhadap kecepatan tendangan sabit pada Pencak silat remaja.</p> 2024-04-27T08:37:57+00:00 Copyright (c) 2024 Syarif Hidayat, Arief Ibnu Haryanto, Salpin Male, Mohamad Isran Laraga http://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/1267 Pengaruh Media Latihan Samsak dan Pecing Pad Terhadap Peningkatan Kecepatan Tendangan Pencak Silat 2024-04-27T08:42:59+00:00 Afriandi Ismail afriandi_s1kepelatihan2016@mahasiswa.ung.ac.id Pendi Djuma pendi_s1kepelatihan@mahasiswa.ung.ac.id Arief Ibnu Haryanto arief_haryanto@ung.ac.id Syarif Hidayat syarif_hidayat@ung.ac.id <p>Peggunaan alat dalam latihan olahraga untuk beberapa jenis cabang olahraga, wajib menggunakan media alat latihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media latihan samsak dan <em>pecing pad</em> terhadap peningkatan kecepatan tendangan Pencak silat. Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian <em>two group pre test – post test</em>. Populasi dalam penelitian ini yaitu Pesilat Padepokan Merpati Putih Provinsi Gorontalo yang berjumlah 16 Pesilat Putra. Sampel dalam penelitian ini merupakan keseluruhan dari populasi Pesilat Padepokan Merpati Putih Provinsi Gorontalo yang berjumlah 16 Pesilat Putra. Teknik penentuan kelompok dilakukan dengan metode <em>random</em>, sehingga didapatkan 8 sampel untuk kelompok samsak dan 8 sampel untuk kelompok <em>pecing pad</em>. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes pengukuran tersebut adalah tes kecepatan tendangan lurus 10 detik. Data dari hasil penelitian akan diolah menggunakan SPSS versi 25, kemudian dilakukan analisis sederhana mengenai kategori kenaikan yang diperoleh sesudah diberikan perlakuan latihan. Adapun analisis meliputi uji parametrik paired sampel t test uji <em>Shapiro-Wilk</em> kemudian dilakukan analisis sederhana mengenai kategori kenaikan yang diperoleh sesudah diberikan perlakuan latihan. Kemudian dilakukan Independen sampel t test. Hasilnya, penggunaan alat samsak dan <em>pecing pad </em>terbukti dapat meningkatkan kecepatan tendangan depan Pesilat. Penggunaan alat latihan <em>pecing pad </em>terbukti lebih baik daripada samsak dalam upaya meningkatkan kecepatan tendangan depat Pesilat.</p> 2024-04-27T08:42:58+00:00 Copyright (c) 2024 Afriandi Ismail, Pendi Djuma, Arief Ibnu Haryanto, Syarif Hidayat http://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/1286 Pengaruh Latihan Ladder Drill Terhadap Kecepatan Pemain Sepak Bola Kabupaten Pasangkayu 2024-04-27T08:54:30+00:00 Gunawan gunawan@untad.ac.id Oman Unju Subandi oman@gmail.com Hamzah hamzah@gmail.com Muhammad Jufri jufri@gmail.com Alimuddin alimuddin@gmail.com Idrus Sahar Muhammad idrus@gmail.com Anhar anhar@gmail.com Mashud gunawan@untad.ac.id Tri Setyo Guntoro gunawan@untad.ac.id Adi Sucipto gunawan@untad.ac.id <p>Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah latihan masih terfokus pada teknik dan taktik strategi tim secara umum. Sehingga kemampuan dalam setiap pemain dalam kecepatan lari belum begitu optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Latihan Ladder Drill Terhadap Kecepatan Pemain Sepak Bola Kabupaten Pasangkayu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan penelitian The One Group Pretest Posttest Design. Sampel penelitian ini berjumlah 12 pemain. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : (1) Hasil penelitian menunjukkan dari perhitungan statistic t hitung untuk latihan ladder drill = 10,6873 dengan menggunakan taraf signifikan 5% dari d.b = (N – 1) = 12 – 1 = 11 diperoleh nilai t tabel sebesar 2.201 hal ini berarti bahwa nilai t hitung lebih besar dari t tabel atau 12,3731 &gt; 2.201 atau peningkatan antara pre-test dan post-test adalah 18,62 dengan mean deviasi sebanyak 1,5516.</p> 2024-04-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Gunawan, Oman Unju Subandi, Hamzah, Muhammad Jufri, Alimuddin, Idrus Sahar Muhammad, Anhar, Mashud, Tri Setyo Guntoro, Adi Sucipto http://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/1306 Minat Siswa Terhadap Ekstrakurikuler Karate di SMA Negeri 15 Palembang 2024-04-27T09:06:40+00:00 Julian Tri Wibowo julian.3wibowo@gmail.com Farizal Imansyah julian.3wibowo@gmail.com Bambang Hermansah julian.3wibowo@gmail.com <p>Ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang dilakukan untuk membimbing, mengarahkan serta mengasah minat, bakat, potensi yang dimiliki oleh siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa tinggi minat yang dimiliki oleh siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler karate di SMA Negeri 15 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler karate di SMA Negeri 15 Palembang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis perhitungan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler karate di SMA Negeri 15 Palembang berdasarkan faktor intrinsik sebesar 88% kategori sangat tinggi, yang terdiri dari 3 indikator yaitu indikator kesenangan 38%, indikator perhatian sebesar 37%, dan indikator kemauan 13%. Faktor ekstrinsik diperoleh sebesar 84% dengan kategori sangat tinggi terdiri dari 4 indikator yaitu indikator sarana dan prasarana 25%, indikator keluarga 10%, indikator perhatian sebesar 16% dan indikator pelatih 33%. Minat siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler karate di SMA Negeri 15 Palembang dari kedua faktor sebesar 86% dengan kategori sangat tinggi.</p> 2024-04-27T09:06:39+00:00 Copyright (c) 2024 Julian Tri Wibowo, Farizal Imansyah, Bambang Hermansah http://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/1679 Pengaruh Penggunaan Bahasa Indonesia yang Baik pada Wasit Bulu Tangkis 2024-04-29T22:35:08+00:00 Muhammad Hasbi Sabirah muhammadhasbisabirah@gmail.com Citra Nadya Bening citranb21@upi.edu Muhammad Dafa Ardiwijaya theonlydafa10@upi.edu Selvy Septian Badras selvybardas12@upi.edu Muhammad Asep Nugraha asepnug@upi.edu <p>Penelitian ini bertujuan untuk memahami atau mengidentifikasi penggunaan bahasa indonesia yang baik oleh wasit pertandingan bulu tangkis. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif cenderung kuantitatif yang mencakup studi kepustakaan, observasi, dan wawancara melalui angket. Populasi ini adalah 36 mahasiswa dan diambil sampel sejumlah 20 mahasiswa jurusan olahraga. Metode penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Hasil data memaparkan bahwa berdasarkan data 1 diketahui bahwa 100 % orang menjawab bahwa wasit pertanding wajib menggunakan bahasa indonesia. Berdasarkan data 2 diketahui bahwa 72,2 % menjawab seorang wasit tidak diperbolehkan memakai bahasa daerah karena tidak semua orang tau bahasa daerah lain. Jadi dapat disimpulkan bahwa wasit pertandingan badminton wajib menggunakan bahasa indonesia dan menggunakan bahasa yang baku, dikarenakan beberapa orang cenderung tidak mengetahui seluruh bahasa daerah.</p> 2024-04-29T22:35:00+00:00 Copyright (c) 2024 Muhammad Hasbi Sabirah, Citra Nadya Bening , Muhammad Dafa Ardiwijaya, Selvy Septian Badras, Muhammad Asep Nugraha http://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/1692 Efek Latihan Jogging Jalan Dengan 2 Metode Terhadap Penurunan Kolesterol Pada Mahasiswi 2024-04-29T22:44:33+00:00 Nurlatifah Kamaril nurlatifahkamaril.22022@mhs.unesa.ac.id Agung Yongki Faisal agungyongki.22012@mhs.unesa.ac.id Dinasti Annisa Firda dinastiannisa.22002@mhs.unesa.ac.id Andini Rana Tri Lestari andinirana.22021@mhs.unesa.ac.id Dwi Lestari dwilestari.22003@mhs.unesa.ac.id Nadilia Syafridatul Aisyah nadiliasyafridatul.22036@mhs.unesa.ac.id Silfa Khoirina silfakhoirina.22057@mhs.unesa.ac.id Bayu Agung Pramono nurlatifahkamaril.22022@mhs.unesa.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang perubahan&nbsp; sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik jogging dan jalan dengan menggunakan motode kombinasi latihan 15:15 (H15) dan 30:30 (H30) dengan rasio <em>work and</em> <em>recovery time</em> terhadap penurunan kadar kolesterol darah pada mahasiswi. Sampel berjumlah 12 orang mahasiswi Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan. Penelitian ini menggunakan desain <em>Cross Sectional</em>. Latihan&nbsp; ini berdurasi selama 30 menit dengan kecepatan rata-rata <em>jogging pace </em>8 min/km dan kecepatan jalan <em>pace </em>12 min/km. Uji <em>paired sample t-test</em> digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan uji <em>paired samples t-test</em>, nilai <em>Pretest-Posttest samples t-test</em> 5 (Sig&gt;0,05) artinya tidak ada pengaruh dalam metode H15 dan H30 terhadap penurunan kolesterol setelah 5 menit pemberian treatment. Pada <em>Pretest-Posttest</em> 60 (Sig&gt;0,05) artinya ada pengaruh yang signifikan dalam metode H15 dan H30 terhadap penurunan kolesterol mahasiswi H15 sebesar 15,84% dan&nbsp; H30 sebesar 9,44%, 60 menit setelah pemberian <em>treatment</em>. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa latihan jogging jalan metode H15 dan H30 memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penurunan kolesterol 60 menit setelah latihan, hal ini akan memberikan manfaat jika dilakukan secara konsisten.</p> 2024-04-29T22:44:31+00:00 Copyright (c) 2024 Nurlatifah Kamaril, Agung Yongki Faisal, Dinasti Annisa Firda, Andini Rana Tri Lestari, Dwi Lestari, Nadilia Syafridatul Aisyah, Silfa Khoirina, Bayu Agung Pramono http://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/1729 Spike Performance pada Atlet Bola Voli terhadap Cedera Bahu 2024-04-29T22:54:48+00:00 Affan Yaumulhak affan.hak17@upi.edu Jajat Darajat affan.hak17@upi.edu Agus Gumilar affan.hak17@upi.edu Nuryadi Nuryadi affan.hak17@upi.edu <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui performa spike atlet terhadap cedera bahu. Cedera tersebut dialami saat latihan atau pertandingan.Penelitian ini menggunakan database digital untuk mencari literatur seperti Scopus, ScienceDirect, Google Scholar, dan Taylor &amp; Francais. Pencarian literaur menggunakan kata kunci Spike, Performance Injury, Volleyball, Sport Biomechanics. Kemudian data tinjau dan disintesis sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan untuk mendukung penelitian ini. Terdapat 6 artikel yang memenuhi syarat setelah di identifikasi. Cedera bahu sering terjadi dan dialami oleh atlet profesional dan amatir. Terbukti bermain bola voli di level profesional menempati urutan kedelapan dalam hal kejadian cedera yaitu per 1000 jam bermain. Seorang spiker melakukan sebanyak 40.000 spike per tahun, yang dapat mengakibatkan cedera. Penyebab cedera ini terletak pada bahu. Setiap kali pemain menyerang melakukan spike, mereka melakukannya dengan rotasi lengan yang cepat. Seringkali pada pertandingan dengan intensitas tinggi, putaran lengan akan menjadi lebih cepat dan tergesa-gesa, sehingga mengakibatkan kelelahan dan cedera pada bahu dan tulang belikat. Pada intensitas tinggi, teknik yang digunakan terkadang kurang efektif. Dalam hal ini diperlukan teknik untuk meminimalisir terjadinya cedera. Solusi untuk meminimalisir terjadinya latihan peregangan dan pemanasan sangat dianjurkan dengan mengembangkan teknik kompresi bahu dan juga meningkatkan fleksibilitas rotasi internal untuk mencegah atau mengurangi keparahan cedera akibat penggunaan berlebihan dan pengulangan.</p> 2024-04-29T22:54:42+00:00 Copyright (c) 2024 Affan Yaumulhak, Jajat Darajat, Agus Gumilar, Nuryadi Nuryadi http://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/1763 Perbedaan Tinggi Badan: Apakah Mempengaruhi kinerja Atletik? 2024-04-29T23:05:49+00:00 Razip Asyauqi Tsabitah razipat@upi.edu Faega Fitriani Dwi Putri razipat@upi.edu Ghathfan Abdurrazaaq razipat@upi.edu Vivi Dea Andini razipat@upi.edu Rino Adriano razipat@upi.edu <p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki apakah perbedaan tinggi badan pada anak-anak kelas 1 SD memiliki dampak yang signifikan terhadap kinerja atletik mereka. Tinggi badan pada anak-anak merupakan salah satu faktor fisik yang dapat mempengaruhi kemampuan dalam berbagai aktivitas fisik, termasuk olahraga. Studi ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan uji kinerja lapangan. Kami mengumpulkan data dari sekelompok anak-anak kelas 1 SD yang memiliki tinggi badan yang bervariasi. Mereka mengikuti serangkaian tes kinerja atletik, termasuk tes lari, tes lompat jauh, tes kelincahan, dan tes kekuatan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perbedaan tinggi badan pada anak-anak kelas 1 SD dapat mempengaruhi kinerja atletik mereka dalam tingkat yang terbatas. Anak-anak yang lebih tinggi mungkin memiliki keunggulan dalam beberapa aspek, seperti melompat lebih tinggi, sementara anak-anak yang lebih pendek mungkin memiliki kecepatan yang lebih baik dalam berlari. Namun perbedaan ini tidak selalu menghasilkan perbedaan kinerja yang signifikan. Penelitian ini memiliki implikasi penting dalam konteks pendidikan jasmani di sekolah dasar. Kesimpulannya, penelitian ini menunjukkan bahwa perbedaan tinggi badan pada anak-anak kelas 1 SD dapat mempengaruhi kinerja atletik dalam tingkat tertentu, tetapi tidak selalu menjadi faktor penentu utama. Penting untuk mengembangkan pendekatan yang fokus pada keterampilan fisik yang sesuai dengan tingkat anak-anak di sekolah dasar.</span></span></p> 2024-04-29T23:05:47+00:00 Copyright (c) 2024 Razip Asyauqi Tsabitah, Faega Fitriani Dwi Putri, Ghathfan Abdurrazaaq, Vivi Dea Andini, Rino Adriano http://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/1773 Metode Latihan Shooting Menggunakan Penghalang Pada Olahraga Petanque 2024-04-30T11:23:17+00:00 Ian Viandra Yudha ianviandra773@gmail.com Rices Jatra ianviandra773@gmail.com <p>Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui Efek Penerapan Latihan Shooting Menggunakan Penghalang Terhadap Kemampuan Shooting game pada Atlet Petanque. Disamping itu media latihan belum ada. Sehingga perlu adanya peningkatan latihan dengan menggunakan media sebagai penunjang latihan dalam melatih ketepatan, agar prestasi atlet meningkat terutama di nomor shooting. Tujuan latihan menggunakan penghalang adalah agar atlet terbiasa melakukan lemparan secara boules to boules. Metode yang digunakan yaitu eksperimen dengan menggunakan rancangan desain “one group pre test post test design”. Subjek dalam penelitian ini yaitu atlet petanque.&nbsp; . disimpulkan bahwa model latihan shooting menggunakan penghalang dapat meningkatkan hasil shooting pada atlet petanque secara signifikan.</p> 2024-04-30T11:23:00+00:00 Copyright (c) 2024 Ian Viandra Yudha, Rices Jatra http://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/1839 Pengaruh Latihan Plyometric Terhadap Power Otot Tungkai Atlet Bola Voli Radar Karawang 2024-04-30T11:31:11+00:00 Reja Ahmad Permana Rezamarmut21@gmail.com Deden Akbar Izzuddin deden.akbar@fikes.unsika.ac.id Qorry Armen Gemael qorry.gemael@fikes.unsika.ac.id <p>Bola voli merupakan olahraga yang diminati secara luas dan memiliki peran penting dalam meningkatkan kebugaran fisik serta keterampilan teknis para atlet. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh latihan plyometric terhadap power otot tungkai atlet bola voli Raddar Karawang. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain penelitian "one group pretest-posttest". Populasi penelitian ini adalah 30 atlet bola voli Raddar Karawang, dan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling sehingga diperoleh 15 atlet sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada kemampuan power otot tungkai atlet setelah menjalani latihan plyometric selama 4 minggu. Data pretest menunjukkan rata-rata nilai sebesar 58.53, sedangkan posttest menunjukkan rata-rata nilai sebesar 68.47. Analisis statistik menggunakan uji paired-sample T test menunjukkan nilai sig. sebesar 0.000 &lt; 0.05, sehingga hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa latihan plyometric memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan power otot tungkai atlet bola voli Raddar Karawang. Implikasinya, pelatihan plyometric dapat dijadikan alternatif metode latihan yang efektif untuk meningkatkan keterampilan teknis dan kinerja atlet bola voli, khususnya dalam aspek power otot tungkai.</p> 2024-04-30T11:31:11+00:00 Copyright (c) 2024 Reja Ahmad Permana, Deden Akbar Izzuddin, Qorry Armen Gemael http://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/1846 Etika Dalam Olahraga: Perspektif Sportif dan Fairplay Pada Pomnas XVIII Tahun 2023 Di Kalimantan Selatan 2024-04-30T11:45:30+00:00 Muhammad Amin Priambudi 2220129310059@mhs.ulm.ac.id Herita Warni hwarni@ulm.ac.id <p>Sportif dan fair-play memiliki kedudukan tinggi pada etika olahraga, yang mana keduanya saling berkaitan. Pada modern ini gencar digaungkan bahwa seluruh pelaku olahraga didalamnya dituntut sportif dan fairplay dalam bersikap. Lantas bagaimanakah penerapan nilai tersebut pada multievent para pemuda Indonesia? Paper ini bertujuan eksploratif, menggunakan pendekatan studi kasus, pengumpulan data dokumentasi, simak, dan catat. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri, mengumpulkan data kemudian mengolah dalam bentuk deskripsi, analisis data menggunakan <em>reflexive thematic analysis</em> dan kemudian penarikan kesimpulan. Tuan rumah belum menerapkan sisi sportif dan fair-play sedangkan atlet berlomba dan bertanding secara sportif dan fair-play. Implikasi studi ini adalah memberikan gambaran bahwa penyelenggaraan multievent hendaknya betul-betul sebagai mengembangkan prestasi olahraga Indonesia secara keseluruhan yang sportif dan fair-play.</p> 2024-04-30T11:45:29+00:00 Copyright (c) 2024 Muhammad Amin Priambudi, Herita Warni http://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/1944 Pengaruh Pembelajaran Daring dan Luring menggunakan Media Audio Visual Terhadap Hasil Lay-Up Shoot Dalam Pembelajaran Bola Basket 2024-04-30T12:10:28+00:00 Aditia Rinaldi aditiarinaldi6@gmail.com Yudy Hendrayana yudy_h2000@upi.edu Reshandi Nugraha reshandi@upi.edu <p>Pandemi Covid-19 memberikan perubahan terhadap sektor pendidikan, khususnya pendidikan jasmani. Dimana yang tadinya pembelajaran dilakukan secara luring dan praktik secara langsung beralih menjadi pembelajaran daring. Peralihan pembelajaran ini menuntut para guru untuk memanfaatkan media apapun agar pembelajaran tetap berjalan dengan baik, salah satunya yaitu menggunakan media audio visual. Media audio visual merupakan media atau alat yang mengkombinasikan unsur gambar dan sura. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring dan luring menggunakan media audio visual terhadap hasil lay-up shoot dalam pembelajaran bola basket. Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review. Sumber data pada penelitian ini bukan berasal dari manusia, tetapi dari jurnal-jurnal ilmiah yang berkaitan dengan topik pemelitian. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran daring dan luring menggunakan media audio visual terhadap teknik lay-up shoot pada pembelajaran bola basket mendapatkan hasil yang baik. Namun dalam pembelajaran daring tidak semaksimal pembelajaran luring dikarenakan kurang adanya kontol langsung dari guru. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media audio visual dapat meningkatkan keterampilan dasar lay-up shoot.</p> 2024-04-30T12:10:12+00:00 Copyright (c) 2024 Aditia Rinaldi, Yudy Hendrayana, Reshandi Nugraha http://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/1972 Pengetahuan Tentang Bahaya Obesitas Pada Peserta Didik SMA Negeri 3 Banjarbaru Melalui Pola Hidup Sehat 2024-04-30T12:24:57+00:00 Muhammad Rasya arrizza muhammadraysa182@gmail.com Sunarno Basuki muhammadraysa182@gmail.com Akhmad Amirudin muhammadraysa182@gmail.com <p>Obesitas merupakan hal yang sangat menakutkan bagi semua orang, tidak terkecuali anak usia remaja. Di era modren ini banyak anak usia remaja mengalami obesitas dini hingga berakhir pada kematian. Tujuan tulisan ini ingin mengetahui faktor penyebab obesitas di kalangan remaja di Kota Banjarbaru dan cara pencegahannya. Metode yang digunakan adalah metode observasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat empat faktor penyebab obesitas yang berawal dari pola hidup yang tidak sehat. (1) Kurangnya pengetahuan penyebab obesitas, (2) kurangnya pengetahuan hubungan obesitas dengan penyakit jantung, (3) kurangnya aktivitas fisik dan lebih senang menggunakan telepon pintar, dan (4) gemar makanan cepat saji dan minuman manis. Obesitas dapat dicegah dengan memberikan edukasi atau pemahaman tentang penyebab dan bahaya obesitas, serta memperbanyak aktivitas fisik dan mengubah pola hidup sehat, termasuk pola makan yang tidak berlebihan. Pola hidup sehat bagi remaja ini memerlukan dukungan dari orang tua di rumah dan guru di sekolah.</p> 2024-04-30T12:24:56+00:00 Copyright (c) 2024 Muhammad Rasya arrizza, Sunarno Basuki, Akhmad Amirudin http://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/2006 Perbandingan Latihan Menggunakan Ban Radial dan Paralon PVC Terhadap Keberhasilan Shooting Petanque Jarak 6 Meter 2024-04-30T12:32:41+00:00 Ahmad Suhandi ahmadsuhandi709@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) peningkatan teknik <em>Shooting</em> melalui metode latihan penghalang ban radial, 2) peningkatan teknik <em>Shooting</em> melalui metode latihan penghalang paralon PVC, 3) perbedaan peningkatan teknik <em>Shooting</em> melalui metode latihan penghalang ban radial dengan penghalang paralon PVC. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan penelitian menggunakan two groups “pre-test dan post-test design. Subyek penelitian ini adalah atlet Petanque pelajar SDN Rawamangun 09 sebanyak 30 diambil dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan tes keterampilan teknik <em>Shooting</em> dengan jarak 6 meter menggunakan 1 bola target dan 10 kali lemparan untuk setiap atlet. Analisis data dilakukan dengan menggunakan “uji t” dependent dan independet dengan taraf signifikan 0,5. Hasil penelitian : 1) latihan menggunakan penghalang ban radial, diperoleh t hitung 1,5 lebih kecil dari t tabel 2,145, maka diartikan H0 diterima dan H1 ditolak, artinya tidak terdapat peningkatan yang signifikan, 2) latihan menggunakan penghalang paralon PVC, diperoleh t hitung 4,3 lebih besar dari t tabel 2,145, maka H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat peningkatan yang signifikan, 3) membandingkan hasil tes akhir dari kedua metode latihan tersebut diperoleh hasil, t hitung 2,4 lebih besar dari t tabel 2,048, artinya terdapat perbedaan antara metode latihan penghalang ban radial dengan menggunakan latihan penghalang paralon PVC. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perubahan signifikan latihan penghalang ban radial dengan rata-rata 2,93 dan hasil latihan penghalang paralon PVC dengan rata rata 3,86.</p> 2024-04-30T12:32:41+00:00 Copyright (c) 2024 Ahmad Suhandi http://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/2007 Perbandingan Latihan Tanpa Titik Landing Dengan Menggunakan Titik Landing Terhadap Ketepatan Pointing Rolling Petanque 2024-04-30T12:42:53+00:00 Fitri Adelia fitriadeliaas70@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan latihan tanpa titik <em>landing</em> dengan menggunakan titik <em>landing</em> terhadap ketepatan <em>pointing rolling petanque</em>. Selain itu, penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi secara mendalam tentang metode latihan yang efektif dan efisien untuk melatih atlet-atlet sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian menggunakan <em>two groups “pre-test dan post test design”</em>.&nbsp; Subjek penelitian ini adalah atlet SDN Rawamangun 09 yang terdiri dari 28 atlet. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, test, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan “uji t” data dari hasil <em>pre-test</em> dan <em>post-test</em> dengan taraf signifikannya 0,05. Berdasarkan hasil uji efektifitas menggunakan uji t dari perbedaan hasil ketepatan <em>pointing rolling</em> antara tes awal dan tes akhir diperoleh nilai t hitung= 2,1 lebih besar dari nilai t tabel=2,055529 maka hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara tes awal dan tes akhir dari ketepatan <em>pointing rolling petanque</em>. Rata-rata tes awal pada ketepatan <em>pointing rolling</em> sebesar&nbsp; 4,64 lebih kecil dari pada rata-rata tes akhir sebesar 10,82.</p> 2024-04-30T12:42:17+00:00 Copyright (c) 2024 Fitri Adelia http://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/2037 THE Hubungan Kekuatan Otot Lengan Dan Otot Tungkai Dengan Kecepatan 50 Meter Bifins 2024-04-30T12:50:29+00:00 Aryawangsa Ibnu Juarsa aryajuarsa0906@gmail.com <p>This research aims to : 1) Explains the connection between arm muscle strength and speed of 50 bifins. 2)Explains the connection of stump muscle stength and speed of 50 bifins. 3)Then the connection between arm and stump muscle strength to speed of 50 bifins. This research uses quantitative methods with correlation studies. This research is correlational which aims to find out the connection between variables. The sampling technique was carried out by using the purposive sampling method, many as 12 people. The instrument test this research is pul dynamometer test to measure arm muscle strength 2) leg dynamometer test to measure leg muscle strength 3) 50 meter bifins test to measure speed 50 meter bifins. The analysis technique used is the r analysis test. 1) There is a ngative connectionn between arm muscle strength and the speed of 50 bifins with a correlation coefficient of 0.630 r calculated (0.630) r &gt;table (0.497 ). 2) There is a ngative connectionn between leg muscle strength and the speed of 50 bifins with a correlation coefficient of 0.692 r calculated (0.692) r &gt;table (0.497). 3) There is connection between the arm muscle strength and stump muscle at a speed of 50 m bifins with correlation coefficient of 0,720.this shows that F calculate (4,446) &gt; F table (4,256).</p> 2024-04-30T12:50:01+00:00 Copyright (c) 2024 Aryawangsa Ibnu Juarsa http://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/2047 Hubungan Kebugaran Jasmani Dengan Hasil Belajar Pjok Siswa Kelas VIII di Mts Al-Falah Biru Garut 2024-04-30T13:01:22+00:00 Rusli Abdul Wahab rusliabdulwahab18@gmail.com Irwan Hermawan rusliabdulwahab18@gmail.com Azhar Ramadhana Sonjaya rusliabdulwahab18@gmail.com Z Arifin rusliabdulwahab18@gmail.com <p>Kebugaran jasmani merupakan kemampuan tubuh seseorang untuk melakukan aktivitas sehari-hari secara optimal, bahkan dapat melakukan aktivitas tambahan lainnya tanpa mengalami kelelahan yang berarti. Kebugaran jasmani sangat dibutuhkan siswa untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar di dalam kelas maupun di luar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kebugaran jasmani dengan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah 173 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan sistem Purposive Sampling, yaitu diambilnya 30 siswa kelas VIII MTS Al-Falah Biru dalam penelitian ini. Variabel dalam penelitian ini adalah Kebugaran Jasmani dan Hasil Belajar. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan TKPN (Tes Kesegaran Jasmani Indonesia) Tahun 2022 Usia 13-15 Tahun. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji perenang dan uji hipotesis. Uji persiapan terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas. Uji hipotesis menggunakan uji korelasi Product moment. Dari hasil perhitungan data menggunakan IMB SPSS Statistics 26 diperoleh hasil nilai Sig sebesar 0,073 dan nilai korelasi sebesar 0,332. Hal ini menunjukkan nilai Sig sebesar 0,073 &gt;  0,05 dan Rhitung 0,332 &lt; Rtabel 0,361 dengan tingkat signifikansi 5%. Dengan demikian hubungan kebugaran jasmani dengan hasil belajar PJOK menunjukkan hubungan yang sangat lemah sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara hubungan kebugaran jasmani dengan hasil belajar PJOK siswa kelas VIII MTS Al-Falah Biru. Jadi berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kebugaran jasmani bukan merupakan salah satu faktor yang menentukan naik turunnya hasil belajar siswa.</p> 2024-04-30T13:00:52+00:00 Copyright (c) 2024 Rusli Abdul Wahab, Irwan Hermawan, Azhar Ramadhana Sonjaya, Z Arifin http://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/2059 Identifikasi Cedera Olahraga Pada Atlet Senior Bolavoli Usia 17-24 Tahun Di PBV Vita Solo Tahun 2023 2024-04-30T13:07:58+00:00 Mutiara Noviana Dewi mutiaranovianadewi@gmail.com Sutarjo mutiaranovianadewi@gmail.com Hanik Liskustyawati mutiaranovianadewi@gmail.com <p>Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji jenis-jenis dan faktor penyebab terjadinya cedera olahraga yang paling sering terjadi pada atlet senior bolavoli usia 17-24 tahun di PBV Vita tahun 2023. Metode Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif.&nbsp; Subjek penelitian ini meliputi atlet senior bola voli usia 17-24 tahun di PBV Vita Solo tahun 2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket atau kuesioner jenis tertutup. Analisis data hasil penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian: 1) Cedera ringan memperoleh sejumlah 221 frekuensi atau 85,33%. 2) Cedera sedang memperoleh sejumlah 32 frekuensi atau 12,36%. 3) Cedera berat memperoleh sejumlah 6 frekuensi atau 2,32%. 4) Penyebab cedera oleh faktor internal memperoleh 236 frekuensi atau 66,48% yang didominasi oleh faktor kondisi fisik dan mental, sedangkan faktor eksternal memperoleh 119 frekuensi atau 33,52% yang didominasi oleh faktor kondisi lapangan. Kesimpulan: 1) Cedera ringan termasuk dalam kategori jenis cedera yang sering terjadi dengan jenis cedera memar. 2) Cedera sedang termasuk dalam kategori jenis cedera yang pernah terjadi dengan jenis cedera lepas sendi (dislokasi). 3) Cedera berat termasuk dalam kategori jenis cedera yang jarang terjadi dengan jenis cedera patah tulang. 4) Faktor internal dan faktor eksternal sama-sama menjadi penyebab cedera yang sering terjadi.</p> 2024-04-30T13:07:57+00:00 Copyright (c) 2024 Mutiara Noviana Dewi, Sutarjo, Hanik Liskustyawati http://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/2061 Studi Eksperimen Pengaruh Latihan Split Squat Jump Dan Single-Leg Tuck Jump Terhadap Kemampuan Shooting Pada Siswa Ekstrakurikuler Futsal 2024-04-30T13:14:03+00:00 Muhammad Faisal Akbar akbar16602@gmail.com Lazuardy Akbar Fauzan akbar16602@gmail.com Edwin Wahyu Dirgantoro akbar16602@gmail.com <p>Berdasarkan hasil observasi di lapangan dari Sebagian siswa peserta ekstrakurikuler futsal SMPN 4 Belawang memiliki tingkat kemampuan <em>shooting</em> yang kurang baik dari segi power otot tungkai. keseimbangan dan tumpuan Ketika melakukan <em>shooting</em> kurang keras sehingga menyebabkan bola yang di tendang tidak melesat dengan cepat dan tidak akurat . Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh dan seberapa besar penerapan metode <em>plyometric Split Squat Jump</em> maupun <em>Single-Leg Tuck Jump </em>yang diberikan terhadap peningkatan kemampuan <em>shooting</em> pada siswa yang ikut dalam pelatihan. Prosedur cara yang diterapkan dalam penelitian ini yakni Eksperimen semu dengan desain <em>Two-Group Pretest Posttest Design. </em>Populasi penelitian yakni siswa ekstrakurikuler SMPN 4 Belawang. Sampel penelitian ini berjumlah 12 orang. Hasil dihimpun dengan menerapkan sebelum diuji maupun setelah diuji<em> shooting</em> kearah gawang. Analisis data mencakup uji Normalitas, uji Homogenitas dan Uji T berpasangan menggunakan SPSS versi 29. Data riset menyatakan ada pengaruh latihan <em>split squat jump</em> terhadap kemampuan <em>shooting</em> pada siswa ekstrakurikuler futsal berupa peningkatan yang signifikan dengan nilai p sig 0,001 &lt; 0.05. Ada pengaruh latihan <em>single-leg tuck jump</em> terhadap kemampuan <em>shooting</em> pada siswa ekstrakurikuler futsal berupa peningkatan yang signifikan dengan nilai p sig 0,006 &lt; 0,05.</p> Copyright (c) 2024 Muhammad Faisal Akbar, Lazuardy Akbar Fauzan, Edwin Wahyu Dirgantoro http://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/2086 Pengaruh Metode Latihan Pukulan Terhadap Kemampuan Smash Bulutangkis Pada Atlet Junior PB Jhonlin badminton Club 2024-04-30T13:23:22+00:00 Muhammad Zainuddin 2010122310005@mhs.ulm.ac.id Rahmadi 2010122310005@mhs.ulm.ac.id Arie Rakhman 2010122310005@mhs.ulm.ac.id <p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode latihan drill dan pola pukulan terhadap ketepatan smash atlet junior bulutangkis PB Jhonlin Badminton Club dengan menggunakan Metode penelitian metode deskriptif kuantitatif dengan variabel akurasi smash. </span><span style="vertical-align: inherit;">Populasi dalam penelitian ini adalah PB Jhonlin Badminton Club dengan jumlah 10 atlet junior. </span><span style="vertical-align: inherit;">Instrumen tes yang digunakan pengukuran dengan tes akurasi smash. </span><span style="vertical-align: inherit;">Hasil kemampuan atlet yang terdiri dari 10 sampel. Berdasarkan hasil yang diperoleh tabel 2 di atas dapat dipahami bahwa berjumlah 10 orang dan tingkat akurasi smash pada sampel sebagian besar berada pada kategori Baik yakni sebanyak 40% atau 4 orang, adapun pada kategori sangat baik hanya 20 % (2 orang), kategori baik sebesar 40% (4 orang), pada kategori sedang terdapat 30% (3 orang), kategori kurang terdapat 10% (1 orang) dan yang sangat kurang sebanyak 0 orang (0%). </span><span style="vertical-align: inherit;">Berdasarkan pada hasil analisis dan uji pengaruh yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh latihan drill terhadap akurasi smash atlet junior di PB Jhonlin Badminton Club.</span></span></p> 2024-04-30T13:23:21+00:00 Copyright (c) 2024 Muhammad Zainuddin, Rahmadi, Arie Rakhman http://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/2111 Perbandingan Pengaruh Metode Tempo dan Metode Interval Menggunakan Harness Terhadap Peningkatan Kecepatan Berlari Pemain Softball 2024-04-30T21:12:39+00:00 Raden Mohamad Fajar radenmfajar@gmail.com Alen Rismayadi radenmfajar@gmail.com Yudi Nurcahya radenmfajar@gmail.com <p>Penelitian ini membahas perbedaan pengaruh metode tempo dan metode interval menggunakan <em>harness</em> terhadap peningkatan kecepatan berlari pemain <em>softball</em>. Tujuannya untuk meningkatkan kecepatan berlari pemain <em>softball</em>. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain penelitian <em>two groups pretest posttest design</em>. Populasi merupakan Club LABS <em>Softball</em>/<em>Baseball</em> Bandung yang berjumlah 34 orang. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel menggunakan teknik <em>purposive sampling</em> dengan jumlah 12 orang dengan setiap kelompok masing-masing 6 orang. Instrumen penelitian ini menggunakan istrumen tes lari 20 meter yang memiiki validitas 0,956 dan reliabilitas 0,924 bertujuan mengukur kecepatan berlari. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji <em>Paired Sample T Test</em> yang menunjukan terdapat perbedaan pengaruh terhadap peningkatan kecepatan berlari. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kedua metode tersebut menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kecepatan berlari pemain softball, akan tetapi tidak memiliki perbedaan yang signifikan terhadap kecepatan berlari pemain <em>softball</em>. Metode tempo menggunakan <em>harness</em> pada <em>post test</em> 3.6550 &lt; <em>pre test</em> 4.0617 dengan selisih sebesar 0.40667 sedangkan hasil rata-rata metode interval menggunakan <em>harness</em> pada <em>post test</em> 3.2883 &lt; <em>pre test</em> 3.6950 dengan selisih sebesar 0.40667.</p> 2024-04-30T21:12:38+00:00 Copyright (c) 2024 Raden Mohamad Fajar, Alen Rismayadi, Yudi Nurcahya http://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/2114 Pengaruh Modifikasi Alat Bantu “Water Bottle“ Dalam Meningkatkan Keterampilan Koordinasi Renang Gaya Bebas 2024-04-30T21:23:11+00:00 Azri Alauddin azrialauddin@gmail.com Asep Angga Permadi Azrialauddin@gmail.com Z Arifin Azrialauddin@gmail.com <p>Dalam meningkatkan koordinasi gerak renang gaya bebas pada cabang olahraga renang dibutuhkan alat bantu untuk menunjang sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam latihan renang. Dalam hal ini, penulis menggunakan alat bantu berupa <em>Water Bottle</em>. Alat bantu yang telah dimodifikasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh modifikasi alat bantu <em>Water Bottle</em> dalam meningkatkan keterampilan koordinasi gaya bebas terhadap teknik saat melakukan renang gaya bebas.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain <em>Quasi experimental design</em>. Penelitian dilaksanakan di Kolam Renang Agusta dengan populasi sebanyak 14 orang. Instrument yang digunakan adalah tes renang gaya bebas. Pengolahan data menggunakan SPSS versi 26. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t (paired sampel t-test). Hasil pretest dan posttest antara kelompok eksperimen dan kontrol. Sebelum dilakukan perlakuan berupa penggunaan alat bantu <em>Water Bottle</em> rata-rata skor kelompok eksperimen adalah sebesar 9,43 sedangkan rata-rata skor kelompok kontrol adalah sebesar 8,57 dengan hasil uji hipotesis diperoleh nilai sig. sebesar 0,326 lebih besar 0,05 menunjukan bahwa perbedaan rata-rata skor tidak signifikan dengan selisih skor hanya sebesar 0,86. Dan setelah dilakukan perlakuan kepada kelompok eksperimen selisih rata-rata skor mengalami peningkatan sebesar 3,43 dimana rata-rata skor untuk kelompok eksperimen sebesar 13,43 dan rata-rata skor untuk kelompok kontrol hanya sebesar 10,00 dan hasil uji hipotesis pun diperoleh nilai sig. sebesar 0,017 lebih kecil dari 0,05 menunjukan bahwa perbedaan rata-rata skor adalah signifikan. Dari hasil uji penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modifikasi alat bantu “<em>Water Bottle</em>” berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan koordinasi renang gaya bebas.</p> 2024-04-30T21:21:04+00:00 Copyright (c) 2024 Azri Alauddin, Asep Angga Permadi, Z Arifin http://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/2125 The Profil Pembinaan Prestasi Olahraga Bola Voli di SMA Ciledug Al-Musaddadiyah Garut 2024-04-30T21:33:14+00:00 Agung Mujahid agungmujahid3@gmail.com Z Arifin agungpor2k17@gmail.com Asep Angga Permadi agungpor2k17@gmail.com <p>Pembinaan Olahraga merupakan salah satu unsur keberhasilan, juga merupakan salah satu kekuatan pembentukan pertumbuhan daerah yang tersusun dan terprogram. Pembinaan olahraga adalah suatu pola sebagai pedoman pokok dan merupakan dasar penyusunan program-program Pembangunan Olahraga Indonesia yang berlangsung secara terpadu dan berkesinambungan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pembinaan prestasi bola voli yang dilaksanakan di SMA Ciledug Al-Musaddadiyah Garut. Baik dari segi organisasi, program latihan, sarana dan prasarana, prestasi dan pendanaanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Ciledug Al-Musaddadiyah Garut. Instrument yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumen. Berdasarkan hasil penelitian data yang telah dilakukan dapat diperoleh kesimpulan bahwa: Dalam pengelolaan organisasi klub bola voli SMA Ciledug dijalankan seadanya, karena masih banyak kendala kurangnya fasilitas dan tidak tertatanya kepengurusan dengan baik. Perekrutan atlet bola voli SMA Ciledug yaitu dengan cara sekolah mengadakan sebuah even turnamen bola voli antar pelajar tingkat SLTP se-Kabupaten Garut. Perekrutan pelatih bola voli SMA Ciledug dilakukan oleh pengurus dengan kriteria tertentu. Para pelatih bola voli SMA Ciledug sudah mengikuti penataran pelatih dan mempunyai sertifikat pelatih. Kualitas pelatih bola voli SMA Ciledug dapat dikatakan baik.</p> 2024-04-30T21:33:11+00:00 Copyright (c) 2024 Agung Mujahid, Z Arifin, Asep Angga Permadi http://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/2129 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Pendidikan Jasmani Pada Sekolah Rawan Banjir di Kabupaten Banjar 2024-04-30T21:55:23+00:00 Winda 2010122220009@mhs.ulm.ac.id Eka Purnama Indah 2010122220009@mhs.ulm.ac.id Arie Rakhman 2010122220009@mhs.ulm.ac.id <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil dari penerapan model pembelajaran kooperatif yang telah diterapkan dalam mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada sekolah rawan banjir di Kabupaten Banjar, sehingga dapat memberikan informasi kepada para tenaga pendidik hasil dari penerapan model pembelajaran kooperatif pada sekolah rawan banjir di Kabupaten Banjar. Permasalahan pada sekolah yang terdampak banjir yang terjadi di Kabupaten Banjar selalu menghambat proses belajar mengajar terkhusus lagi pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang jarang sekali diberikan pembaruan pada model pembelajaran yang efektif untuk digunakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif dengan teknik pengambilan data secara observasi dan pengisian kuesioner yang diisi oleh peserta didik dan diperkuat oleh guru olahraga. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan skala Guttman untuk mengetahui penilaian kriteria hasil penerapan dari model pembelajaran kooperatif yang telah dilaksanakan pada sekolah rawan banjir di Kabupaten Banjar. Populasi dari penelitian yaitu peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Martapura Timur ada 46 orang peserta didik dan sampel penelitian ada 43 orang peserta didik. Penerapan dari model pembelajaran kooperatif pada sekolah rawan banjir di Kabupaten Banjir yang dianalisis dengan menggunakan skala Guttman didapatkan hasil 75 yang berada pada interval persentase efektivitas 61 P 80 berada pada kriteria cukup efektif. Jadi model pembelajaran kooperatif cukup efektif untuk diterapkan pada sekolahan yang rawan akan bencana banjir terkhusus untuk sekolahan yang sering mengalami permasalahan banjir di dataran rendah yang ada di Kabupaten Banjar, maka model pembelajaran kooperatif ini cukup efektif untuk diterapkan.</p> 2024-04-30T21:55:23+00:00 Copyright (c) 2024 Winda, Eka Purnama Indah, Arie Rakhman http://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/2171 Motivasi Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Bola Voli Di Ma Al-Manaar Muhammadiyah 2024-04-30T22:04:31+00:00 Rizki Candra Gumilar crizki355@gmail.com Asep Angga Permadi crizki355@gmail.com Ani Kurniawati crizki355@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola voli di MA Al-Manaar Muhammadiyah. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi penelitian ini adalah siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola voli di MA Al-Manaar Muhammadiyah yang berjumlah 30 siswa, dengan sampel sebanyak 18 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola voli di MA Al-Manaar Muhammadiyah secara keseluruhan berada pada tingkat baik atau tinggi (39%). Faktor-faktor yang mendukung motivasi siswa termasuk faktor internal seperti fisik, minat, bakat, dan motif, serta faktor eksternal seperti lingkungan, keluarga, dan sarana prasarana di lingkungan sekolah. Meskipun motivasi siswa dinilai tinggi, namun rentan untuk mengalami penurunan jika tidak dikelola dengan baik. Motivasi siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler bola voli di MA Al-Manaar Muhammadiyah dapat dibagi menjadi dua faktor, yaitu motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Motivasi intrinsik siswa dalam kegiatan tersebut dinilai sedang (39%), dipengaruhi oleh minat, bakat, dan motif siswa. Sementara itu, motivasi ekstrinsik siswa dinilai tinggi (44%), dipengaruhi oleh lingkungan sekitar, termasuk teman, keluarga, dan fasilitas yang tersedia di sekolah. Penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler bola voli di MA Al-Manaar Muhammadiyah dipengaruhi oleh berbagai faktor baik internal maupun eksternal. Diperlukan manajemen yang efektif untuk menjaga dan meningkatkan motivasi siswa agar tetap aktif dalam kegiatan tersebut.</p> 2024-04-30T22:03:22+00:00 Copyright (c) 2024 Rizki Candra Gumilar, Asep Angga Permadi, Ani Kurniawati http://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/2188 Tingkat Sedentary Behavior dan Kebugaran Jasmani Di Sekolah Dasar 2024-04-30T22:11:38+00:00 Ahmad Pauji ahmadsukses@upi.edu Agus Mahendra ahmadsukses@upi.edu Wildan Alfia Nugroho ahmadsukses@upi.edu <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat <em>sedentary behavior</em>, kebugaran jasmani dan juga hubungan antara tingkat <em>sedentary behavior </em>dengan kebugaran jasmani berdasarkan jenis kelamin siswa kelas V SDN Pancasila. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan desain korelasional.<em>. </em>Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuisioner <em>Adolescent Sedentary Activity Questionnaire</em> dan tes kebugaran jasmani indonesia. 83% tingkat <em>sedentary behavior</em> pada&nbsp; laki – laki, dan perempuan 96%. Dari keseluruhan rata – rata melakukan tingkat <em>sedentary behavior </em>&nbsp;<em>&gt;</em> 5 jam (tinggi). Pada laki – laki, 55%,&nbsp; dan perempuan, 54% kebugaran jasmaninya kurang.&nbsp; Berdasarkan pengolahan data dan analisis data terdapat nilai p sebesar 0,011. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara tingkat <em>sedentary behavior </em>dengan kebugaran jasmani berdasarkan jenis kelamin.</p> 2024-04-30T22:11:37+00:00 Copyright (c) 2024 Ahmad Pauji, Agus Mahendra, Wildan Alfia Nugroho http://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/2203 Pengaruh Model Pembelajaran Teaching Games For Understanding (TGFU) Terhadap Keterampilan Bermain Futsal 2024-04-30T22:23:29+00:00 Ahmad Hidayat ahmdhd34@upi.edu Agus Mahendra ahmdhd34@upi.edu Anira ahmdhd34@upi.edu <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran <em>Teaching Games for Understanding</em> (TGfU) terhadap keterampilan bermain futsal pada ekstrakurikuler di SDN 7 Regol Kiansantang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan <em>pretest postest control group design</em> dengan populasi siswa aktif yang mengikuti ekstrakurikuler futsal di SDN 7 Regol Kiansantang dengan <em>sample</em> sebanyak 20 siswa. Instrumen menggunakan lembar observasi <em>Games Performance Assesesment Instrument</em> (GPAI). Analisis data menggunakan uji <em>Shapiro-Wilk, Levene Statistics, Paired Sample T-Test</em>, dan uji <em>Independent Sample T-Test </em>dengan bantuan aplikasi SPSS 25. Berdasarkan pengolahan dan analisis data ditemukan terdapat pengaruh pada kelompok eksperimen dan kontrol terhadap kemampuan bermain futsal (sig 0,000 &lt; 0,05), terdapat perbedaan pengaruh antara kelompok eksperimen dengan kontrol sebesar (sig 0,009 &lt; 0,05). Pembelajaran <em>Teaching Games for Understanding </em>(TGfU) memiliki tingkat efektifitas lebih tinggi dibandingkan dengan Pembelajaran Tradisional, hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan rata-rata nilai N Gain&nbsp; kelompok eksperimen sebesar 19,90 sedangkan kelompok kontrol sebesar 13,30. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran <em>Teaching Games for Understanding </em>(TGfU)&nbsp; terhadap keterampilan bermain futsal, terdapat perbedaan pengaruh antara model&nbsp; pembelajaran <em>Teaching Games for Understanding </em>(TGfU) dengan model pembelajaran tradisional terhadap keterampilan bermain futsal.</p> 2024-04-30T22:22:29+00:00 Copyright (c) 2024 Ahmad Hidayat, Agus Mahendra, Anira http://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/2112 Pengaruh Latihan Langkah Bayangan Terhadap Keterampilan Bulu Tangkis Untuk Anak Usia 7-12 Tahun Di Desa Pasanggrahan 2024-04-30T22:33:08+00:00 Muhammad Syahrul Sya’bani muhammadsyahrulsyabani985@gmail.com Irwan Hermawan muhammadsyahrulsyabani985@gmail.com Z Arifin muhammadsyahrulsyabani985@gmail.com <p>Metode penelitian adalah proses sistematis atau terstruktur yang digunakan peneliti untuk memecahkan ekspresi masalah yang ada. Metode yang digunakan yaitu deskriptif dan kualitatif. Sampel penelitian ini yaitu anak usia 7-12 tahun sebanyak 10 anak yang dimana tujuannya yaitu untuk mengetahui tingkat keterampilan dalam melakukan permainan bulu tangkis, khususnya pada gerakan bayangan. Kemudian seluruh sampel tersebut akan diberikan <em>pretest </em>sebelum melakukan <em>treatment </em>dan diakhiri dengan melakukan <em>posttest.</em> Pada prosedur pengumpulan data memuat bagaimana proses untuk melakukan penelitian sesuai dengan <em>One Group Pretest Posttest Design </em>dimana proses penelitiannya, yaitu: Pretest, Treatment, dan Posttest yang akhirnya menghasilkan sebuah data yang nantinya akan diolah menjadi informasi. Instrumen yang digunakan adalah test keterampilan oleh Frank M. Verducci tahun 1980 dan Lockhart serta Mc. Pearson Badminton Test. Nilai rata-rata memukul kok pada tembok sebelum treatment &lt; setelah treatment (56,5 &lt; 63,1), maka artinya secara deskriptif ada perbedaan rata-rata latihan langkah bayangan dengan melakukan pukulan kok ke dinding sasaran setelah melakukan treatment. Hasil korelasi data adalah sebesar 0,933 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Karena nilai probabilitas 0,000 &lt; 0,05 maka hal ini menunjukkan bahwa korelasi antara sebelum treatment dan sesudah treatment berhubungan secara nyata. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan pengaruh latihan langkah bayangan sebelum <em>treatment </em>dan sesudah <em>treatment</em>. Jadi, H<sub>1</sub> diterima dan H<sub>0</sub> ditolak. Bahwa nilai signifikansi sebesar 0,717 &gt; 0,05 yang dimana artinya bahwa data dalam penelitian ini memiliki sifat homogen.&nbsp;&nbsp;</p> 2024-04-30T22:33:08+00:00 Copyright (c) 2024 Muhammad Syahrul Sya’bani, Irwan Hermawan, Z Arifin http://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JUMPER/article/view/2225 Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan, Persepsi Kualitas, dan Pemasyarakatan Merek di Pusat Olahraga melalui Layanan Inovatif dan Manajemen Fasilitas 2024-05-02T03:05:22+00:00 Husen Haekal wisnu.theofilus@gmail.com Elfa Oktavia Tahoma wisnu.theofilus@gmail.com Kezia Victoria Anwa wisnu.theofilus@gmail.com Muhammad Arief Nurhidayat wisnu.theofilus@gmail.com Theofilus Wisnu Handaru wisnu.theofilus@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana persepsi kualitas, keterlibatan pelanggan dan branding mempengaruhi nilai dan kepuasan yang dirasakan dalam model yang digunakan untuk menilai loyalitas di antara pengguna pusat olahraga. Studi ini menggunakan sampel yang cukup besar dari pengunjung pusat olahraga dari beberapa kota di Jakarta melalui survei online. Studi tentang peningkatan pusat olahraga mengungkapkan bahwa kepuasan pelanggan itu kompleks, didorong oleh beberapa faktor, bukan satu saja. Branding mungkin tidak secara langsung berdampak pada nilai yang dirasakan tetapi secara signifikan mempengaruhi kepuasan pelanggan. Selain itu, pelanggan sering berencana untuk kembali ke pusat olahraga sebelum mengalami kepuasan penuh, menunjukkan perilaku konsumen yang berpikiran maju. Temuan ini menekankan sifat rumit dari kepuasan, pengaruh branding, dan niat masa depan, menawarkan wawasan untuk memperbaiki strategi layanan dan membina hubungan pelanggan yang langgeng. Dengan sampel yang besar, pentingnya penelitian ini terletak pada penggunaan strategi untuk mencapai pengaruh yang lebih besar pada nilai dan kepuasan yang dirasakan, tujuan untuk studi ini menganalisis faktor-faktor yang terkait dengan peningkatan loyalitas pelanggan di pusat-pusat olahraga. Selain itu, untuk kualitas layanan, pengaruh dimensi keterlibatan pelanggan disertakan, yang belum pernah dianalisis sebelumnya dalam model bisnis yang muncul ini.</p> 2024-04-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Husen Haekal, Elfa Oktavia Tahoma, Kezia Victoria Anwa, Muhammad Arief Nurhidayat, Theofilus Wisnu Handaru