Meningkatkan Hasil Belajar PJOK dengan Menggunakan Media Puzzle Maker di UPT SD Negeri 144 Gresik
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar murid kelas V.A UPT Sekolah Dasar Negeri 144 Gresik. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus melalui pendekatan media Puzzle Maker. Berdasarkan hasil penelitian sebelum tindakan rata-rata nilai murid 45,41 (Kurang Baik), ketuntasan individual diperoleh hanya 6 murid dan ketuntasan klasikal 16,66%; pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar 63,66 (cukup), ketuntasan individual diperoleh 14 murid dan ketuntasan klasikal 58,33%; dan pada siklus II nilai rata-rata 81,33 (baik) dan ketuntasan klasikal sebanyak 24 murid atau 100%. Dengan demikian penggunaan media Puzzle Maker berhasil atau dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan murid kelas V.A UPT Sekolah Dasar Negeri 144 Gresik.
This research is motivated by the low learning outcomes of Physical Education, Sport and Health. This study aims to improve the learning outcomes of class V.A UPT Grade 144 Gresik Elementary School. This study uses Classroom Action Research (CAR) with two cycles through the Puzzle Maker media approach. Based on the results of the research before the action, the average student score was 45,41 (not good), individual mastery was obtained by only 6 students and classical mastery was 16.66%; in cycle I the average score of learning outcomes was 63.66 (enough), individual mastery was obtained by 14 students and classical mastery was 58,33%; and in cycle II the average score was 81.33 (good) and the classical completeness was 24 students or 100%. This the use of Puzzle Maker media is successful or can improve the learning outcomes of Physical Education Sports and Health for class V.A UPT SD Negeri 144 Gresik students.
Downloads
Copyright (c) 2024 Galuh Febri Anggono, Vega Candra Dinata, Zainal Arifin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis bersedia memberikan hak atas publikasinya di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International. Sehingga memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas karya penulis dan publikasi dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi karya jurnal yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau mempublikasikannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk mengirim karya mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusi atau website mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran produktif, serta sebelumnya dan kutipan yang lebih besar dari karya yang diterbitkan.