ANALISIS KEBIJAKAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH DASAR NEGERI PERUMNAS KOTA LANGSA

  • andi nova universitas samudra
  • andrew rinaldi sinulingga Universtias Riau

Abstract

Tujuan penelitian ini mengetahui dan mengalisis kebijakan pembelajaran Pendidikan jasmanai di Sekolah Dasar Negri Perumnas Kota Langsa selama adaptasi kebiasaan baru di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi fenomenologi yang mencoba menggali informasi dan menumakan berbagai pengalaman dilapangan. Lokasi penelitian dilakukan di SDN Perumnas Kota Langsa dengan subjek penelitian lembaga sekolah, guru pendidikan jasmani, orang tua, dan siswa dilakukan dengan snowball sampling. Teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan dengann observasi (observation), wawancara mendalam (in-depth interviewing), dokumentasi dan studi literature. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data penelitian. Hasil temuan penelitian di lapangan siswa menginkan pembelajaran tatap muka yang dilakukan pada masa kebiasaan baru atau new normal di sekolah dengan memberikan kebijakan untuk memberikan waktu aktivitas diluar kelas melalui pembelajaran pendidikan jasmani dengan waktu yang disesuaikan. Diperlukan  sebuah kebijakan oleh sekolah agar pembelajaran penjas dapat dilakukan seperti biasanya dengan memperhatikan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Published
2021-04-03
How to Cite
nova, andi, & sinulingga, andrew rinaldi. (2021). ANALISIS KEBIJAKAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH DASAR NEGERI PERUMNAS KOTA LANGSA. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan, 9(1), 1-6. https://doi.org/10.2234/jsbg.v9i1.255