Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Permainan Bola Kasti Kelas V Di SDN Gayungan II
Abstract
Permainan kasti merupakan permainan tradisional yang banyak diminati oleh masyarakat dari berbagai kalangan usia. Pada permaian kasti terdapat nilai karakter yang mampu diterapkan dikehidupan sehari-hari. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan berdasarkan pengalaman ketika penulis melakukan praktek Pengenalan Lapangan Persekolahan II (PLP), dimana terjadi banyak penyimpangan yang dilakukan oleh peserta didik di SDN Gayungan II. Tentunya Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dengan untuk mengetahui adakah pengaruh dari Penerapan Pendidkan Karakter Melalui Permainan Bola Kasti Kelas V Di SDN Gayungan II. Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan metodologi kuantitatif, penelitian yang dilakukan adalah pseudo-eksperimental. Desain penelitian yang digunakan adalah desain one-group pre- dan post-test. Sampel penelitian ini termasuk tiga puluh enam murid dari kelas lima. Teknik analisis data yang digunakan didalam penelitian ini adalah standar deviasi, mean, varian, uji normalitas, t-test sampel sejenis dan juga besarnya peningkatan. Berdasarkan hasil analisis data yang terdiri dari 36 jumlah sampel kelas V dapat disimpulkan adanya pengaruh penerapan pendidikan karakter melalui permainan bola kasti kelas V di SDN Gayungan II terjadi peningkatan yang terbilang efektif dalam meningkatkan nilai karakter disiplin sebesar 6,48% dan sangat meningkatkan nilai kerjasama sebesar 66,67% yang artinya terdapat pengaruh dari Penerapan Pendidkan Karakter Melalui Permainan Bola Kasti Kelas V Di SDN Gayungan II.
Downloads
Copyright (c) 2024 Ariya Seta Nugraha, Nanik Indahwati, Novilia Puspa Widiyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis bersedia memberikan hak atas publikasinya di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International. Sehingga memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas karya penulis dan publikasi dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi karya jurnal yang diterbitkan (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau mempublikasikannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk mengirim karya mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusi atau website mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran produktif, serta sebelumnya dan kutipan yang lebih besar dari karya yang diterbitkan.