Upaya Peningkatkan Variasi Gerak Dasar Lari Jarak Pendek menggunakan Tugas Gerak Lari ABC pada Siswa Kelas IV UPT SD Negeri 144 Gresik
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui media pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar sprint pada peserta didik kelas IV UPT SD Negeri 144 Gresik Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas IV UPT SD Negeri 144 Gresik tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 28 peserta didik. Sumber data berasal dari guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi pembelajaran gerak dasar sprint. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan persentase. Prosedur penelitian menggunakan tahapan siklus siklus yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: bahwa kemampuan gerak dasar lari cepat meningkat dari 4 peserta didik atau 14,3% pada kondisi awal menjadi 15 peserta didik atau 53,6% pada akhir siklus I dan meningkat menjadi 21 peserta didik atau 75%.pada akhir siklus kedua. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan media pembelajaran tersebut dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar sprint di kelas IV UPT SD Negeri 144 Gresik pada Tahun Pelajaran 2022/2023.
Downloads
Copyright (c) 2024 Nindi Prasetya Utama, Vega Candra Dinata, Zainal Arifin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis bersedia memberikan hak atas publikasinya di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International. Sehingga memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas karya penulis dan publikasi dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi karya jurnal yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau mempublikasikannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk mengirim karya mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusi atau website mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran produktif, serta sebelumnya dan kutipan yang lebih besar dari karya yang diterbitkan.