Analisis Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Murid SD Inpres No. 33 Sumpang Binangae Kab. Barru

  • Ihsan Abbas Universitas Negeri Makassar
Keywords: Gaya Belajar, Hasil Belajar, Pendidikan Jasmani

Abstract

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Apakah gaya belajar berhubungan dengan hasil belajar pendidikan jasmani murid SD Inpres No.33 Sumpang Binangae di Kabupaten Barru, Apakah sama atau tidak peluang munculnya masing-masing gaya pada murid di SD Inpres No.33 Sumpang Binangae Kabupaten Barru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuatitatif jenis exploratif atau survei dengan teknik pengumpulan data melalui angket, wawancara dan dokumentasi hasil belajar dalam bentuk nilai rapor. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis non-parametri (Countingency Coefficient dan Chi-Square). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan gaya belajar dengan hasil belajar pendidikan jasmani murid SD Inpres No. 33 Sumpang Binangae Kab. Barru; serta peluang munculnya masing-masing gaya belajar tidak sama, khususnya pada murid di SD Inpres No. 33 Sumpang Binangae Kab. Barru

Kata kunci: gaya belajar, hasil belajar, pendidikan jasmani

References

Agussalim, A.M. 2005. Ilmu Sosial Budaya Dasar. Makassar: Badan Penerbit UNM Makassar.

Ghufron, M. Nur., dan Rini Risnawati. (2013). Gaya Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nazarudin,, Tomasouw, J., Zainuri, A., Rahayu, E.T., Karo Karo, A.A.P. (2020). Student mental health character in covid-19 situation. International Journal of Pharmaceutical Research, 12(4). 3547-3553. DOI: https://doi.org/10.31838/ijpr/2020.12.04.485

Rahyubi, Heri. (2012). Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik Deskripsi dan Tinjauan Kritis. Bandung: Nusa Media.

Rudiana. (2012). 9 Karakter Guru Menyenangkan Berbasis Ramah Otak. Bandung: Smile’s Indonesia Instute.

Sadri, M., Yuliandari, R.N., Sari, L.P., Cahyadi, A., Maolinda, W. (2020). Prenatal education of personal human development in COVID-19 pandemic. International Journal of Pharmaceutical Research, 12(4), 3508-3515, DOI: https://doi.org/10.31838/ijpr/2020.12.04.479

Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2012). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wiyani, Novan Ardy. (2013). Membumingkan Pendidikan Karakter di SD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Published
2020-12-31
How to Cite
Ihsan Abbas. (2020). Analisis Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Murid SD Inpres No. 33 Sumpang Binangae Kab. Barru. JPJ (Jurnal Pendidikan Jasmani), 1(2), 101-106. https://doi.org/10.2245/jpj.v1i2.165