Pelatihan Kebugaran Jasmani Latihan Work From Home Tim PON Rugby DIY pada masa Covid-19

  • Antonius Tri Wibowo Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Asna Syafitri Sari Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Arfian Fani Purilawa Universitas Mercu Buana Yogyakarta
Keywords: Kebugaran Jasmani, Covid-19, Rugby

Abstract

Identifikasi masalah yaitu belum diketahui kebugaran jasmani tim PON Rgby DIY pada masa covid-19. Tujuan pelatihan ini untuk mengetahui kebugaran jasmani tim PON Rgby DIY pada masa covid-19. Pentingnya kebugaran jasmani menjadi fokus utama bagi pelatih dalam mempersiapkan atlet untuk bisa berprestasi. Dalam usaha untuk meningkatkan kebugaran jasmani ini tim PON Rugby DIY melakukan program latihan di rumah masing karena dampak dari Covid-19. Meskipun dalam masa pandemic Covid-19 memaksa atlet untuk berlatih sendiri di rumah masing-masing atlet tetap mendapatkan program latihan untuk menjaga kebugaran dan menjaga imun tubuh sehingga pada saat kembali memulai latihan normal tidak mengalami penurunan. Latihan work form home atlet harus tetap dilakukan dengan baik dan efisien maka dari itu diperlukan pelatihan kebugaran jasmani. Metode pelatihan kebugaran jasmani pada masa Covid ini dengan menggunakan aplikasi zoom meeting dan diikuti oleh seluruh atlet dan pelatih  yang berjumlah 24. Dalam pelatihan itu diberikan materi mengenai pentingnya kebugaran jasmani, komponen kebugaran jasmani dan bagaimana melakukan latihan setiap komponen kebugaran jasmani itu. Hasil dari pelatihan ini  atlet mendapatkan pemahaman baru dari pola latihan untuk melatih komponen kebugaran dan mendapatkan evaluasi dari kesalahan-kesalahan dari latihan yang sudah dilakukan atlet selama menjadi atlet.  

Keywords: Kebugaran Jasmani, Covid-19, Rugby

Published
2020-12-31
How to Cite
Antonius Tri Wibowo, Asna Syafitri Sari, & Arfian Fani Purilawa. (2020). Pelatihan Kebugaran Jasmani Latihan Work From Home Tim PON Rugby DIY pada masa Covid-19. Jurnal Bina Pengabdian Kepada Masyarakat , 1(1), 17-25. Retrieved from http://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JPKM/article/view/168