EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN UNTUK MENGEMBANGKAN KEBUGARAN JASMANI SISWA

  • Hezron Alhim Dos Santos Universitas Negeri Makassar
  • Adnan Hudain Universitas Negeri Makassar

Abstract

Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (Research and Development) Oleh karena itu, yang menjadi populasi ini adalah siswa-siswi Sekolah Dasar yang terdapat di Kabupaten Bone Sulawesi Selatan. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Pengujian terbatas dilakukan di 3 sekolah dengan 6 sampai 12 subjek. Selanjutnya untuk diuji coba lapangan utama (main field testing) dilakukan pada 5 sampai dengan 15 sekolah dengan menggunakan 30 sampai dengan 100 sampel. Pengembangan model yang dilakukan dalam penelitian ini secara umum melalui dua tahap pengujian yaitu pengujian internal dan pengujian eksternal. Setelah melakukan pengujian internal yang diwujudkan dengan validasi ahli melalui wawancara maka produk yang akan dikembangkan dapat disusun. Model Pembelajaran Kebugaran berbasis Permainan mengembangkan prinsip permainan  dengan merangsang keinginan melakukan aktivitas fisik yang sistematis dan terarah dan senang untuk peserta didik. Permainan Jam Kebugaran perlu melibatkan seluruh siswa dalam setiap perannya agar semua siswa dapat bergerak aktif dalam permainan ini dan Permaian Bola Berantai  menggunakan Bola sebanyak 10 agar setiap peserta didik dapat melakukan gerakan latihan otot perut dengan maksimal.

Kata Kunci: Pembelajaran, Permainan, Kebugaran Jasmani.

Published
2020-12-31
How to Cite
Dos Santos, H. A., & Hudain, A. (2020). EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN UNTUK MENGEMBANGKAN KEBUGARAN JASMANI SISWA. Jurnal Olahraga & Kesehatan Indonesia, 1(1), 42-47. Retrieved from http://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JOK/article/view/221